PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN ANAK USIA DINI DI PAUD IK NURUL QURAN ACEH BESAR
Abstract
Program tahfidz Al-Qur’an merupakan salah satu pengembangan program yang dilakukan oleh sekolah untuk mendukung penanaman karakter islami pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan program tahfidz Al-Qur’an anak usia dini di PAUD IK Nurul Quran Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah satu orang koordinator program tahfidz Al-Qur’an, satu orang guru tahfidz Al-Qur’an, dan satu orang kepala sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan program tahfidz Al-Qur’an di PAUD IK Nurul Quran dilakukan melalui 4 tahap. Pertama, perencanaan program tahfidz Al-Qur’an anak usia dini. Kedua, pengorganisasian program tahfidz Al-Qur’an anak usia dini. Ketiga, pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an anak usia dini. Keempat, evaluasi program tahfidz Al-Qur’an anak usia dini.
Abstract
The tahfidz Al-Qur’an program is one of the program developments carried out by the school to support the installation of islamic character in early childhood. This research aims to examine the development of early childhood tahfidz Al-Qur’an program at PAUD IK Nurul Quran Aceh Besar. This research used a qualitative approach with a descriptive method. The research subjects were one coordinator of the tahfidz Al-Qur’an program, one tahfidz Al-Qur’an teacher, and one Headmaster. Data collection techniques through observation and interviews. The data analysis technique was conducted in three stages: data reduction, data presentation, and conclusion. The research result show that the development of tahfidz Al-Qur’an program at PAUD IK Nurul Quran was carried out through 4 stages. First, planning for the early childhood tahfidz Al-Qur’an program. Second, organizing the early childhood tahfidz Al-Qur’an program. Third, implementation of the early childhood tahfidz Al-Qur’an program. Fourth, evaluation of the early childhood tahfidz Al-Qur’an program.
References
Ardiansari, B. F., & Dimyati. (2022). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak usia Dini, 6(1), 420-433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926
Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.
Cahyani, R., & Nafiqoh, H. (2023). Penerapan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Menanamkan Karakter Islami Bagi Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(1), 43-51. https://doi.org/10.22460/ceria.v6i1.12770
Hakim, F., & Permatasari, Y. D. (2020). Tren: Pendidikan Tahfidz Qur'an pada Anak di Rumah Qur'an Ar-Roudhoh Rowotengah. Auladuna: Jurnal prodi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, 2(2), 19-26.
'Ilmi, R., Suhadi, & Faturrohman, M. (2021). Peningkatan Hafalan Al-Qur'an melalui Metode Talaqqi. Al'Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 83-94. https://doi.org/10.54090/alulum
Irawan, S. (2023). Manajemen Program Tahfidz A-Qur'an di MAN 1 Lampung Utara. Repository UIN Raden Lampung.
Ismail, Wardi, M., Supandi, & Ridho, A. (2022). Pembelajaran Tahfidz Juz' Amma Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3855-3867. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2015
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Latuconsina, H., Nazilatul Ula, N. S., Choirunnisa, S. M., Kurniawati, F. M., Nuresa, R., Zuhri, A. S., Umbu Nay, S. I., Arifin, S., Rumkel, R. H., Masykuri, A. A., & Muzayid, A. (2020). Peningkatan Ibadah dan Amaliah Sosial Berbasis Masjid. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 59-72. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6548
Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Guru. PT Remaja Rosda Karya.
Muktafi, A., & Khoirul, U. (2022). Implementasi Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Qur'an Di Pondok Pesantren. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(2), 194-205. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3070
Nugraheni, N. A. (2020). Kemampuan menghafal AlQuran juz 30 Anak TAUD Kelompok B se-Sleman. Jurnal Pendidikan anak usia dini, 9(1), 40-48 https://journal.student.uny.ac.id/pgpaud/article/view/16547/16008
Purwasih, W., & Usman, U. (2019). Studi Pengembangan Kognitif dan Nilai Agama dalam Program Tahfizul Al-Qur'an. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 1(1), 1-25. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v1i01.5
Rohmatillah, S., & Shaleh, M. (2018). Manajemen Kurikulum Program Tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Al-Azhar Mojosari Situbondi. JPII. 3(1), 107-121. https://doi.org/10.35316/jpii.v3i1.91
Rustiana, D., & Ma'rif, A.M. (2022). Manajemen program Unggulan Tahfidz Al-Qur'an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur'an Siswa. Kharisma: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 12-24. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.2
Salehah, Y.A., & Wahyuni, A. (2023). Implementasi Tahfidz Al-Qur'an dengan Metode Talaqqi. Murham: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 504-519. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.235
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Alfabeta.
Sutarto. (2022). Analisis Hafalan Al-Qur'an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7016-7023. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3340
Syahdinur, M. R., Alfarisi, U. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Quran. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPMM
Wulandari, P. A. (2022). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Dengan Metode Tilawati Bagi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi. Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

