PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-FATHAN

  • Rezki Auliah Universitas Negeri Makassar
  • Herlina Herlina Universitas Negeri Makassar
  • A Sri Wahyuni Asti Universitas Negeri Makassar
Keywords: Metode Bermain Peran, Keterampilan Bahasa Ekspresif Anak

Abstract

Bahasa merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan, aspek perkembangan dasar yang harus dimiliki anak adalah berbahasa dalam hal berbicara, perkembangan berbicara merupakan suatu proses yang menggunakan bahasa ekspresif dalam membentuk arti, maksud dan tujuan berbicara itu sendiri.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif  Anak Usia Dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 orang anak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 anak dengan pembagian 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Setelah pemberian perlakuan, uji Wilcoxon untuk Kemampuan bahasa ekspresif anak untuk kelompok eksperimen menunjukkan bahwa sebesar -2,207 dan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,027 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan bahasa ekspresif anak pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak yang diberi perlakuan bermain peran pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bermain peran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Al-Fathan.


Abstract
Language is one aspect that must be developed, the basic developmental aspect that children must have is language in terms of speaking, speaking development is a process that uses expressive language to form the meaning, aims and objectives of speaking itself.  This research aims to determine the influence of the role playing method on the expressive language abilities of young children. The research approach used is a quantitative approach with a Quasi Experimental Design research type. The population in this study was 20 children. The sample in this study consisted of 12 children, divided into 6 children as the experimental group and 6 children as the control group. The data analysis techniques used are descriptive statistical analysis and non-parametric analysis. After giving treatment, the Wilcoxon test for children's expressive language abilities for the experimental group showed that it was -2.207 and the sig. (2-tailed) value was 0.027 < 0.05 so it can be concluded that there was a difference in children's expressive language abilities in the experimental group before and after given treatment. Based on the research results, it can be concluded that the expressive language abilities of children who were treated with role playing in the experimental group were better than the control group. So, it can be concluded that role playing has a significant influence on the expressive language abilities of children aged 5-6 years at Al-Fathan Kindergarten.

References

Aini, S. (2021). “Kenali Tahapan Perkembangan Bahasa Anak Usia 0 hingga 5 Tahun” Tirto.id, https://tirto.id/emzz

Alim Amri, Nur. 2017. Peingaruh Meitodei Beirmaiin Peiran Teirhadap Keimampuan Komuniikasii (Bahasa Eikspreisiif) anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddiin Makasar (onliinei). Jurnal Iilmu peindidikan dan pembelajaran volume 1 Nomor 2 https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864

Amelia, L., & Marsella, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anak Melalui Metode Bermain Peran Dengan Menggunakan Boneka Jari Pada Anak TK B2 di PAUD Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 5(2), 81-102.

Amelia, L., & Ramadhani, L. (2016). Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak pada Kelompok B Di TK Bohhatema Aceh Besar. Jurnal buah hati, 3(2), 19-34.

Anika, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Di Kelompok B PAUD Baen Husar Kabupaten Belu. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(1), 22-36.

Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 717-723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798

Bachtiar, M. Y. (2017). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Kelas A Di Taman Kanak-Kanak Buah Hati Kota Makassar. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 139-156. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1618

Dhieni, Nurbiana, Dkk. 2014. Materi Pokok Metode Pengembangan Bahasa. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Eni, Dewita. Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi(online). Program Studi PG-PAUD UniversitasNegeriJambi.https://repository.unja.ac.id/3587/1/ARTIKEL%20SKRIPSI.pdf, dan di akses pada tanggal 08-07-2021.

Erly, Safitri., Endang, Purbaningrum. 2014. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Kelompok B TK Muslimat Hayatul Wathon (online). Jurnal: (Erlisafitri.sophie@yahoo.co.id) Program Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Ermita, Nevi. 2018. Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Bahasa Pada Anak Usia Dini Di TK Assalam 1 Sukarame Bandar lampung (online). Skripsi: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung..

Fadlillah. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fauzani, B. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Main Peran Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B. Jurnal Mahasiswa Unesa, Paud Teratai, 5(2).

Fitriyani, Hayatul. 2020. Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun (online). Skripsi: Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan

Gardner, H. (19983). Frames Of Mind The Theory Of Multiple Intelligense. Tenth Anniversary Edition, New York: Basic Books A Member of The Perseus Books Group

Gontina, R., Komariyah, K., & Hasanah, U. H. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Anak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 79-92. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.4946

Hoerr, T. R. (2007). Buku Kerja Multiplle Intellengences, Bandung: Mizan Pustaka.

Kiromi, I. H. (2018). Pengaruh Metode Role Playing/Bermain Peran Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa pada Anak. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 4(1), 57-66. https://doi.org/10.36835/attalim.v4i1.54

Krobo, A. (2014). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal melalui Kegiatan Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8.1, 25-34.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak, Jakarta : Pranademia Group.

Muhlisah, M., & Herlina, H. (2021). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Kolase Berbasis Saintifik Di TK Aisyiyah Kota Makassar. Tematik, 5(2), 73-83. https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20289

Mulyasa. (2016). Manajemen PAUD, Bandung: PT Rosdakarya.

Musfiroh, T. (2008). Cerdas Melalui Bermain, Cara Mengasah Multiple Intelligense. , Jakarta: Grasindo .

Myers,D. G.(2010).Social Psychology.Jakarta:Salemba Humanika

Noor, J. (2017). Metodologi penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah., jakarta : Kencana.

Prasetyo, dkk ( 2009). Multiply Your Multiple Intelligences. Yogyakarta: Andi Offset

Santoso, S. (2012). Konsep Pendidkkan Anak Usia DIni Menurut Penelitiannya 2, Jakarta: Universitas Negeri jakarta.

Sari, M. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak 5-6 Tahun di TK Jernih Ni Telege Aceh Tengah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (sidiknas) (Jakarta: Sinar Grafika, 2011), hal. 2.

Article Metrics
Abstract views: 68
PDF downloads: 44
Published
2024-08-29
How to Cite
Auliah, R., Herlina, H., & Asti, A. S. W. (2024). PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-FATHAN. Jurnal Buah Hati , 11(1), 41-53. https://doi.org/10.46244/buahhati.v11i1.2662
Section
Articles