PERAN ORANG TUA DALAM PENYEDIAAN MAINAN UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PUTRO IJO ACEH BESAR
Abstract
Peran orangtua dalam penyediaan mainan bagi anak menentukan perkembangannya dan mendukung proses berpikirnya. Namun kenyataannya di TK Putro Ijo Aceh Besar banyak orangtua yang masih rendah tingkat kepeduliannya terhadap permainan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan upaya orang tua di Taman Kanak-kanak (TK) Putro Ijo Aceh Besar menyediakan permainan yang sesuai dengan perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang. Instrument pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Analisis data dilakukan melalui statistik sederhana yaitu persentase dengan rumus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya orang tua di Taman Kanak-kanak (TK) Putro Ijo Aceh Besar dalam menyediakan permainan bagi anak dengan perkembangan anak memperhatikan aspek manfaat, murah, tidak berbahaya dan menyenangkan. Orangtua lebih cenderung membeli mainan bagi anak tidak dengan kehendak anak namun melalui kehendak orangtua. Untuk itu agar anak balita bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, maka perlu kesadaran dan pengetahuan ibu tentang pentingnya mainan bagi anak dan memperhatikan aspek manfaat atau alat permainan yang bersifat edukatif (APE).
References
Conny R. Semiawan. (2008). Belajar danPembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Hurlock, B. Elizabeth. (1991). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
J. Ellys, (2009). Kiat meningkatkan potensi belajar anak. Bandung : Pustaka Hidayah.
Kurnia.(2011).Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani
Syamsu Yusuf. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
PDF downloads: 118