IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN PAI DI PAUD BINAAN BGP ACEH
Abstract
Kemerosotan moral menjadi masalah besar yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, tidak terkecuali pada Provinsi Aceh. Pendidikan agama saat ini menuai berbagai kritik yang tajam karena ketidakmampuannya dalam menanggulangi berbagai isu penting dalam masyarakat, banyak persoalan baru yang bermunculan sehingga peran kefektifannya dipertanyakan. Perlu metode pembelajaran yang dapat menyiapkan peserta didik untuk dapat memahami, mengimani, bertakwa, berakhlak mulia dan mengamalkan agama islam dari sumber Alquran dan Hadis melalui pengalaman dalam proses belajar yang menyenangkan. Rumusan masalah pada artikel ini adalah bagaimana metode role play dan prosedur penerapan role play dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan pada artikel ini adalah Memahami prosedur penerapan role play dalam pembelajaran PAI. Kegiatan pembelajaran PAI dengan metode role play dapat memberikan kontribusi dalam mengoptimalisasikan pengembangan pendidikan, meningkatkan ketakwaan kepada yang Maha Kuasa, dan juga diharapkan metode ini dapat diterapkan pada pembelajaran PAI untuk menghasilkan proses pembelajaran yang efektif dan dapat menjadi lulusan yang berkompeten
References
Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, (2), 920–935.
Ismail, F. (2022). Eksistensi Kebudayaan Islam Aceh Terhadap Keutuhan Budaya Indonesia. Proceedings Icis 2021, 433–444.
Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Edukasi Nonformal, 1(2), 147–158.
Khuzaimah, K. (2017). Paradigma Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Analisis berbagai Kritik terhadap PAI). Jurnal Kependidikan, 5(1), 105–118. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1256
Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). The FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Latip, R. S., Hafidhuddin, D., Mujahidin, E., & R., M. D. (2023). Pemahaman Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Lingkungan Religius Perspektif Orangtua. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 19–34. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2962
Marzuqi, A. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter di Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 61–76. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8351
Munthe, A. P. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
Mustaqim, Y. (n.d.). Pengembangan Konsepsi Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. 9(1), 1–194.
Muttaqin, A., Patoni, A., Kurniawan, H., Lukman, M., Ummi, W., Nanda Sari, Y., … Islam Riau Wisudatanjung, U. (2019). Pelaksanaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Ma Miftahul Hidayah Pekanbaru Implementation of Learning Experiment Methods Islamic Religion Education in Ma Miftahul Hidayah Pekanbaru. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(2), 143–150.
Nurhasanah, I. A., Atep, S., & Ali, S. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611–620.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147.
Sinta Rahmadania, Achmad Junaedi Sitika, A. D. (2021). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT Program Sarjana Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang * Corresponding Author . E-mail : sintarahmadania192609@gmail.com Pendidikan dalam keluarga merupaka. Edumaspul, 5(2), 221–226.
PDF downloads: 682