ANALISIS KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK B TK BUNGONG SEULEUPOK SYIAH KUALA BANDA ACEH BERBANTUKAN MEDIA AUDIO VISUAL

  • Riza Oktariana STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Wiwik Yeni Herlina STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Listening Ability, Audio Visual Media

Abstract

The ability to listen is a big process of listening to, recognizing, and interpreting spoken symbols. Audio Visual Media is a type of media that in addition to containing sound elements also contains visible image elements, such as video recordings, various sizes of films, sound slides, and so on. The formulation of the problem in this study How is the listening ability of group B children in Bungong Seuleupok Kindergarten Syiah Kuala Banda Aceh assisted by audio-visual media. The reason the researcher uses audio visual is because audio visual can attract children's attention to listen because by displaying videos that are played by children and can see and hear directly. The aim is to determine the listening ability of group B children at Bungong Seuleupok Kindergarten Syiah Kuala Banda Aceh assisted by audio visual media. The instrument used was interviews with a sample size of 4 (four) childrens and the data were analyzed using qualitative methods with interviews. From the results of the research analysis on listening to children through audio-visual media at TK Bungong Seulupok Syiah Kuala Banda Aceh, it can be seen that the four children have no problem listening. With this, the researchers suggested that the children's listening ability was included in the visual character. And with the help of audio-visual media, children become interested in listening to the learning given according to the learning character they have and the comfortable atmosphere for the child.

Abstrak

Kemampuan menyimak adalah proses besar mendengarkan, mengenal, serta menginterpretasikan lambang-lambang lisan. Media Audio Visual yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat, seperti rekaman video, berbagai ukuran film, slide suara, dan lain sebagainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah kemampuan menyimak anak kelompok B TK Bungong Seuleupok Syiah Kuala Banda Aceh berbantukan media audio visual. Alasan peneliti mengunakan  audio visual yaitu: karena audio visual dapat menarik perhatian anak untuk menyimak karena dengan menampilkan vidio yang diputarkan anak  dan dapat melihat dan mendengar secara langsung. Tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan menyimak anak kelompok B TK Bungong Seuleupok Syiah Kuala Banda Aceh berbantukan media audio visual. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dengan jumlah subjek adalah 4 (empat) orang anak dan data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dengan wawancara. Dari hasil analis penelitian tentang menyimak anak melalui media audio visual di TK Bungong Seuleupok Syiah Kuala Banda Aceh terlihat bahwa ke empat anak tidak ada masalah dalam menyimak. Dengan hal tersebut maka peneliti mengemukakan bahwa kemampuan menyimak anak masuk pada karakter visual. Dan dengan berbantukan media audio visual anak menjadi tertarik dalam menyimak pembelajaran yang diberikan sesuai dengan karakter belajaran yang dimiliki dan suasana yang nyaman bagi anak.

Kata Kunci:  Kemampuan Menyimak, Media Audio Visual

References

Bambang, W. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Boegin, B. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Gajah Mada Press.

Boengin. (2001). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga.

Budyawati, L.P.I. dan Hartanto. 2017. Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Di PAUD Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017.

Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial 11 (2), 24-32, 2017. (Online). Vol. 11 No. 2. (http://e-journal.10.19184/jpe.v11i2.6331/24, diakses pada 20 Februari 2018).

Bustomi, M. Y. (2012). Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jakarta : Citra Publishing

Jumiyanti. (2015). Peningkatan Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Aisyiyah Melawi. Jaournal Pendidikan dan Pembelajaran 4 (3), 2015. (Online) Vol. 4 No 3. (http: e-jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9253, diakses Pada 15 Juni 2018).

Muryanti, S. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Gambar Pada Anak. Journal lmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang. (Online). Vol. 2 No.2. (http://e-journal.iki veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/313, diakses Pada 16 April 2018).

Nurhadi. (2005). Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Rachmi, T. (2015). Pengaruh Permainan Dan Kemampuan Menyimak Terhadap Kemampuan Bercerita. Journal Pendidikan Usia Dini 9 (1) 127-142, 2015. (Online) Vol. 2 No. 6. (https://doi.org/10.21009/JPUD.091.08, diakses Pada 1 April 2015)

Rahmat, A. Dan Ertiwi, M. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan Gorontalo. Journal of Education and Community Empowerment 5 (1), 2016. (Online) Vol. 5 No. 1. (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc, diakses Pada 27 April 2018).

Ridwan. (2008). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi & Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.

Soetjiningsih. (2012). Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar Ilmu. Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta :Sagungseto

Tampubolon. (2008). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung : Angkasa.

Article Metrics
Abstract views: 22
pdf downloads: 15
Published
2020-09-22
How to Cite
Riza Oktariana, & Yeni Herlina, W. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK B TK BUNGONG SEULEUPOK SYIAH KUALA BANDA ACEH BERBANTUKAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Buah Hati , 7(2), 224-236. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1169
Section
Articles