MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5 - 6 TAHUN MELALUI MEDIA GAMBAR DI PAUD ASLAMI ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang kemampuan menulis anak di Paud Aslami ini yang masih sangat kurang. Hal ini disebabkan, guru kurang kreatif dalam memilih media untuk menulis. Rumusan masalah yang peneliti ambil adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun melalui media gambar. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media gambar dari kertas HVS dan kartu gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di Paud Aslami. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian tindakan kelas ini terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di Paud Aslami Aceh Besar dengan Subjek penelitian adalah 10 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sumber dan alat pengumpulan data yaitu observasi. Dan data yang dikumpulkan dianalisis dengan rumus persentase. Dari hasil pengolahan data, kemampuan menulis dengan media gambar mencapai angka yaitu 80% anak sudah berkembang dengan baik. Dari persentase diatas, maka penelitian dihentikan pada siklus II karena peneliti merasa bahwa media gambar ini dapat meningkatkan kemampuan menulis anak di Paud Aslami Aceh Besar ini. Penelitian yang dilakukan sudah berhasil. Hal ini dilihat bahwa ada peningkatan mulai dari observasi awal, siklus I dan siklus II.
References
Akhadiah, Sabarti. 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa. Jakarta: Erlangga
Alwasilah, A. Chaedaer. 2005. Pengantar Penelitian Linguistik Terapan. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pengajaran, Jakarta:RajaGrafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pengajaran, Jakarta:RajaGrafindo Persada.
Bovee, Courland. 2007. Business Communication Today. New York: Prentice Hall
Keraf, Gorys. 2001. Komposisi Sebuah pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende Flores: Nusa Indah.
Kurniawan, 2009. Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu
Mursiti. 2006. Penggunaan Pertanyaan dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Bogor
Poerwadarminta, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Sadiman, Arief 2009. Media Pendidikan, Pengembangan, Pemanfaatan. CV Rajawali. Jakarta.
Sampan. 1995. Penuntun Mengarang.Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.
Santoso, Soegeng. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan
Santrock, J.W. 2011. Masa Perkembangan Anak, edisi ke-11. Penerbit Salemba Humanika : Jakarta
Sudjana, 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Edisi Revisi V. Aneka Cipta: Jakarta.
Sumantri. (2005). Model Pengembangan keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suyanto. 2005. Urgensi Pendidikan Karakter. Ditjen Mandikdasmen- Kementerian Pendidikan Nasional
Tarigan, Henry Guntur.2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Titik, dkk. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Usman, dkk. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.
Widyamartaya. 1991. Seni Membaca Untuk Study. Yogyakarta: Kanisius.

