MOTIVASI MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PG PAUD

Studi Kasus Pada Mahasiswa PG PAUD UNISRI

  • Sidik Nuryanto Universitas Slamet Riyadi
  • Yetty Isna Wahyu Septiana Universitas Slamet Riyadi
  • Wini Agustina Universitas Slamet Riyadi
Keywords: Student Motivation, College, Earlychilhood Education Program

Abstract

Solo as a big city has many public and private campuses. UNISRI as one of the private campuses in the city of Bengawan. PAUD PG PAUD is a study program that was opened in 2014 at FKIP. As a new study program the distribution of students does not only come from the Solo residency, but also from outside Java such as (Kalimantan, Sumatra, and Nusa Tenggara). On the other hand the phenomenon of selection of teacher training programs has recently declined, bearing in mind that there are still many graduates who have not absorbed work. The purpose of this study is to describe students' understanding of the study program, as well as their motivation to study at PG PAUD UNISRI. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. Data mining techniques using interviews, observation and documentation. The results of the study are students understanding study programs such as vision, mission, goals, graduate profiles through the website or brochure when registering to become new students. Internal motivation (1) profiles of PAUD teacher graduates, PAUD managers, dancers and musicians, APE developers as well as motion and song. (2) Achievement motivation where lectures are not just looking for a diploma but self-actualization. External motivation (1) Campus conditions include transportation access, lecturer quality and adequate and adequate infrastructure. (2) encouragement of parents who want their children to become PAUD teachers.

Abstrak

Solo sebagai kota besar memiliki banyak kampus negeri dan swasta. UNISRI sebagai salah satu kampus swasta yang ada di kota bengawan ini. PG PAUD merupakan Program studi yang dibuka pada tahun 2014 di FKIP. Sebagai program studi baru persebaran mahasiswanya tidak hanya berasal dari karisidenan Solo saja, namun berasal dari luar pulau jawa seperti (Kalimantan, Sumatra, dan Nusa Tenggara). Di sisi lain fenomena pemilihan program studi keguruan belakangan ini menurun, mengingat masih banyak lulusannya belum terserap kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman mahasiswa tentang program studi, serta motivasi mereka untuk kuliah di PG PAUD UNISRI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penggalian data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah mahasiswa memahami program studi seperti visi, misi, tujuan, profil lulusan melalui website atau brosur pada saat akan mendaftar menjadi mahasiswa baru. Motivasi internal (1) profil lulusan guru PAUD, pengelola PAUD, penari dan pemusik, pengembang APE serta gerak dan lagu. (2) Motivasi berprestasi di mana kuliah bukan hanya cari ijasah tapi aktualisasi diri. Motivasi eksternal (1) Kondisi kampus meliputi akses transportasi, kualitas dosen dan sarana prasarana yang sudah layak dan memadai. (2) dorongan orang tua yang menghendaki anaknya menjadi guru PAUD.

Kata Kunci: Motivasi Mahasiswa, Kuliah, Pendidikan Guru PAUD

References

Amaliyah Ulfah. (2015). Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi PGSD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 7, No 2, September 2015: 1 - 9

Amna Emda. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017) hal 93-196.

Amna Emda. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196

Andini, Nurul. (2010). “Analisis Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih Jasa Pendidikan Di SDIT Bina Insani Semarang”. Skripsi Tidak Dipublikasi. Universitas Diponegoro, Semarang

Bambang Riadi. (2016). Persepsi dan motivasi mahasiswa dalam memilih Program studi pada jurusan pendidikan Bahasa dan seni. Jurnal Pesona Volume 2 No. 1, Januari 2016 Hlm. 138-148

Chew, et al. (2010). Factors Affecting Choice For Education Destination: A Case Study Of International Students At Universiti Utara Malaysia. Journal of Universiti Utara Malaysia LB2300 Higher Education. Online

Elida Prayitno. (1989). Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud

Elliot et al. (2000). Educational Psychology: Efective Teaching, Effective Learning, 3rd edition. United States of America: Mc Graw Hill Companies.

Enco Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamzah B, Uno. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kamus besar Bahasa Indonesia versi online (https://kbbi.web.id/). Definisi motivasi. Di unduh 2 Januari 2020

Koontz, H. (2001). Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Gery Amstrong. (2012). Dasar – Dasar Pemasaran Jilid 1. Terjemahan Alexander Sindoro. Jakarta: PT.Indeks Medika.

McLea, Alan. (2009). Motivating Every Learne. Chennai: FSC.

Menurut Moleong. (2010). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurhidayah. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal JPSD, Volume 4, No. 1.

Republik Indonesia. (2013). Undang-Undang Nomer 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Susilo R., (2011). Pendidikan kesehatan dalam keperawatan. Cetakan ke I, Bantul: Muha

Turabik, T. & Baskan, G.A., (2015). The importance of motivation theories in terms of education systems. Procedia-Social and Behavioral Sciences 186 : 1055 – 1063.

Turturean, M., (2013). Current issues of motivation-implications for an education of excellence. Procedia-Social and Behavioral Sciences 92: 968-972.

Uzman, Moh. Uzer. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zlate, S. & Cucui, G., (2014). Motivation and performance in higher education. ProcediaSocial and Behavioral Sciences 180 : 468476.

"Daftar 100 Perguruan Tinggi Indonesia Hasil Klasterisasi Kemenristekdikti", https://edukasi.kompas.com/read/2018/08/18/07063411/daftar-100-perguruan-tinggi-indonesia-hasil-klasterisasi-kemenristekdikti?page=all

https://jatim.tribunnews.com/2018/08/20/peminat-calon-mahasiswa-masuk-fakultas-keguruan-dan-ilmu-pendidikan-fkip-mulai-menurun

Article Metrics
Abstract views: 32
pdf downloads: 20
Published
2020-09-14
How to Cite
Nuryanto, S., Isna Wahyu Septiana, Y., & Agustina, W. (2020). MOTIVASI MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PG PAUD: Studi Kasus Pada Mahasiswa PG PAUD UNISRI. Jurnal Buah Hati , 7(2), 182-196. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1103
Section
Articles