PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI KELAS A PAUD AL-HIDAYAH ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Permainan Balok di Paud Al-Hidayah Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui aktivitas anak dengan permainan balok dan apakah dengan permainan balok dapat meningkatkan kreativitas anak di PAUD Al-Hidayah Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian PTK. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak di PAUD Al-Hidayah sebanyak 15 anak yang terdiri dari 5 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas anak pada siklus I menunjukkan anak di kelas A PAUD Al-Hidayah Aceh Besar memperoleh kategori kurang dengan nilai 56 – 70 dan kategori cukup dengan nilai 71 – 85. Pada siklus II menunjukkan anak di kelas A PAUD Al-Hidayah Aceh Besar memperoleh kategori baik dengan nilai 86 – 100 dan kategori cukup dengan nilai 71 – 85. Dapat disimpulkan dengan permainan balok dapat meningkatkan kreativitas anak di kelas A PAUD Al-Hidayah Aceh Besar.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Alisyahbana. 1983. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Apelman. 1984. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : Gramedia.
Aqib. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Barron. 1969. Profesi Guru. Jakarta : Balai Pustaka.
Cony, Setiawan. 1987. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Freeman, dkk. 2001. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Gutama. 2006. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Predana Media Group.
Gorden, dkk. 1985. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung : CV. Lubuk Agung.
Haefele. 1926. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Jamaris. 2005. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Jomson. 1982. Strategi Belajar Megajar. Jakarta : Citra Pendidikan.
Mulyadi, Seto. 1998. Memacu bakat dan kreativitas. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Munandar. 1995. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Citra Pendidikan.
Musfiroh, T. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Rachmawati,dkk. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Rochiati, Wiraaatmadja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Cetakan kedelapan Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Semiawan. 1987. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Slameto. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan ketiga belas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Supriyadi. 1994. Mengembangkan Kemampuan Otak Anak. Jakarta: Gramedia.
Purnaningsih. 2008. Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum. Malang : Universitas Negeri Malang.
Torrance. 1988. CBSA; Pengembangan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Suatu Panduan Bagi Guru Taman Kanak-Kanak Untuk Menyusun Persiapan Bagi Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.
Wahyudin. 2007. Kreativitas Anak. Jakarta: Gema Insani Press.
Wallas. 1926. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

