PENGGUNAAN MODEL PEMBIASAAN MODELING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN ANAK KELOMPOK B DI TK KARTIKA XIV-12 BANDA ACEH

  • Isthifa Kemal STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Marlina STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Model, Pembiasaan, Disiplin

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan perilaku disiplin anak kelompok B di TK KARTIKA XIV - 12 Banda Aceh, Dimana masih rendahnya perilaku disiplin anak kelompok B menggunakan model pembiasaan modeling untuk meningkatkan perilaku disiplin anak kelompok B di TK KARTIKA XIV – 12 Banda Aceh. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk melihat sejauh mana penggunaan model pembiasaan modeling untuk meningkatkan perilaku disiplin anak kelompok B di TK KARTIKA XIV – 12 Banda Aceh. Sedangkan subjek penelitian ini berjumlah 18 orang, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini PTK (penelitian tindakan kelas) dengan deskriptif kuantitatif, pada tehnik pengumpulan data digunakan observasi, untuk indikator keberhasilan berdasarkan pendapat Nana Sudjana (2010:107) yaitu penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil yang diperoleh anak minimal setengah dari skor yaitu 50%. Adapun variabel dalam penelitian ini variabel bebas yaitu “penggunaan modeling” dan variabel terikat yaitu “perilaku disiplin” Dan pra siklus indikator pengamatan BSB 12,22%, BSH 72,24%, MB 77,7%, dan BB 0%, pada siklus I BSB 48,92%, BSH 42,2%, MB 8,96%, dan BB 0% pada siklus II untuk indikator pengamatan BSB mencapai 71, 06%, BSH 23,5%, MB 5,5%, dan BB 0%, peneliti memutuskan untuk menghentikan penelitian pada siklus II dikarenakan terjadi peningkatan secara signifikan terhadap perilaku disiplin dengan penggunaan model pembiasaan modeling anak kelompok B di TK KARTIKA XIV – 12 Banda Aceh.

References

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rieneka Cipta

Badudu, Yus, 1994.Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Elisabeth. 2001. Metode Pengajaran Montessori Anak Pra Sekolah. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Elisabeth. B. Hurlock. 2000. Perkembangan anak . Jakarta: Erlangga

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Jakarta 2007

Hibana. 2002. Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Yogyakarta: Galah.

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia TK. Jakarta: Grasindo

Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat

Pembinaan TK dan SD. PedomanPembelajaran Bidang Pengembangan Pembentukan Perilaku di Taman Kanak- Kanak. 2010.

Latif Mukhtar, Zukhairina, Rita Zubaidah, Muhammad Afandi. 2013. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Nurani Sujiono, Yuliani dan Bambang Sujiono, 2005. Menu pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia

Sabur, Alex. 2009. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia Sudjana, Nana, 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar. Jakarta: PT. Remaja Rosydakarya

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Walgito, Bimo, 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Wahyudin, Uyu dan Mubiar Agustin.2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung:Refika Aditama

Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2010. Panduan PAUD. Jakarta: Gaung Persada

Article Metrics
Abstract views: 231
PDF downloads: 246
Published
2016-03-30
How to Cite
Isthifa Kemal, & Marlina. (2016). PENGGUNAAN MODEL PEMBIASAAN MODELING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN ANAK KELOMPOK B DI TK KARTIKA XIV-12 BANDA ACEH. Jurnal Buah Hati , 3(1), 12-30. https://doi.org/10.46244/buahhati.v3i1.540
Section
Articles