PENGARUH PERMAINAN ULAR NAGA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TKIT AL-FITRAH

  • Ida Ubaida Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Khairiyah
  • Sholatul Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Khairiyah
  • Is Nurhayati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Khairiyah
Keywords: Anak Usia Dini, Permainan Ulat Naga, Sosial Emosiona

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Permainan Ular Naga terhadap perkembangan psikososial anak usia 5 sampai 6 tahun di TKIT Al-Fitrah. Perkembangan manusia merupakan aspek mendasar dalam tumbuh kembang anak, termasuk kemampuan berinteraksi dengan orang lain, mengelola emosi, dan beradaptasi dengan lingkungan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian hubungan kuantitatif dengan metode pengambilan sampel berupa metode probabilitas sampling. 21 anak berpartisipasi dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumen. Selain itu, metode analisis data berupa pre-test adalah analisis statistik dan kekurangan linier pakai memperuntukkan SPSS terbitan 26. Berdasarkan imbas penelitian, guru TKIT Al-Fitrah akan menggunakan pengaruh permainan melihat ular terhadap sosial. emosi. Perkembangan cerita naga anak usia 5-6 tahun untuk anak usia 5-6 tahun Kegiatan di TKIT Al-Fitrah adalah bermain bersama, mengikuti aturan, bertanya tentang perasaan dan Perkembangan sosial emosional  anak usia 5-6 tahun.. Di TKIT Al-Fitrah dari interaksi dengan orang lain, kerjasama, ramah tamah, pengaruh permainan Ular Naga terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TKIT Al-Fitrah terlihat sebesar 87,1%.


Abstract
The purpose of this study is to determine the influence of dragon snake games on the psychosocial development of early childhood 5-6 years old at TKIT Al-Fitrah. Human development is a fundamental aspect of children's growth and development, including the ability to interact with others, manage emotions, and adapt to the social environment. This study is a quantitative relationship research with a sampling method in the form of a sampling probability method. 21 children participated in the study. The method of data collection is through observation, questionnaires and documents. In addition, the data analysis method in the form of pre-test is statistical analysis and linear regression using SPSS version 26. Based on the results of the research, TKIT Al-Fitrah teachers will use the influence of snake watching games on social. emotion. The development of dragon stories for children aged 5-6 years for children aged 5-6 years Activities at TKIT Al-Fitrah are playing together, following rules, asking about feelings and social-emotional development in children aged 5-6 years. . In TKIT Al-Fitrah from interaction with others, cooperation, friendliness, the influence of the Dragon Snake game on the socio-emotional development of children aged 5-6 years at TKIT Al-Fitrah was seen at 87.1%.

References

Asmaiyah, A., Hayati, S., & Nurhayati, I. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Cerdas Ceria. Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.37985/edusiana.v1i2.181

Assingkily, M.S., Hardiyati M. (2019), Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5210

Dachlan, A. M., erfansyah, N. f., & DKK. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hasanah, L. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Ular Naga Bagi Anak Kelompok A Di Raudhatul Athfal Perwanda 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018. Skripsi. IAIN Jember

Hayati, S. (2018). Tangkas Fisik Motorik Dengan Permainan Tradisional. Yogyakarta: Pustaka Belajar.https://pustakapelajar.co.id/product/tangkas-fisik-motorik-dengan permainan-tradiosional-cet-ke-2/

Lina Amelia, & Helmidar. (2017). Pengaruh Modifikasi Permainan Ular Naga Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B2 Di Paud Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 4(1), 10-30. https://doi.org/10.46244/buahhati.v4i1.552

Hidayat, A. R., Hanipah, H., Nurjanah, A., & Farizki, R. (2022). Upaya untuk Mencegah Penyakit Diabetes pada Usia Dini. Jurnal Forum Kesehatan : Media Publikasi Kesehatan Ilmiah, 11(2), 63–69. https://doi.org/10.52263/jfk.v11i2.229

Juannita Eka. (2020). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dengan Rentang Usia 0-6 Tahun. Academia.Edu. https://www.academia.edu

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal PAUD, 16. https://www.semanticscholar.org/author/H.-Khairi/144826090

Khoirunisa, A. (2021). Analisis Interaksi Sosial Anak Usia Dini Dengan Teman Sebaya Di TK Dian Ekawati Kelompok B Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi: Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/60960

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal PAUD, 2(1), 47-58. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301

Mulyani, W., & M. Thoha (2018). Peran Aktivitas Bermain Ular Naga Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/16576

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD, 3. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1

Sandu Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing. https://books.google.co.id/books/about/DASAR_METODOLOGI_PENELITIAN.html?id=QPhFDwAAQBAJ&redir_esc=y

Misrawati, Sri (2018) Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Kadende Dan Bermain Simpai Di Raudhatul Athfal DWP STAIN Datokarama Palu. Other thesis, IAIN Palu. http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/680

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini "Teori dan Praktik Pembelajaran". Jakarta: Kencana. http://repository.unp.ac.id/36588/

Yunus, M. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Orbit Publishing https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1040571

Article Metrics
Abstract views: 41
PDF downloads: 28
Published
2024-10-01
How to Cite
Ubaida, I., Hayati, S., & Nurhayati, I. (2024). PENGARUH PERMAINAN ULAR NAGA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TKIT AL-FITRAH. Jurnal Buah Hati , 11(2), 80-92. https://doi.org/10.46244/buahhati.v11i2.2872
Section
Articles