PERAN PENDIDIK DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA TK ISLAM AL- FALAH JAMBI

  • Yanni anggraini Universitas jambi
  • Astria Zhianta Universitas Jambi
  • Anisya Fitri Universitas Jambi
  • Sherli Nurhavivah Universitas Jambi
  • Sarini Sarini Universitas Jambi
  • Winda Sherly Utami Universitas Jambi
  • Sri Indriani Harianja Universitas Jambi
Keywords: Peran pendidk, Kurikulum merdeka, Taman kanak- kanak

Abstract

Nadiem Makarim telah meluncurkan kebijakan baru yang memunculkan program bernama Merdeka Belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi peran guru dalam implementasi kurikulum merdeka di TK Islam Al-Falah Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan dua orang informan, yaitu kepala sekolah dan seorang guru. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa para pendidik memiliki peranan krusial dalam penerapan kurikulum merdeka di TK Islam Al-Falah. Penerapan kurikulum merdeka di sekolah ini meningkatkan kebahagiaan pendidik dan siswa selama proses pembelajaran. Guru memiliki kebebasan lebih dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka PAUD karena siswa berperan aktif dalam menentukan tema pembelajaran. Siswa diberi kebebasan untuk mengekspresikan ide dan kreativitas mereka. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa kurikulum merdeka berjalan dengan baik dan lancar di TK Al-Falah Jambi. Kegiatan yang dilakukan juga mendukung kemampuan kerjasama antara guru dan siswa, serta mengarahkan perkembangan dan pertumbuhan siswa di TK Al-Falah Jambi.


Abstract
Nadiem Makarim has launched a new policy which has created a program called Merdeka Belajar. This research is intended to evaluate the role of teachers in implementing the independent curriculum at Al-Falah Jambi Islamic Kindergarten. The research method used is qualitative with a phenomenological approach. Data was obtained through observation, interviews and documentation with two informants, namely the school principal and a teacher. The findings of this research indicate that educators have a crucial role in implementing the independent curriculum in the Al-Falah Islamic Kindergarten. The implementation of the independent curriculum in this school increases the happiness of educators and students during the learning process. Teachers have more freedom in implementing the independent PAUD curriculum because students play an active role in determining learning themes. Students are given the freedom to express their ideas and creativity. The results of observations and interviews show that the independent curriculum runs well and smoothly at Al-Falah Kindergarten Jambi. The activities carried out also support the ability to collaborate between teachers and students, as well as directing the development and growth of students at Kindergarten Al-Falah Jambi.

References

Amahorseya, M. Z. F. A., & Mardliyah, S. (2023). Implikasi Teori Konstruktivisme Vygotsky dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelompok dengan Sudut Pengaman di TK Anak Mandiri Surabaya. Jurnal Buah Hati, 10(1), 16–28. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i1.2024

Amelia, L., & Lindawati. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Dengan Penggunaan Gambar Berseri Pada Kelompok B Di Paud Tgk. M. Syarief Aceh Besar. Jurnal Buah Hati , 6(1), 38–45. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i1.930

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, l, Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di sekolah dasar kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Ardiansyah, N. P., Syahid, A., & Dewi, R. S. (2023). Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase Di Paud Motekar X Kabupaten Karawang. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 8(2), 135–146. https://doi.org/10.37058/jpls.v8i2.8023

Chien, Y. T., Chang, C. T., Yeh, T. K., & Chang, K. E. (2012). Engaging pre-service science teachers to act as active designers of technology integration: A MAGDAIRE framework. Teaching and Teacher Education, 28(4), 578–588. https://doi.org/10.1016/j.tate.2011.12.005

Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), 4663–4671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Harimurti, E. R. (2019). Supervisi Akademik Dalam Upaya Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Buah Hati , 6(2), 78–85. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.580

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–2024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Jannah M. M, & Rasyid, H. (2023). Kurikulum merdeka: Persepsi guru pendidikan anak usia dini. . . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Muslim, A. (2022). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belaja. JETISH: Journal of Education Technology Informatian Social Sciences and Health, 1(1), 34–40.

Nurtiani, A. T., & Fajriah, N. (2023). ). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pembentukan Sikap Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 9(2), 84–96. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i2.2076

Nurtiani, A. T., & Rahma, M. (2020). ). Efektivitas Penerapan Metode Proyek Untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B1 Tk Tahfizh Anak Bangsa Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i1.935

Putri, R. R. S., & Maslahah, S. (2022). Etika Profesionalitas Tenaga Pendidik Sekolah Paud Inklusi Terpadu Bina Ceria. Jedchem (Journal Education, 4(2), 55–61.

Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143–158.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201.

Article Metrics
Abstract views: 50
PDF downloads: 34
Published
2024-03-30
How to Cite
Yanni anggraini, Zhianta, A., Fitri, A., Nurhavivah, S., Sarini, S., Utami, W. S., & Harianja, S. I. (2024). PERAN PENDIDIK DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA TK ISLAM AL- FALAH JAMBI. Jurnal Buah Hati , 11(1), 27-40. https://doi.org/10.46244/buahhati.v11i1.2708
Section
Articles