PEMANFAATAN GAME ONLINE SEBAGAI PERMAINAN EDUKATIF MODERN UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK

  • Rezki Perwita Arum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Aat Mar’atun Sholehah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fatmawati Fatmawati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

This research wasswritten withhthe aimoof presenting about understanding modern educational games using a research methodiin theeform ofaa libraryystudy (LibraryrResearch). Theddata usediin ending the research is obtained frommthe library, in theform of books, encyclopedias,ddictionaries,jjournals, documents,mmagazines andsso on, which relates to the problem to be solved. The implementation of understanding modern educational games is an implementation or application in the form of real action to understand modern educational games with various kinds of activities. The importance of modern educational games in developing. Basedoon therresults ofddata analysissthrough literature study, ittwas founddthat he could understand educational modern games. Keywords: Types, Characteristics, Benefits, and Implementation of Modern Games.

Abstrak

Penelitiannini ditulis bertujuanmmennyajikan tentang memahami permainan modern yang edukatif menggunakan metode penelitian yang berupa Studi Kepustakaan (Library Research).Data yang dipergunakan di dalam mengakhiri penelitian  tersebut didapatkan mengenai buku, literature, catetan, juga beragam informasi yang bersangkutan dengan masalah  yang akan diselesaikan. Implementasi memahami permainan modern yang edukatif merupakan sebuah pelaksanaan atau penerapan dalam bentuk aksi nyata untuk memahami permainan modern yang edukatif dengan berbagai macam kegiatan. Pentingnya permainan modern yang edukatif dalam mengembangkan .Berdasarkan hasil analisis data melalui studi kepustakaan di peroleh bahwasannyadapat memahami permainan modern yang eduktaif.

Kata Kunci: Jenis, Karakteristik, Manfaat, dan Pelaksanaan Permainan Modern.

 

 

 

References

Abbas, N. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Portofolio di SMPN 10 Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(16), 129.

Ahmad Rohani. (2010). Pengelolaan pembeajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M. dan M. A. (2008). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Anggani Sudono. (2006). Sumber belajar dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 3. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4410

Ardiyanto, A. (2017). Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jendela Olahraga, 2(2), 3. https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1700

Arum Setiowati. (2016). Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Teknik Permainan Pada Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. 2(1), 3.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Diane E. Papilia, Sally Wendkos Old, Ruth Duskin Fldman. (2008). Human Devlopment Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Drajat Edy Kurniawan. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Konseling Gusjigang, 3(1), 2. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1120

Duxanda, P. A., & Ratnaningrum, D. (2019). Wahana Dunia Permainan Tradisional Dan Modern. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(1), 4.

Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi. Jrnal Itqan, VII(1), 3.

Erwin Putera Permana, Frans Aditya Wiguna, N. D. R. (2019). Pengembangan Permainan Berlandaskan Nilai Karakter Keindonesiaan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of the Japan Welding Society, 3(5), 3. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13857

Fadillah, M. (2014). Edutaiment pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana Pranada Media.

Fauziddin, M. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Curricula, 1(3), 3. https://doi.org/10.22216/jcc.2016.v2i3.1277

Hasruddin Nur, M. F. A. (2020). Pergeseran Permainan Tradisional di Kota Makassar. 3(1), 2. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.26858/v3i1.13131

Ifrianti, S. (2015). Implementasi metode bermain dalam meningkatkan hasil belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Trerampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 154, 164–165. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1289

Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 3.

Indrawan, P. A., Mando, B. M., & Suriata, S. (2017). Pengaruh Permainan Edukatif terhadap Interaksi Sosial Siswa Taman Kanak-kanak. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(4), 132–141. https://doi.org/10.17977/um001v2i42017p132

Irman. (2017). Nilai-Nilai Karakter pada Anak Dalam Permainan Tradisionan dan Moderen. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 4(2), 2.

Khairul Huda. (2015). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Bermain Angin Puyuh (Penelitian Tindakan pada Kelas B TK Mujahidin, Jakarta Barat Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 4. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.092.10

Khamim Zarkasih Putro. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 4. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170

Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. 7(2), 196.

Mayke S Tedjasaputra. (2001). Bermain, mainan, dan permainan. Jakarta: PT Grasindo.

Mukhtar Latif, Zukhairina, Rita Zubaidah, M. A. (2013). Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Munandar, S. C. U. (2001). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Munandar, S. C. U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka cipta.

Muthmainnah, Budi Astuti, A. S. F. (2016). Pengembangan Panduan Permainan Untuk Engoptimalkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. 5(1), 3.

Novi Mulyani. (2017). Pengembangan seni anak usia dini.

Nurlina, U. H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Pola Warna Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Smart PAUD, 1(1), 3. https://doi.org/Doi: http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v3i1.10214

Nurmayani. (2014). Bermain Dan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(77), 4. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=423437&val=8274&title=Bermain Dan Kreativitas Pada Anak Usia Dini

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 3.

Sasmita, M. T. B., Gunanto, S. G., & Purwachandra, P. P. (2019). “Sibaaqun” Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Papan. Journal of Animation and Games Studies, 5(2), 5. https://doi.org/10.24821/jags.v5i2.3033

Supriadi. (2000). Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. (2016). Community Of Practitioners : Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan. Jurnal Lentera Pustaka, 2(2), 83–93.

Syahril, Hadiyanto, Nelfia Adi, T. A. N. (2020). Jurnal Halaqah. Pemberdayaan Aset Sekolah Dan Instansi Pemerintah Melalui Workshop Sistem Manajemen Aset, 2(2), 3. https://doi.org/10.5281/zenodo.3832730

Tedi, W. (2015). Perubahan Jenis Permainan Tradisional Menjadi Permainan Modern Pada Anak-Anak Di Desa Ijuk Kecamatan Belitang Hulu Kabupaten Sekadau the Traditional Games Changed in To Modern Games To the Children in Village Ijuk Belitang District of Hulu Sekadau. S-1 Sosiologi, 3(4), 14. http://jurmafis.untan.ac.iid

Triharso, A. (2013). Permainan Kreatif dan edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi Offset.

Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa anak usia 4-5 tahun melalui alat permainan Edukatif puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 2. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553

Uswatun Hasanah. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 21831. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 6.

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati. (2015). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Article Metrics
Abstract views: 509
pdf downloads: 295
Published
2021-03-31
How to Cite
Arum, R. P., Sholehah, A. M., & Fatmawati, F. (2021). PEMANFAATAN GAME ONLINE SEBAGAI PERMAINAN EDUKATIF MODERN UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK . Jurnal Buah Hati , 8(1), 33-48. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1342
Section
Articles