ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI NUSA DAN RARA

  • Latifah latifah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Mamluatun Ni’mah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Ivonne Hafidlatil Kiromi Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
Keywords: Karakter, Film Nussa dan Rara, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan adalah integrasi dari berbagai disiplin ilmu dalam transmisi pengetahuan dan nilai-nilai. Pendidikan Islam bagi anak-anak harus bersifat kontekstual, yaitu memberikan hiburan yang edukatif agar mereka senang dan mengambil pelajaran darinya. Film Nussa dan Rara sangat bagus dalam menjelaskan kepada anak bagaimana mengajarkan nilai karakter pada anak usia dini. Dibandingkan dengan tayangan anime lain yang masih memiliki adegan kekerasan. Selain itu, penyajian film ini mendidik dan membangkitkan minat terhadap ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk lebih mendalami dan mengkaji nilai-nilai karakter yang terlibat dalam film Nutsa dan Rara. , Apa yang ada di film "Nusa dan Lala" karya Additio Triantro? Pencarian ini merupakan pencarian kualitatif (library search). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan pragmatis. Berdasarkan hasil temuan, nilai karakter dalam film Nutsa dan Rara adalah: Kebiasaan bertegur sapa dan berbalas, kebiasaan mengucapkan terima kasih, kebiasaan saling memberi nasehat dan saling mengingatkan akan kebaikan, kebiasaan bersalaman dan salam, kebiasaan berdoa, berdoa adalah kewajiban, berdoa itu lebih baik. daripada pergi tidur mengajar anak-anak. Hal ini karena nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film Nusa dan Lara didasarkan pada kenyataan bahwa pembelajaran PAI-nya dalam kehidupan nyata, sikap dan praktik yang dilakukan oleh para tokoh, serta adegan-adegan yang diciptakan dalam film tersebut, digunakan untuk mengajar. pendidikan agama Islam.

Pendidikan adalah integrasi dari berbagai disiplin ilmu dalam transmisi pengetahuan dan nilai-nilai. Pendidikan Islam bagi anak-anak harus bersifat kontekstual, yaitu memberikan hiburan yang edukatif agar mereka senang dan mengambil pelajaran darinya. Film Nussa dan Rara sangat bagus dalam menjelaskan kepada anak bagaimana mengajarkan nilai karakter pada anak usia dini. Dibandingkan dengan tayangan anime lain yang masih memiliki adegan kekerasan. Selain itu, penyajian film ini mendidik dan membangkitkan minat terhadap ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk lebih mendalami dan mengkaji nilai-nilai karakter yang terlibat dalam film Nutsa dan Rara. , Apa yang ada di film "Nusa dan Lala" karya Additio Triantro? Pencarian ini merupakan pencarian kualitatif (library search). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan pragmatis. Berdasarkan hasil temuan, nilai karakter dalam film Nutsa dan Rara adalah: Kebiasaan bertegur sapa dan berbalas, kebiasaan mengucapkan terima kasih, kebiasaan saling memberi nasehat dan saling mengingatkan akan kebaikan, kebiasaan bersalaman dan salam, kebiasaan berdoa, berdoa adalah kewajiban, berdoa itu lebih baik. daripada pergi tidur mengajar anak-anak. Hal ini karena nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film Nusa dan Lara didasarkan pada kenyataan bahwa pembelajaran PAI-nya dalam kehidupan nyata, sikap dan praktik yang dilakukan oleh para tokoh, serta adegan-adegan yang diciptakan dalam film tersebut, digunakan untuk mengajar. pendidikan agama Islam.

References

Afrilia,R.F. (2020). Analisis Nilai Karakter dalam Film Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoro Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Volume 3.Nomer 2

Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, Volume 2 Nomor 2

Demillah, A. (2019). Peran Film Animasi Nussa dan Rara Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ajaran Islam Pada Pelajar SD. Jurnal Interaksi , Volume 3 No 2 .

Fardani,D. N., & Lismanda,Y. F. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Dalam Film "NUSSA" . Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan.Volume 1.Nomor 2

Fatty Faiqah, M. A. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makasar Vidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA , Volume 5 Nomor 2.

Hutasuhut, A.R.S. .,& Yaswinda, Y.(2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai,Volume 4. Nomor 2

Husnaini,(2020) Pembentukan Karakter Anak Melalui Tontonan Film Kartun Nussa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh

Ikhwantoro, M. E., Jalil,A.,& Faisol, A. (20190. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam FilmAnimasi Nussa & Rara Karya Aditya Trianto. Vicratina : Jurnal Pendidikan

Islam,Volume 4. Nomor 2

Kamalia, Iftakhul.(2019). Pesan Akhlak Dalam Film Animasi Nussa & Rara di Youtube. Skripsi.Fakultas Dakwah & Komunikasi. Universitas Islam Negeri Walisongo . Semarang.

Lickona.Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap pendidik siswa menjadi pintar dan baik,Bandung:Nusa media,2013

Megawangi, R. (2016). Pendidikan Karakter. Depok: Indonesia Herritage Foundati

Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pebriandini,N. & Ismet,S. (2021) Analisis Nilai-Nilai Karakter Anak Dalam Film Kartun Animasi Nussa dan Rarra Jurnal Edukasi STKIP Abdi pendidikan Payakumbuh Volume 01 Nomor 1

Pratiw,R. (2017) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Film Nussa Dan Rara Karya Aditya Triantoro Jurnal iainlangsa

Sayekti, O. M. (2019). Film Animasi "Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah" Sebagai Sarana Penanaman Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak , Volume 08 Nomor 2.

Article Metrics
Abstract views: 383
PDF downloads: 452
Published
2022-09-30
How to Cite
latifah, L., Ni’mah, M., & Kiromi, I. H. (2022). ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI NUSA DAN RARA. Jurnal Buah Hati , 9(2), 109-117. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i2.2109
Section
Articles