PENINGKATAN DISIPLIN MELALUI PEMBIASAAN TOILET TRAINING PADA ANAK PLAY GROUP DI RA MUTIARA BUNDA BANDA ACEH

  • Ayi Teiri Nurtiani STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Neni Arigayanti STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Disiplin, Pembiasaan Toilet Training

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan disiplin melalui pembiasaan toilet training pada anak Play Group di RA Mutiara Bunda Banda Aceh” dengan rumusan masalah sebagaimana berikut: Bagaimana meningkatkan disiplin melalui pembiasaan toilet training pada anak play group di RA Mutiara Bunda Banda Aceh? Subjek penelitian adalah anak Play Group RA Mutiara Bunda yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang dilakukan di semester genap (tahun akademik 2013-2014), selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan melalui pembiasaan toilet training dapat meningkatkan kedisplinan anak Play Group di RA Mutiara Bunda, terbukti pada data berikut ini: observasi awal BM 80%, MM 17.5%, BSH 2.5% dan BSB masih 0%. Kemudian pada siklus I yaitu BM 27.5%, MM 41.25%, BSH 31,25%, dan BSB masih 0%. Selanjutnya, pada siklus II yaitu MM 1.25%, BSH 27.5%, dan BSB 64.5%. sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian observasi awal BSH 2.5% dan BSB 0% (total 2.5%); siklus I BSH 31,25%, dan BSB 0% (total 31,25%); siklus II BSH 27.5%, dan BSB 64.5% (total 92%). Jadi, penelitian ini dapat dianggap berhasil karena terjadi peningkatan dan mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan pada anak Play Group di RA Mutiara Bunda Banda Aceh.

References

Anne Hafina. 2013. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. KARAKTERISTIK_ANAK_USIA_DINI.pdf

Arikunto, suharsimi. 2006. Penelitian tindakan kelas. Jakarta PT Bumi Aksara Jl. Sawo Raya No. 18

Arikunto, suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta Bab 2 –9111247004.pdf- Adobe Reader

Gilbert Jane, 2003. Panduan Melatih Anak Mengatasi Masalah Toilet. London: Erlangga

Kurikulum 2010 PAUD Qurrata A’yun Cut Meutia Banda Aceh, tahun ajaran 2013- 2014 Kelompok Melati (2- 3 tahun)

Mashar, Riana. 2011. Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengenbangannya. Jakarta: kencana

Nizar Iman Ahmad Ibnu. 2009. Membentuk Dan Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini.Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).

Putra, Nusa. 2012. Penelitian Kualitatif : Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Rajawali Pers.

Syahrena, Elfi.2011. Mengembangkan Perilaku Sehat Pada Anak Usia 2-4 Tahun. Jalarta: Derektur Pembinaan PAUD

Suryadi, 2007. Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: EDSA mahkota

Universitas Sumatera Utara. 23 September 2013. Cara Mengajarkan Toilet Training Pada Anak.

Sujiono, Bambang.2005. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan citra Pendidikan Indonesia.

Tim Poxitsofware. 24 September 2013. Toilet Training. (Online) http://www.poxitsoftware.com For Evaluation Only (diakses 2-12-2013)

Article Metrics
Abstract views: 203
PDF downloads: 204
Published
2014-09-30
How to Cite
Ayi Teiri Nurtiani, & Neni Arigayanti. (2014). PENINGKATAN DISIPLIN MELALUI PEMBIASAAN TOILET TRAINING PADA ANAK PLAY GROUP DI RA MUTIARA BUNDA BANDA ACEH. Jurnal Buah Hati , 1(2), 43-50. https://doi.org/10.46244/buahhati.v1i2.525
Section
Articles