PENINGKATAN KECERDASAN NATURAL ANAK MELALUI PERMAINAN PENGENALAN HEWAN DI KELOMPOK A1 TK METHODIST BANDA ACEH

  • Ayi Teiri Nurtiani STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Wirda STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: kecerdasan natural, permainan pengenalan hewan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kecerdasan Natural Anak melalui Permainan Pengenalan Hewan di Kelompok A1 TK Methodist Banda Aceh.” Berdasarkan observasi awal dari 25 anak di Kelompok A1, ditemui 7 anak belum mengenal hewan, 4 anak diantaranya belum mampu menyebutkan jenis-jenis hewan, dan sebagian besar anak masih belum mengenal jenis-jenis hewan, sehingga penelitian ini mengusung rumusan masalah sebagai berikut: “Apakah terjadi peningkatan kecerdasan natural anak melalui permainan pengenalan hewan di kelompok A1 TK Methodist Banda Aceh?. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok A1 TK Methodist Banda Aceh yang berjumlah 25 anak. Instrumen penelitian ini adalah observasi, kemudian data yang didapat dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh anak berkembang sangat baik (BSB) sebesar 15%. Sedangkan pada siklus II, hasil rata-rata anak berkembang sangat baik (BSB) meningkat menjadi 57% . Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan pengenalan hewan, kecerdasan natural anak meningkat sebesar 42%.

References

Ahmadi, Abu. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung; Pustaka Karya.

Alisuf Sabri. 2001. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional, Jakarta; Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta; Bumi Aksara

________________. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Dan Praktis. Bandung: Rosda Karya.

Blogspot. 2013. Diskusi Produksi Media Pendidikan.

http://umarstain.blogspot.com/2013/05/diskusi-produksi-media-pendidikan_5717.html.

_______. 2013. Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran.

http://efendi08.blogspot.com/2013/03/lingkungan-sebagai-media-pembelajaran.html.

Budiningsi Asri C. Dr. 2005. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Pedoman Pembuatan dan Pemanfaatan Alat Peraga di TK. Jakarta.

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Putra.

Eprints. 2013. http://eprints.uny.ac.id/9930/2/BAB%202%20-%2005208244044.pdf

Esa Unggul. 2013. Penerapan Knowledge Management Dalam Organisasi.

http://www.esaunggul.ac.id/article/penerapan-knowledge-management-dalam-organisasi-2/.

Moeloeng, Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya

Muhibbin Syah. 2007. Pengertian, Ciri-Ciri dan Karakteristik Prestasi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

____________. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan (Stimulasi Multiple Intelegensi Anak Usia Taman Kanak-Kanak). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Netlog. 2009. http://id.netlog.com/smpn2tebingtinggi/blog/blogid=2951.

R. Moeslichatoen. 1999. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Rustam, Mum Dilarto. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sodono, Anggani (2000), Sumber Belajar Dan Alat Permainan (Untuk Pendidikan Anak Usia Dini), Jakarta : Grasindo.

Staff. 2011. Kajian Konseptual Media Pembelajaran.

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131656343/KAJIAN%20KONSEPTUAL%20MEDIA%20PEMBELAJARAN.pdf.

Sumadi Suryabrata. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

_______________. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Trish Kuffner, Play & Lean. tt. 300 Aktivitas Bermain dan Belajar Bersama Anak. Jakarta: Gramedia.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003-2006 Tentang Sisdiknas, Bandung; Citra Umbara

W.J.S. Poerwardaminta (2006) Kamus Umum Bahasa Indonesia, Ed.3 Jakarta; Balai Pustaka.

Wordpress. 2012. Pengembangan Kecerdasan Jamak Melalui Pembelajaran Berbasis Knowledge Spiral.

http://bundaida.wordpress.com/2012/08/12/pengembangan-kecerdasan-jamak-melalui-pembelajaran-berbasis-knowledge-spiral/.

_________. 2012. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial IPS Berbasis Multimedia.

http://sofwan65.wordpress.com/2012/12/10/pembelajaran-ilmu-pengetahuan-sosial-ips-berbasis-multimedia/.

Article Metrics
Abstract views: 128
PDF downloads: 126
Published
2014-03-31
How to Cite
Ayi Teiri Nurtiani, & Wirda. (2014). PENINGKATAN KECERDASAN NATURAL ANAK MELALUI PERMAINAN PENGENALAN HEWAN DI KELOMPOK A1 TK METHODIST BANDA ACEH. Jurnal Buah Hati , 1(1), 1-16. https://doi.org/10.46244/buahhati.v1i1.517
Section
Articles