EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI

  • Novita Ananda Universitas Negeri Makassar
  • Parwoto Parwoto
  • Sitti Nurhidayah Ilyas
Keywords: STEAM, Loose Parts, Kreativitas

Abstract

Pembelajaran yang baik yaitu ketika anak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan tidak hanya mengetahui konsep tetapi dapat mengembangkan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis STEAM dengan media loose parts terhadap kreativitas anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 orang anak berusia 5-6 tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 anak yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 8 anak dan kelompok kontrol yang berjumlah 8 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskripif dan statistik non parametrik. Setelah pemberian perlakuan, uji Wilcoxon untuk keterampilan kreativitas anak pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai sig.(2tailed) sebesar 0,012 < 0,05 artinya terdapat perbedaan keterampilan kreativitas pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa pembelajaran berbasis STEAM dengan media loose parts efektif terhadap kreativitas anak usia dini.


Abstract
Good learning is when children are directly involved in the learning process and not only know concepts but can develop skills. This study aims to determine the effectiveness of STEAM-based learning with loose parts media on early childhood creativity. The approach used in this study is a quantitative approach with a quasi-experimental design. The population in this study amounted to 34 children aged 5-6 years. The sample in this study amounted to 16 children divided into 2 groups, namely the experimental group of 8 children and the control group of 8 children. The data analysis techniques used are descriptive statistics and non-parametric statistics. After administering the treatment, the Wilcoxon test for children's creativity skills in the experimental group showed sig values. (2tailed) of 0.012 < 0.05 means that there are differences in creativity skills in the experimental group before and after treatment. Based on the results of the study, it can be concluded that STEAM-based learning with loose parts media is effective for early childhood creativity.

References

Damayanti, A., Rachmatunnisa, S., Rahmawati, L. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis STEAM dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7 (2), 74-90.

Fakhriyani, D.V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains Wacana Didaktika, 4(2), 193-200.

Farida, A. (2020). Penggunaan Media Loose Parts Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Paud Al-Musfiroh Gunungsindur, Jawa Barat. Skripsi: Universitas Islam Negeri Syarif.

Fauziaturromah, Y., Rahman, T., & Mulyana, E. H. (2021). Pengembangan Rencana Pembelajaran Model Pembelajaran STEM Untuk Kelompok B Sub Tema Benda-Benda Alam. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 176–183.

Gunawan, P., Ernawati, A., Hasnawati, Amrullah, F., & Asmar, S. (2020). Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Dengan Pendekatan Saintifik. Buku, 1–64. https://www.google.com

Inti, F. (2020). Ide Perencanan Pembelajaran Berbasis STEAM. Bastari: Jakarta.

Minasadiyah, P., Widiastuti, R.Y., Tyas, M.R., Masruroh, J., Maghfirah, V.T. (2023). Kegiatan Menstimulus Multiple Intelegences pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 10 (1), 40-52.

Monkeviciene, O. Autukeviciene, B. Kaminskiene, L. Monkevicius, J. (2020). Impact of innovative STEAM education practices on teacher professional development and 3-6-year-old children’s competence development. Journal of Social Studies Education Research, 11(4), 1–27.

Mulyasa. (2016). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31.

Pasaribu, M., dan Ginting, M. Gr. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sea And Land dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Junal Buah Hati, 6 (2), 153-164.

Prameswari, T. W., & Lestariningrum, A. (2020). STEAM Based Learning Strategies by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Children 4-5 Years. Jurnal Efektor, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14387

Pratiwi, L. (2021). Penggunaan Pendekatan Steam Pada Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Untuk Melatih Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hang Tuah Kota Bengkulu, Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu.

Rachmawati, Y. & Kurniati, E. (2019). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Rahardjo, M. M. (2019). How to use Loose-Parts in STEAM? Early Childhood Educators Focus Group discussion in Indonesia. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 310–326. https://doi.org/10.21009/jpud.132.08

Razi, A., & Zhou, G. (2022). STEM , iSTEM , and STEAM : What is next ? International Journal of Technology in Education (IJTE), 5(1), 1-29.

Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52. http://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3612

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 295-301.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2020). The Utilization Of Loose Parts Media In Steam Learning For Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1–5.

Wulandari, N. T., Mulyana, E. H., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Analisis Unsur Art Pada Pembelajaran Steam Untuk Anak Usia Dini. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(3). https://doi.org/10.32832/jpg.v1i3.3284

Article Metrics
Abstract views: 597
PDF downloads: 353
Published
2023-09-30
How to Cite
Novita Ananda, Parwoto, P., & Ilyas, S. N. (2023). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Jurnal Buah Hati , 10(2), 76-92. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i2.2276
Section
Articles