POLA ASUH IBU TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI GAMPONG RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA
Abstract
Kesalahan yang sering tidak disadari oleh orang tua dalam mengasuh anak-anaknya, kadang orang tua bersikap terlalu menekan, selalu memerintah, anak harus tunduk dan patuh kemauan orang tua. Hal ini akan berakibat anak tidak percaya diri dan tidak kreatif. Selain itu, orang tua bersikap masa bodoh dan tidak mau tahu terhadap perkembangan sosial anak. Kecenderungan orang tua melakukan pengasuhan anak tanpa memperhatikan perubahan dan perkembangan sosial yang ada. Ada pun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh ibu terhadap perkembangan sosial emosional anak Usia Dini di Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 2 orang ibu dan 2 orang anak di Gampong Rukoh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitin ini adalah observasi dan wawancara. Teknik Analisis Data dalam penelitian ini adalah teknik catat, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian di peroleh bahwa terdapat sosial emosional anak usia dini di Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala, terdapat tiga pola asuh ibu terhadap emosional anak yaitu pola asuh otoriter, pola asuh permisif dan pola asuh demokratis. Pola asuh otoriter adalah cara mendidik anak dengan kepemimpinan otoriter, yaitu mengasuh anak dengan cara yang ketat. Pola asuh permisif adalah pola asuh yang digunakan oleh orang tua dengan menyerahkan segala keputusan pada anak tanpa adanya campur tangan dari orang tua, dan pola asuh demokratis adalah pola asuh yang digunakan orang tua cara saling menghormati atau menghargai pendapat masing-masing. Pada penelitian ini adalah semua pendapat orang tua mengenai pola asuh sama yaitu menerapkan aturan yang tetap, tetapi memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeluarkan pendapat.
Abstract
Mistakes that are often not realized by parents in treating their children, sometimes parents are too pressing, always commanding, children must submit and obey the will of parents. This will result in children not being confident and not creative. In addition, parents are ignorant of their children's social development. The tendency of parents to care for children without paying attention to existing social changes and developments. The purpose of this study is to determine the mother's parenting pattern towards the social emotional development of early childhood in Gampong Rukoh, Syiah Kuala District. The data sources in this study were 2 mothers and 2 children in Gampong Rukoh. The data collection techniques used in this research are observation and interview. Data analysis techniques in this study are note-taking techniques, namely data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study found that there is social emotional early childhood in Gampong Rukoh, Syiah Kuala Subdistrict, there are three patterns of mother's parenting towards children's emotional, namely authoritarian parenting, premitive parenting and democratic parenting. Authoritarian parenting is a way of educating children with leadership.
References
Agoes. 2004. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Grasindo. Daradjat Zakiah dkk, 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Surabaya, Bumi Aksara
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Kebijakan Public, dan IlmuSosial Linnya, (Jakarta: Kencana Prada Media Group, 2007), hal. 76.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandung. 1999. Program dan Kebijakan Strategis Peningkatan Mutu Pendidikan tahun 1999 - 2001'. Bandung.
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar (GBPP). Depdikbud. Jakarta Dariyo,
Gunarti Winda, Lilis Suryani, Azizah Muis.2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: UniversitasTerbuka.
Hamzah, B. 2009. Model Pembelajaran. Menciptakan Proses Belajar. Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Harun Rasyid. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Multi Press.
Hasbullah J. 2006. Social Capital: Menuju Keunggulan Budaya Manusia. Indonesia. MR-United Press Jakarta
Hurlock, Elizabeth B. 2011. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang. Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Kartono Kartini .2003. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
King, Laura. 2010. Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika
Lexy. Moleong, J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Muhammad Suwaid, 2004. Mendidik Anak Bersama Nabi. Pustaka Arofah. Solo.
Muhammad, Ali, 2003, Penelitian Pendidikan, Pustaka Aman
MuhidinAli , Sambas dan Maman Abdurahman. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian, Bandung.
R.A. Koesnan, 2005. Susunan Pidana dalam Negara Sosialis Indonesia, Bandung: Sumur.
Santrock, John W. 2002. Life-span Development: Perkembangan Masa Hidup.Edisi. 5 jilid 2, Jakarta: Erlangga
Sunartodan Hartono, A. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
PDF downloads: 7