EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL ACEH DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL REMAJA
Abstract
Remaja merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki nilai-nilai akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Dewasa ini banyak terjadi tawuran di kalangan remaja kita yang berakibat pada luka fisik dan psikis bagi pelakunya. Perilaku demikian dapat merusak tatanan kehidupan yang seharusnya dijalani seorang remaja. Melihat fenomena tersebut jelas kiranya bahwa remaja indonesia saat ini perlu mendapat pembinaan mentalnya terutama perilaku prososialnya. Perilaku prososial dapat menciptakan kehidupan yang tenang, nyaman dan aman dalam masyarakat, perilaku yang ditunjukan seperti menolong, bekerjasama, berderma, dan perilaku positif lainnya. Remaja yang identik dengan perubahan sangat mudah untuk dipengaruhi oleh hal-hal baru dilingkungannya, oleh karena itu sangat penting sekali apabila kehidupan mereka dibina dan dibentuk sejak dini. Membiasakan diri mereka untuk mau saling berbagi, menolong dan lainnya bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan seperti permainan-permainan. Mengingat remaja mudah bosan dalam melakukan sebuah aktivitas maka melalui permainan remaja dapat belajar nilai-nilai positif dalam berinteraksi dengan teman-temannya dalam kelompok. Situasi yang terbentuk dalam permainan dapat membantu terbentuk nya pembiasaan perilaku-perilaku yang positif pada remaja, sehingga akan terikut juga dalam kehidupan sehari-harinya. Berdasarkan hasil penelitian permainan tradisional yang diberikan dapat meningkatkan perilaku prososial pada remaja bila dilakukan secara rutin. Hal ini terlihat dari perilaku yang ditunjukkan sebelum dan sesudah perlakuan yang dianalisis dengan uji t. Perlakuan ini diberikan kepada remaja SMP ishafuddin Banda Aceh, sebanyak 20 orang siswa.
References
Ali, Raden. 2012. Permainan Tradisional Bugis (http://ihreworte. wordpress. Com /2012/03/13/permainan-tradisional-bugis/). Diakses15/12/2013
Azwar, Saifuddin. 2011.Penyusunan Skala Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dahriani, Adria. 2007.Perilaku Prososial Terhadap Pengguna Jalan Studi Fenomenologis Pada Polisi Lalu Lintas (Skripsi). Semarang: UniversitasDiponegoro.
Hasniani.2011.Perilaku Sosial(http://hasnianni -hasnianni. blogspot.com/2011/03/ perilaku- propososial- proposocial .html).Diakses 03/12/2013
Kartono,Kartini.2011.Patologi Sosial Jilid I. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Lwin, May, dkk. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen kecerdasan.Jakarta: PT Indeks
Maimunah,Siti.2010.Psikologi Sosial :Sebuah Pengantar.Malang: UIN Maliki Press
Mazlan. 2008. Permainan Tradisional (http://mazlan66.wordpress.com/2008/04/28/ permainan-tradisional/). Diakses5/2/2014
Nurhidayah, Reni dkk.2008.Pengaruh Terapi Permainan Tradisional (Engklek dan Gobak Sodor) Terhadap Penurunan Skor Kecemasan Anak kelas 6 menghadapi Ujian Nasional di SDN Turus Kecamatan Gurah (Online)http://old.fk.ub.ac.id/artikel/id/download/keperawatan/reni%20nur%20hidayah/2008/12/23.
Pratisti, Wiwendinar &Hertinjug, Wisnu. 2011. Pengaruh Permainan tradisional pada Kecerdasan Emosi Anak..Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Zuliani, Hetti. 2010. Efektivitas Play Terapi bagi siswa yang mengalami PTSD Akibat konflik di SMP Babussalam Aceh utara.
PDF downloads: 416