DESAIN PENGEMBANGAN BERBICARA ANAK USIA DINI: PERSEPSI GURU DI BANDA ACEH DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN

  • Harfiandi Harfiandi Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helminsyah Helminsyah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Hendra Kasmi Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Desain Pembelajaran, Pengembangan Berbicara, Anak Usia Dini, Strategi Pembelajaran

Abstract

Ketika melihat perkembangan anak dalam berbicara, sikap anak terlihat begitu bervariasi dalam berbicara. Sebagian anak terlihat aktif dalam berbicara, malu, heran melihat teman, bahkan memilih tidak berbicara. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengevaluasi desain pengembangan berbicara anak usia dini untuk memperoleh persepsi guru dalam strategi pembelajaran. Metode yang digunakan mixed method jenis exploratory design. Subjek penelitian ini adalah 20 guru TK di Banda Aceh. Teknik pengambilan data ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria usia guru di atas 22 tahun ke atas dan minimal berpendidikan S1. Teknik pengumpulan data ini menggunakan kuesioner. Teknik pengolahan data digunakan dengan statistik deskriptif sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru mengenai strategi pembelajaran di Banda Aceh melalui desain pengembangan berbicara anak usia dini layak untuk digunakan. Meskipun beberapa indikator yang diterapkan memiliki alternatif penerapan sebagai konsep starategi pembelajaran. Dengan demikian, hasil penelitian ini menyarankan empat hal yang utama sebagai alternatif dalam pengembangan berbicara anak.


Abstract
When looking at children's development in speaking, children's attitudes seem to vary greatly in speaking. Some children appear active in talking, shy, surprised to see their friends, and even choose not to talk. Therefore, this research will come up with a development design that speaks to young children to obtain teachers' perceptions of learning strategies. The method used is a mixed method type of exploratory design. The subjects of this research were 20 kindergarten teachers in Banda Aceh. This data collection technique uses a purposive sampling technique with the criteria of teacher age above 22 years and at least a bachelor's degree. This data collection technique uses a questionnaire. The data processing technique used is simple descriptive statistics. The results of the research show that teachers' perceptions regarding learning strategies in Banda Aceh through early childhood speech development designs are suitable for use. Although some of the indicators applied have alternative applications as learning strategy concepts. Thus, the results of this study suggest four main things as alternatives in developing children's speaking.

References

Agustami, Ribka Putri dkk. (2017). Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pembelajaran IPA Terpadu serta Implikasinya di SMP. Journal of innovative Science Education. 6 (1), 96-103. https://journal.unnes.ac.id/sju/jise/article/view/17069/8679.

Amelia, Nurul dan Nadia Aisya. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dan Penerapannya pada anak Usia Dini di TK IT Al-Farabi. Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini. 1(2), 40-58. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912.

Faudah, Yayu Tsamrotul. (2022). Penggunaan Media Bercerita Bergambar dalam Pembelajaran Anak usia Dini. Jurnal Mubtadiin. 8(1), 67-77. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/176/169.

Fitri dkk. (2022). Mengenal Model PAUD Beyond Centre and Circle Time (BCCT) untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Audhi. 4(2), 72-78. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/view/944/644.

Fitriani, Agisty. (2019). Studi Kasus Perkembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini melalui Penerpan Metode Bercerita. Jurnal Pelita PAUD. 4(2), 29-37. https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/825/435.

Habibi, Y., Pembelajaran AUD, S., Hasan, H., & Rifa, M. (2017). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intellegence. Jurnal Madaniyah, 7.

Hasnawati, Sri. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pemhaman Peserta Didik. 20(2), 149-158. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/2630/1309.

Harefa, Ida Destariana dan Eny Suprihatin. (2023). Strategi Mengatasi Problematika Mutu Pendidikan melalui Merdeka Belajar di Lembaga PAUD. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. 12(1), 70-77. https://pdfs.semanticscholar.org/07a3/47264750b8b1b7a09ebb7a35049835edd574.pdf.

Hayati, T., Hidayat, H., & Nuri, N. I. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercakap-Cakap. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 58–68. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.16.

Hidayati, Sri. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Kanaka Media.

Kasmiati, K. (2021). Perencanaan Pembelajaran Nilai Multikultural Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 492–504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1274.

Maclinton, David. (2022). Pengembangan Media pembelajaran Prisma Berbasis Macromedia Flash dengan Desain Pembelajaran Assure. Jurnal Inovasi Matematika. 4(1), 83-97. https://inomatika.unmuhbabel.ac.id/index.php/inomatika/article/view/323/145.

Made Parmini, N., Parmiti, D. P., & Astawan, I. G. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berbicara pada Anak Kelompok B. MPI, 2(1).

Marwah, M. (2022). Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 34–42. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.76.

Miftahul, P. P., Bettet, U., & Dzikry, P. (2017). Wacana Didaktika Pengelola Pembelajaran PAUD.5(2), 189–200. http://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika.

Nasution dkk. (2022). Desain Pembelajaran Aktif. Lombok: Hamjah Diha Foundation.

Nasution, Raisah Armayanti. (2020). Perencanan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Nilai Islam. Jawa Barat: Edu Publisher.

Nurjanah, J., & Anggraini, A. P. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7.

Nurkholifah, Desi dan Novan Ardi Wiyani. (2020). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Membaca Nyaring. Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. 1(2), 60-76. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/9074/7783.

Parapat, Asmidar. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.

Raharjo, I. B., Handayaningrum, W., & Abdillah, A. (2021). Pengembangan dan Pemanfaatan Tema Pembelajaran Dalam Penggubahan dan Penciptaan Lagu Anak Usia Dini. Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 4(1).

Setyosari, H. Punanji. (2020). Desain Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sofia, A., Fitria Anggraini, G., & Soemantri Brojonegoro No, J. (2018). Interaksi Sosial antara Guru dan Anak dalam Pengembangan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 7–18.

Suryana, D., & Nurhayani. (2021). Efektivitas Teknik Presentasi Kemampuan Berbicara. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.

Taseman dkk. (2020). Strategi Penanganan Gangguan (Speech Deley) terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. Journal of Early Chilhood Education and Development.2(1), 13-26. https://jurnalftk.uinsa.ac.id/index.php/JCED/article/view/519/246.

Zahro, J., Atika, I., & Westhisi, A. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121.

Article Metrics
Abstract views: 21
PDF downloads: 24
Published
2024-09-30
How to Cite
Harfiandi, H., Helminsyah, H., & Kasmi, H. (2024). DESAIN PENGEMBANGAN BERBICARA ANAK USIA DINI: PERSEPSI GURU DI BANDA ACEH DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN. Jurnal Buah Hati , 11(2), 67-79. https://doi.org/10.46244/buahhati.v11i2.2813
Section
Articles