PENGASUHAN DAN PERAN ORANG TUA (PARENTING) SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PAUD BANDA ACEH, INDONESIA

  • Fitriah Hayati STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Nordin Mamat Universiti Pendidikan Sultan Idris
Keywords: Parenting, Pendidikan Anak Usia Dini, Sosial Emosional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan parenting dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Parenting ditinjau dari aspek (1) interaksi sosial dan (2) komunikasi dengan anak. Perkembangan sosial emosional diukur dari aspek (1) konsep diri dan (2) mengendalikan emosi. Penelitian ini melibatkan sebanyak 150 sampel yang terdiri dari orang tua dan anak berumur 4-5 tahun dari 3 PAUD (Early Childhood Education) di Banda Aceh, Indonesia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk orang tua dan lembaran observasi (cheklist) terhadap anak yang telah dimodifikasi sesuai dengan Mississippi Department of Education (2006). Data dianalisis menggunakan ANOVA dan simpel regresi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengasuhan (parenting) berdasarkan lokasi tempat tinggal dan tingkat sosial ekonomi. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara parenting dengan perkembangan sosial emosional anak-anak. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa semakin besar peran orang tua maka semakin baik perkembangan sosial emosional anak.

References

Arnold, D. H., Zeljo, A. & Doctoroff, G. L. 2008. Parent involvement in preschool: Predictors and the relation of involvement to pre-literacy development. School Psychology Review 37(1): 74-89.

Barbarin, O. A. (2002). The View from Research: culture and ethnicity in social, emotional, and academic development. The Kaufmann Early Education Exchange 1: 45-61.

Boyd, J., Barnett, W. S., Bondrova, E., Leong, D. J. & Gomby, D. (2005). Promoting Children’s Social and Emotional

Development Through Preschool Education. Dlm National Institute for Early Education Research.

http://nieer.org/resources/policyreports/.

Christenson, S. L. 2004. The family-school partnership: An opportunity to promote the learning competence of all students. School Psychology Review 33: 83-104

Conway (2003). Arnold Izzo et. al (1990). Meidel dan Reynolds (1999).Parents Involment in School Can Work Wonders for Children.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Banda Aceh, 2012

Dodge, K. A., Pettit, G. S., & Bates, J. E. (1994). Socialization Mediators of the Relation Between Socioeconomic Status and Child Conduct Problems. Child Development, 65: 649-665.

Epstein, J. L. (2008). Improving family and community involvement in secondary schools. The Education Digest, 73(6), 9-12.

http://banda-acehv2.atjehpost.com/read/2013/05/16/52010/340/63/Baru-4031-persen-warga-Banda-Aceh-sekolahkan-anaknya-ke-PAUD (diakses 1 june 2013)

Ireson, J (2008). Exploring connections between individual and culture at home and school. In Ireson, J. (ed). Learners, Learning, and Educational Activity. New York: Routledge

Keyes, C.R (2002). A way of thinking about parent/ teacher partnerships for teachers, international journal of early year education, vol.10 (3), 177-191.

McLoyd, V. C. (1990). The impact of economic hardship on black families and children:Psychological distress, parenting, and socioemotional development. Child Development, 61: 190-198.

Meyer, D., Princiotta, D., & Lanahan, L. (2004). The summer after kindergarten: Children’sactivities and library use by household socioeconomic status (National Center for Education Statistics Issue Brief). Diperoleh daripada http://nces.ed.gov/pubs2004.

Mississippi Department of Education. (2006). Mississippi Early Learning Guidelines for four-year-olds. Jackson, MS: Author. Retrieved Oct. 9, 2007, from

http://www.mde.k12.ms.us/ACAD/ID/Curriculum/LAER/earlylearning.html.

Mohd Azhar Abd Hamid. 2005. Panduan meningkatkan kecerdasan emosi. Cetakan kedua. Kuala Lumpur: PTS Profesional sdn bhd.

Newton, D.P. (2002). Talking Sense in Science. London: RoutledgeFalmer.

Rohaty Mohd. Majzub. (2003). Pendidikan Prasekolah: Cabaran kualiti. Bangi: Penerbit

Universiti Kebangsaan Malaysia.

Zolkifli Bin Jamaluddin. (2002). Pengetahuan pihak penyedia makanan tentang pemakanan yang menyihatkan dan nilai kalori sarapan pagi dibawah skim rancangan makanan tambahan dilima buah sekolah rendah di bandar bagan serai, perak.upsi: Ijazah sarjana muda pendidkan sains sukan. Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Article Metrics
Abstract views: 2932
PDF downloads: 3053
Published
2014-09-30
How to Cite
Fitriah Hayati, & Nordin Mamat. (2014). PENGASUHAN DAN PERAN ORANG TUA (PARENTING) SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PAUD BANDA ACEH, INDONESIA. Jurnal Buah Hati , 1(2), 16-30. https://doi.org/10.46244/buahhati.v1i2.523
Section
Articles