INTEGRASI MEDIA TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

  • Andi Irma Sarjani Universitas Darma Persada Jakarta
  • Syarfuni Syarfuni Universita Bina Bangsa Getsempena
  • Aida Rahmi Nasution IAIN Curup. Bengkulu
Keywords: Bahasa, Media teknologi, Paud, Systematic Literature Review

Abstract

Mengintegrasikan media teknologi informasi dalam pembelajaran bahasa dapat   menghasilkan informasi terbaru untuk meningkatkan keterampilan dan penguasaan bahasa khususnya pada anak usia dini. Metode penelitian menggunakan Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi  dan  mereview  semua  artikel  terkait  pendidikan  masa 2018 –2023. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 36 artikel jurnal nasional dan terakreditasi yang diperoleh dari Google Scholar, Research Gate, SINTA, DOAJ. Berdasarkan penelitian ini    diperoleh    data    bahwa    integrasi media berbasis teknologi dalam pembelajaran  dapat menciptakan  ketertarikan  anak  usia  dini,  menarik  perhatian,  membuat anak lebih senang dan termotivasi untuk belajar dan mempercepat penguasaan bahasa.


Abstract
Integrating information technology media in language learning can produce the latest information to improve language skills and mastery, especially in early childhood. The research method used Systematic Literature Review. Data collection was carried out by documenting and reviewing all articles related to education during 2018-2023. The articles used in this study were 36 national and accredited journal articles obtained from Google Scholar, Research Gate, SINTA, DOAJ. Based on this research, it is found that the integration of technology-based media in learning can create early childhood interest, attract attention, make children happier and more motivated to learn and accelerate language acquisition.

 

References

Astriyani, G. A., Dhiya‘Ulhaq, J., Ramandhani, R., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic Literature Review (Slr): Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Menggunakan Media Lagu. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora (JISPEN DIORA), 2(1), 198-208. https://doi.org/10.33086/cej.v3i2.2129

Agustin, R. D., & Mindaudah, M. (2022). Pengaruh Media Film Animasi terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(2), 70-80 https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.80

Aljazzaf, Z. (2020). Factors influencing the use of multimedia technologies in teaching English language in Kuwait. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(5), 212-234 https://doi.org/10.3991/ijet.v15i05.12277 .

Ardiana, R. (2023). Implementasi Media Berbasis TIK untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 103-111 Maghfiroh, S., & Suryana , D. . (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086

Ariyanto, F., & Tanto, O. D. (2021). The Effectiveness of Powerpoint-Assisted Picture Books on Receptive Language Development in Early Childhood. Child Education Journal, 3(2), 100-109.he Effectiveness of Powerpoint-Assisted Picture Books on Receptive Language Development in Early Childhood

Banggur, M. D. V., Talu, A. T. I., & Esabella, S. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Bulletin of Information Technology (BIT), 3(4), 247-254.https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p359-362

Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran AMPI Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(2), 191-1.98https://doi.org/10.24903/jw.v3i1.230

Apriyansyah, C., & Kurniawaty, L. (2022). Pengembangan Model Permainan Berbasis Barang Bekas untuk Membangun Kompetensi Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6837-6849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487

Diantari, N. M. E., & Tirtayani, L. A. (2020). Motivation for learning english early childhood through storytelling method using e-big book media. Journal of Education Technology, 4(2), 211-217. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25155

Diani, R., & Syarlisjiswan, M. R. (2018). Web-enhanced course based on problem-based learning (PBL): Development of interactive learning media for basic physics II. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(1), 105-116.https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i1.2849

Desta, M. A., Workie, M. B., Yemer, D. B., Denku, C. Y., & Berhanu, M. S. (2021). Social Media Usage in Improving English Language Proficiency from the Viewpoint of Medical Students. Advances in Medical Education and Practice, 519-528. https://doi.org/10.2147/AMEP.S310181

Endang, A. H., Malik, K., & Fitria, F. (2019). Design and Build English Spell Application with Image Objects as an Android-Based Early Childhood Learning Media. (2019). JOINCS (Journal of Informatics, Network, and Computer Science), 1(2). https://doi.org/10.21070/joincs.v1i2.520

.

Fatimah, E. L., & Yulianingsih, Y. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini dengan Penggunaan Media Film Animasi “Nussa dan Rara”. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 74-83Hidayati, N. N. (2019). Storytelling: One package learning in improving language skill and implanting character education on children. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 7(2), 192-211. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.10

Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan kognitif anak usia dini melalui penggunaan media game edukasi digital berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78-87.https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98

Isnaini, M. (2020). Pengaruh Konten Channel Youtube Atta Halilintar Terhadap Gaya Berbicara Remaja Di Kelurahan Jurangmangu Timur Pondok Aren. PANTAREI, 4(03). jom.fikom.budiluhur.ac.id

Junaida, J., & Zannah, M. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Audio Visual Di Ra Babussalam TA 2019/2020. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 1(1), 38-50.

Maghfiroh, S., & Suryana , D. . (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086

Melati, P., Rahmah, A., & Widjayatri, R. D. (2021). Inovasi Flashcard Berbasis Teknologi Ar Sebagai Alat Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Di Masa Pandemic Covid-19. Ana'Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 26-37.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Mihireteab Abraham, Zeleke Arficho, Tesfaye Habtemariam & Abate Demissie (2023) Effects of information communication technology-assisted teaching training on English language teachers’ pedagogical knowledge and English language proficiency, Cogent Education, 9:1, DOI: 10.1080/2331186X.2022.2028336

Monica, S. Z., & Muryanti, E. (2023). Efektivitas Media Power Point Interaktif dalam Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4657-4664.https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5972

Nurhayati, N., Aslan, A., & Susilawati, S. (2023). Penggunaan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Atfhal Al-Ikhlas Kota Singkawang. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 485-500. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/53/54

Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037-1048. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.567

Norita, E., & Hadiyanto, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kognitif Berbasis Multimedia di TK Negeri Pembina Padang. Jurnal Basicedu, 5(2), 561-570.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.783

Paudel, P. (2021). Information and Communication Technology in Foreign Language Classes in English: Roles and Practices. International Journal of Technology in Education and Science, 5(1), 37-55.https://doi.org/10.46328/ijtes.179

Perdana, I., Saragi, R. E. S., & Aribowo, E. K. (2020). Persepsi siswa terhadap pemanfaatan media kahoot dalam pembelajaran bahasa indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 290-306. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p290--306

Pratiwi, K. B., Sugito, S., & Subandowo, M. (2020). The Development Pop-Up Books To Improve Children’s Language Skills. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 408-414.https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p408

Putri, D. A. P. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(3), 156-164. http://dx.doi.org/10.31602/tji.v10i3.2230

Qotrunnida, N., Supriatna, E., & Arzaqi, R. N. (2023). Penggunaan Chatbot Mela terhadap Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Indonesia Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 448-459.https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.241

Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam meningkatkan keaksaraan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399-3409.https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409

Rizka, N. (2020, July). The Effect of the Storytelling Method Using Bigbook on the Language Ability of Children Aged 5-6 Years in Group B TK Mutiara Bunda Bangkinang. In International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019) (pp. 110-115). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.022

Rizki, I. A., Fahruddin, F., Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2021). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(2), 243-247.https://doi.org/10.29303/jmp.v2i2.3546

Saputra, W., & Purnama, B. E. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mata kuliah organisasi komputer. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(2).http://dx.doi.org/10.3112/speed.v4i2.865

Setyawan, F. H., & Susanto, S. (2017). Penggunaan Media Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Modern, 3(1), 28-35.

Sitepu, J. M., Nasution, M., & Masitah, W. (2021). The Development Of Islamic Big Book Learning Media For Early Children's Languages. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 735-743.

Sobiruddin, D., Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Satriawati, G. (2020). Pendampingan Bagi guru Ra di Pandeglang-Banten dalam memanfaatkan media ICT berbasis proyektor interaktif. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 13-20.

Saodi, S., Rusmayadi, R., Kurnia, R., & Parwoto, P. (2022). Digital Talking Media: Conversation Strategy in Improving Children's Speaking Skills in Early Childhood Education Services. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3).

Sudarsono, S. (2019). Early Media Viewing Impacts On Dual Languages Acquisition Of A Young Learner. Jurnal Borneo Akcaya, 5(1), 73-83.

Sukmawati, S., Astawa, I. M. S., Astini, B. N., & Nurhasanah, N. (2021). Pengaruh Film Animasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Taroto Jaya Dusun Bantu Desa Bantulanteh Sumbawa. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(4), 320-325.

Suri, G. P., Fernandes, A. L., & Bahri, S. (2021). Media Pembelajaran Pengenalan Bahasa Arab Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Android: Learning Media Introduction to Arabic Case Study of Madrasah Ibtidaiyah Based on Android. Engineering and Technology International Journal, 3(02), 149-158.

Syamsuardi, S., Tolla, I., Anshari, A., Pattaufi, P., & Hajerah, H. (2020). The Use of Audiovisual Media and Speaking Skill Development of Children Aged 5-6 Years In Kindergartens in South Sulawesi.

Shyamlee, S. D., & Phil, M. (2012, March). Use of technology in English language teaching and learning: An analysis. In International Conference on Language, Medias and Culture (Vol. 33, No. 1, pp. 150-156).

Tapiah, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis e-Komik untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini 5–6 Tahun. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 20-25.

Untari, R. S., Wiguna, A., Andhiarini, R. M., Pratama, A. F., & Hawa, E. (2021). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Menghafal Kosakata 3 Bahasa. Metrik Serial Humaniora Dan Sains (E) ISSN: 2774-2377, 2(1), 1-12.

Wahyono, T., & Mashar, R. (2020). The Influence of Carrie TV Channel Shows on Language Acquisition in Early Childhood. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 410-420.

Yani, D. P., & Muryanti, E. (2023). Efektivitas Game Interaktif dalam Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16274-16281.

Yunita, W., Zaim, M., Syarif, H., & Zainil, Y. (2022). The Effectiveness of Project-Based Learning through Vlog to Improve Pre-Schoolers’ Vocabulary Mastery. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4661-4668.

Zein, D. M., Alacsel, S., & Farlina, B. F. (2021). Pembelajaran Multimedia Interaktif Pengenalan Bagian Tubuh Dalam Bahasa Inggris Pada Taman Kanak Kanak. JR: Jurnal Responsive Teknik Informatika, 5(02), 10-18.

Article Metrics
Abstract views: 519
PDF downloads: 521
Published
2023-10-11
How to Cite
Sarjani, A. I., Syarfuni, S., & Nasution, A. R. (2023). INTEGRASI MEDIA TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal Buah Hati , 10(2), 109-122. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i2.2304
Section
Articles