PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA SEMPOA DI TK AL-IKHLAS LAMLHOM KECAMATAN LHOKNGA ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan berhitung anak yang dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Dari latar belakang masalah tersebut maka timbullah rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Apakah media sempoa dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ikhlas Lamlhom kecamatan Lhoknga Aceh Besar?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui media sempoa pada anak usia 5-6 tahun di Tk Al-Ikhlas Lamlhom Aceh Besar pada tahun pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini anak kelompok B1 yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode penelitian ini menggunakan tindakan kelas (Classroom action research), dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus melalui perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi anak. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung dengan menggunakan media sempoa pada setiap siklusnya. Pada siklus I 7% anak berkembang sangat baik (BSB), 49% anak berkembang sesuai harapan (BSH), dan 44% anak mulai berkembang (MB). Pada siklus II lebih meningkat lagi yaitu 65% anak berkembang sangat baik dan 35% anak berkembang sesuai harapan.
References
Coupley. 2001. The Young Child and Matemathics. National Assosiacion For The Education of Young Children
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak, Pedoman Penilaian Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
Montolalu. 2005. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Sriningsih, N. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas
Sudjono. 2005. Dasar-dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru
Susanto, Ahmad. 2011. Pengantar Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenada Media Group
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional
Taniredja, Tukiran dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru Praktis Dan Mudah. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003-2006 Tentang Sisdiknas, Bandung; Citra Umbara
PDF downloads: 489