FAKTOR HEREDITAS DALAM MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN INTELLIGENSI ANAK USIA DINI

  • Nur Amini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Naimah Naimah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Heredity Factors, Early Childhood Intelligence Development

Abstract

Heredity is defined as the totality of individual characteristics inherited from parents to children, or all potential, both physical and psychological, that an individual has since the conception (fertilization of the ovum by sperm) as inheritance from parents through genes. The genes a child receives from its parents at conception will affect all the characteristics and appearance of the child in the future. As for what parents pass down to their children is structural characteristics, not behavior obtained as a result of learning or experiences such as talents, hereditary traits, intelligence and also personality. This heredity factor has a greater influence on the development of a child's intelligence than the other two factors, namely environmental factors and general factors. Therefore, the researcher wants to examine more deeply the heredity factor (heredity) in influencing the development of early childhood intelligence. This research is a qualitative descriptive field research. Where the type of research used is the type of library research (library research), which is a study conducted in the library room to find and analyze data sourced from the library, whether in the form of books, magazines, newspapers, and so on. The data collection technique used by researchers is the documentation method, namely the method of collecting data or information by reading books, letters, announcements, meeting summaries, written statements, and other similar materials.

Abstrak

Hereditas diartikan sebagai totalitas karakteristik individu yang diwariskan orangtua kepada anak, atau segala potensi, baik fisik maupun psikis yang dimiliki individu sejak masa konsepsi (pembuahan ovum oleh sperma) sebagai pewarisan dari orangtua melalui gen-gen. Gen yang diterima anak dari orang tuanya pada saat pembuahan akan mempengaruhi semua karakteristik dan penampilan anak kelak. Adapun yang diturunkan orangtua kepada anaknya adalah sifat strukturnya bukan tingkah laku yang diperoleh sebagai hasil belajar atau pengalaman seperti bakat, sifat-sifat keturunan, intelligensi dan juga kepribadiannya. Faktor hereditas ini memberikan pengaruh lebih besar terhadap perkembangan intelligensi seorang anak dibanding dua faktor lainnya yaitu faktor lingkungan dan faktor umum. Maka dari itu peneliti ingin mengkaji lebih dalam faktor hereditas (keturunan) tersebut dalam mempengaruhi perkembangan intelligensi anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dimana jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di ruang perpustakaan untuk mencari dan menganalisis data yang bersumber dari perpustakaan, baik berupa buku, majalah, koran, dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode dokumentasi, yakni metode pengumpulan data atau informasi dengan cara membaca buku-buku, surat-surat, pengumuman, iktisar rapat, pernyataan tertulis, dan bahan-bahan sejenis lainnya.

Kata Kunci : Faktor Hereditas, Perkembangan Intelligensi Anak Usia Dini

References

Beisson, J. (2008). Preformed cell structure and cell heredity. Prion, 2(1). https://doi.org/10.4161/pri.2.1.5063

Daimah dan Zainun Wafiqatun Niam. (2019). Editorial Team. Jurnal At-Tarbiyat, 2(2). https://doi.org/10.22456/2527-2616.94434.

Dariyo, A. (2011). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. PT Refika Aditama.

Diane E. Papalia et.al. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan), dialihbahasakan oleh A. K Anwar. Kencana.

Fadlillah. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.

Fathurrohman, M. (n.d.). Pembawaan, Keturunan, dan Lingkungan dalam Perspektif Islam. Jurnal Kabilah, Vol 1, 383.

Jamaris, M. (2013). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Ghalia Indonesia.

Jamaris, M. (2017). Pengukuran Kecerdasan Jamak. Ghalia Indonesia.

Meilinda. (2017). Teori Hereditas Mendel : Evolusi Atau Revolusi ( Kajian Filsafat Sains ). Jurnal Pembelajaran Biologi, 4(May).

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.

Ngalimun dkk. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Aswaja Pressindo.

Novan Ardy Wiyani dan Barnawi. (2012). Ilmu Pendidikan Islam: Rancang-Bangun Konsep Pendidikan Monokhotomik-Holistik. Ar-Ruzz Media.

Putri, Y. R., Lazdia, W., & Putri, L. O. E. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Balita Usia 1-2 Tahun Di Kota Bukittinggi. Real in Nursing Journal, 1(2). https://doi.org/10.32883/rnj.v1i2.264

Rini Hildayani dkk. (2012). Psikologi Perkembangan Anak. Universitas Terbuka.

Sefrina, A. (2013). Deteksi Minat Bakat Anak. Media Pressindo.

Soetjiningsih, C. H. (2014). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Prenadamedia Group.

Ulfa, K. (2015). Peran Keluarga Menurut Konsep Perkembangan Kepribadian Perspektif Psikologi Islam.

Ulfah, S. dan M. (2017). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Gava Media.

Yusuf, S. (2017). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT Remaja Rosdakarya.

Article Metrics
Abstract views: 60394
pdf downloads: 23027
Published
2020-09-30
How to Cite
Nur Amini, & Naimah, N. (2020). FAKTOR HEREDITAS DALAM MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN INTELLIGENSI ANAK USIA DINI. Jurnal Buah Hati , 7(2), 108-124. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1162
Section
Articles