UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN NATURALIS DENGAN PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SATU ATAP SD LAMBIRAH ACEH BESAR

  • Lili Kasmini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Khairun Nisak Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kemampuan Naturalis , Media Bahan Alam

Abstract

Kecerdasan naturalis adalah keahlian mengenali dan mengatagorikan spesies yaitu flora dan fauna di lingkungan sekitar, mengenali keberadaan spesies, memetakan hubungan antar spesies. Kecerdasan ini juga meliputi kepekaan pada fenomena alam lainnya(misalnya:formasi awan dan gunung-gunung), dan bagi mereka yang dibesarkan di lingkungan perkotaan, kemampuan membedakan benda tak hidup, seperti mobil, sepatu karet, dan sampul kaset.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah upaya menigkatkan kemampuan naturalis anak melalui media bahan alam di TK Satu Atap SD Lambirah Aceh Besar. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimanakah upaya menigkatkan kemampuan naturalis anak melalui media bahan alam di TK Satu Atap SD Lambirah Aceh Besar. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Lembar observasi adalah kegiatan mengamati aktivitas anak untuk memperoleh data tentang kegiatan mencocok gambar. Jumlah sampel adalah 10 anak dan data peneliti dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi aktivitas anak pada siklus I jumlah perolehan dengan kategori belum berkembang 40% (4 anak), kategori mulai berkembang 20% (2 anak) kategori berkembang sesuai harapan 20% (2 anak) dan kategori berkembang sangat baik 20% (2 anak). Sedangkan siklus II tidak ada kategori belum berkembang 10% (1 anak), mulai berkembang 10% (1 anak), kategori berkembang sesuai harapan adalah 10% (1 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 70% (7 anak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan naturalis anak kelompok B di TK Satu Atap SD Lambiran Aceh Besar.


Abstract
Naturalist intelligence is the skill of recognizing and categorizing species, namely flora and fauna in the surrounding environment, recognizing the existence of species, mapping the relationship between species. This intelligence also includes sensitivity to other natural phenomena (eg: cloud formations and mountains), and for those who grew up in an urban environment, the ability to distinguish non-living objects, such as cars, rubber shoes, and cassette covers. namely how to improve children's naturalist abilities through the media of natural materials in One Roof Kindergarten SD Lambirah Aceh Besar. The aim is to find out how to improve children's naturalist abilities through the media of natural materials in the One Roof Kindergarten of SD Lambirah Aceh Besar. The method used is Classroom Action Research (CAR). The instrument used is an observation sheet. Observation sheet is an activity to observe children's activities to obtain data about matching pictures. The number of samples was 10 children and the researcher's data were analyzed using the percentage formula. The results showed that in the description of the observation of children's activities in the first cycle the number of acquisitions was in the undeveloped category of 40% (4 children), the category began to develop 20% (2 children) the category developed as expected 20% (2 children) and the category developed very well 20 % (Two children). While the second cycle there is no category not yet developed 10% (1 child), starting to develop 10% (1 child), developing category as expected is 10% (1 child) very well developing category is 70% (7 children). Based on these data, it can be concluded that using natural materials media can improve the naturalist abilities of group B children in One Roof Kindergarten, Lambiran Elementary School, Aceh Besar.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Armstrong, T. 2012. Setiap Anak Cerdas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Asmawati, L. 2014. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Banten : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Astuti, H. P. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini 1. Yogyakarta: Deepublish. Azwar. 2011. Metode Penelitian.

Ayi Teiri Nurtiani, & Wirda. (2014). Peningkatan Kecerdasan Natural Anak Melalui Permainan Pengenalan Hewan Di Kelompok A1 TK Methodist Banda Aceh. Jurnal Buah Hati , 1(1), 1-16. https://doi.org/10.46244/buahhati.v1i1.517

Elia. 2019. Peningkatan Kecerdasan Naturalistik Anak TK Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri Dengan Memanfaatkan Sumber Belajar Lingkungan Buatan. Skripsi. Program Studi PG PAUD UPI.

Hartati, S. 2015. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hasan, Maimunah. 2011.Pendidikan Anak Usia Dini. Yogjakarta: Diva Press.

Helnita. 2015. Pengaruh Metode Bermain sentra Bahan Alam TerhadapPerkembangan Kreativitas Anak. Jurnal BBG Vol.2 No. 2 Universitas Getsempena Banda Aceh

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). Jakarta: Prestasi

Pustakarya. Jamilah, S. 2013. Panduan PAUD. Ciputat: Gaung Persada Press Group.

Jenkins. 2016. Quality Ratings and Improvement Systems in Early Childhood Educations.

Juniarti, Y. 2015. Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9 Edisi 2, 269. Kamus Umum Bahasa Indonesia.

Khuluqo, I. E. 2015. Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lee, A. 2013. 101 Cara Menumbuhkan Kecerdasan Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mariana, R. 2015. Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Marianti. 2016. Bunga Rampai Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar. Semarang: Jurusan Biologi UNNES.

Maulisa, R. 2016. Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Media Bahan Alam di PAUD IT Aneuk Shaleh Ceria Desa Neuheun Kabupaten Aceh Besar . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 99-107.

Meliala, A. 2014. Anak Ajaib. Yogyakarta: Andi Offset. Munib, A. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Novaria, D. 2010. Peningkatan Kecerdasan Naturalistik Anak TK Melalui Metode Pembelajaran Sain Dengan Metode Diskavery Inkuiri. Skripsi. Program PG PAUD UPI.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahmawati, Ida 2012. Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Anak Kelompok B di TK ABA Sajen 1 Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Thesis. Universitas UMS.

Rinawati, A. 2015. Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan di Luar Kelas di Kelompok B TK Masyithoh Greges Donotirto Kretek Bantul . Jurnal Artikel Skripsi.

Roestiyah. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :Alfabeta.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sujiono, Y. N. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.

Article Metrics
Abstract views: 111
PDF downloads: 79
Published
2023-10-22
How to Cite
Kasmini, L., Nisak, K., & Oktariana, R. (2023). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN NATURALIS DENGAN PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SATU ATAP SD LAMBIRAH ACEH BESAR. Jurnal Buah Hati , 10(2), 123-135. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i2.2316
Section
Articles