STRATEGI MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN PENGUCAPAN KATA DALAM BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK USIA DINI DI TK AL FITIYAN ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengkaji bagaimana guru TK Alfitiyan menyiapkan strategi manajemen kelas pada proses bembelajaran pengucapan, (2) untuk mengkaji bagaimana guru TK Al fitiyan melakukan strategi manajemen kelas dalam proses pembelajaran pengucapan, dan (3) untuk mengkaji bagaimana guru TK Al fitiyan mengevaluasi hasil strategi manajemen kelas dalam proses pembelajaran pengucapan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif karena hanya menggambarkan situasi dan kondisi pelaksanaan proses pembelajaran pengucapan hanya dua orang maka guru tersebut diambil sebagai subyek penelitian dan dinamakan sumber data. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan prosedur narasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru menyiapkan silabus dan bahan ajar persemeter. Guru menggunakan satu metode dalam proses belajar mengajar metode latihan. Selanjutnya dalam mengevaluasi hasil proses belajar mengajar, guru mengevaluasi peserta didik dengan menggunakan satu macam tes yaitu tes proses berjalan. Tes yang dilakukan berupa secara individual. Berdasarkan hasil penelitian dalam proses belajar mengajar, guru harus menekankan pengajaran cara atau metode yang cukup sesuai untuk tingkat siswa dalam belajar pengucapan.
References
Burns. A. (2013). Understanding pronunciation, in Burns, A., Claire, S. (Eds.), Clearly Speaking: Pronunciation in Action for Teachers. Sydney. National Centre for English Language Teaching and Research. Macquaire University. Retrived from http://www.ameprc.mq.edu.au/docs/research_ reports/Clearly_ Speaking.pdf.
Colin., S. & Robert., L. Effective Classroom Management. (on line) http/www. Microsoftreaderbook. Com. Accessed on February 1, 2011.
Cook. V. (2008). Second Language Learning and Language Teaching. London. Rutledge.
Cook. V. & Bassetti. B. (2015). An introduction to researching Second Language Writing Systems in COOK V. BASSETTI. B. (Eds.). Second Language Writing Systems. Clevedon. Multilingual Matters. COUNCIL OF EUROPE.
Dawes B. & Iavarone. M. L. (2013). In-service English language training for Italian Primary School Teachers - An experience in syllabus design in Ricerche di Pedagogia e Didattica –Journal of Theories and Research in Education.
Fauziati, E. (2010). Teaching English as a Foreign Language (TEFL). Surakarta: Era Pustaka Utama.
Fraser. H. (2011). Teaching pronunciation: A handbook for teachers and trainers. Canberra. Department of Education Training and Youth Affairs (DETYA). Retrieved from http://www.eslmania.com/teacher/esl_teacher_ talk/Pronunciation_Handbook.pdf
Harmer, J. (2015). How to Teaching English. London: Addison Wesley Longman.
Harmer. J. (2011). The Practice of English Language Teaching. London. Longman.
Hewings, M. (2014). Pronunciation Practice Activities: A Resource Book for Teaching English Pronunciation. Cambridge. Cambridge University Press.
Hombay. (2009). Instructional Models in Class Design. New York: Longman Group Limited.
Johnstone. R. (2012). Addressing the ‘Age Factor’: Some implications for languages policy. Strasbourg. Council of Europe. Retrived from https://www.coe.int/t/dg4/linguistic/Source/JohnstoneEN.pdf
Jones. R. H. (2012). Beyond ‘Listen and Repeat’: Pronunciation teaching materials and theories of second language acquisition. in RICHARDS J. C. RENANDYA. W. A. (Eds.). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge. Cambridge University Press.
Kelly. G. (2010). How to teach pronunciation. Harlow. Longman.
Nixon, C. & Tomlinson, M. (2015). Primary Pronunciation Box: Pronunciation games and activities for younger learners. Cambridge, Cambridge
Slattery. M. & Willis. J. (2011). English for Primary Teachers: A handbook of activities and classroom language. Oxford. Oxford University Press.
PDF downloads: 214