PENERAPAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI KELAS AKHIR YANG TEPAT DI PAUD TSABITA KALIANDA LAMPUNG SELATAN

  • Ulfah Nabilla Maghfi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Na’imah Na’imah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Keywords: Application of Audio-Visual Media, Early Childhood Learning, Final Class

Abstract

Early childhood education (PAUD) is the provision of efforts to stimulate, guide, nurture, and provide learning activities that will produce children's abilities and skills. How is the Application of Audio Visual Media in Improving the Appropriate Final Grade Early Childhood Learning in PAUD Tsabita Kalianda, South Lampung. This study aims to see the application of audio-visual media in improving late grade early childhood learning. In this study the authors used a qualitative descriptive study, with the subject of the study were 20 final grade early childhood students in PAUD Tsabita Kalianda, South Lampung, while the object in the study was Improving Late Class Early Childhood Learning through Audio-Visual Media in PAUD Tsabita. Kalianda South Lampung. Data collection was carried out by observation, interview, and documentation. Based on the results of observations, interviews and documentation, the application of audio-visual media in improving late-grade early childhood learning at Tsabita Kalianda PAUD, South Lampung can improve late-grade early childhood learning.

Abstrak

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing,mengasuh, dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Bagaimanakah Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pembelajaran Anak Usia Dini Kelas Akhir yang Tepat Di PAUD Tsabita Kalianda Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan media audio-visual dalam meningkatkan pembelajaran anak usia dini kelas akhir. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah peserta didik anak usia dini kelas akhir di PAUD Tsabita Kalianda Lampung Selatan sebanyak 20 Anak , Sedangkan Objek dalam penelitian adalah Meningkatkan Pembelajaran Anak Usia Dini Kelas Akhir Melalui Media Audio-Visual di PAUD Tsabita Kalianda Lampung Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Interview, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil Observasi, Interview dan Dokumentasi tersebut bahwa Penerapan Media Audio-Visual dalam meningkatkan pembelajaran Anak Usia Dini Kelas Akhir di PAUD Tsabita Kalianda Lampung Selatan dapat Meningkatkan Pembelajaran Anak Usia Dini Kelas Akhir .

Kata Kunci:  Penerapan Media Audio-Visual, Pembelajaran Anak Usia Dini, Kelas Akhir

References

Departemen Pendidikan Nasional dan Balai Pustaka. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

E. Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Rosdaarya.

Hurlock,E, B. (2013). Perkembangan Anak. Erlangga.

Jannah, M. (2015). Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Luluk Asmawati. (2010). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Diva Press.

Luluk Asmawati. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Lynn K.Eilleen, Allen, R. M. (2010). Profil Perkembangan Anak Prakelahiran Hingga Usia 12 Tahun. PT. Indeks.

Mulyasa. (2018). Menejemen PAUD. Remaja Rosda Karya.

Mursyid. (2018). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Jurnal Pendidikan Anak, 1.

Santoso, Satmoko, B. (2010). Sekolah Alternatif, Mengapa Tidak…? Buku Pintar SekolahAlam/Outbound, Home Schooling, dan Anak Berkebutuhan Khusus. Diva Press.

Spilsbury, J. . (2002). “If I dont know them,I’ll Get Killed Probably”:How Children’s concers safety shape help seeking bahavior. Chilidhood, 9.

Trianto Ibnu Badar. (2014). Model Pembelajaran Terpadu; Konsep, Strtegi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). PT Bumi Aksara.

Yamin, M. (2012). Sekolah yang Membebaskan,: perspektif Teori dan Praktik Membangun

Pendidikan yang Berkarakter dan Humanis. Madani.

Maria Montessori, Obserbent Mind Madras: The Theosopical Publishing House, 1949.

Article Metrics
Abstract views: 628
pdf downloads: 963
Published
2020-09-16
How to Cite
Nabilla Maghfi, U., & Na’imah, N. (2020). PENERAPAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI KELAS AKHIR YANG TEPAT DI PAUD TSABITA KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Jurnal Buah Hati , 7(2), 197-210. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1163
Section
Articles