UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

(Suatu Penelitian di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ar-Rahmah Kota Banda Aceh)

  • Salmiati STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Nurbaity STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Desy Mulia Sari STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Upaya Guru, Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian yang berjudul “Upaya Guru dalam Membimbing Perkembangan Kognitif Anak usia Dini (Suatu penelitian di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ar-Rahmah Kota Banda Aceh)” bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif anak-anak di usia dini di TKIT Ar Rahmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mengupas dan menguraikan suatu masalah berdasarkan data yang ada. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas B1 di TKIT Ar Rahmah, Banda Aceh. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan anak usia dini di TKIT Ar Rahmah sudah mulai berkembang, terlihat pada anak ketika melakukan interaksi dengan guru dan teman-temannya, sebagian anak sudah tidak lagi berpusat pada dirinya sendiri. Dalam memahami sudut pandang orang lain, anak cenderung mempertahankan sudut pandangnya sendiri, tidak dapat membedakan antara sudut pandang dirinya dengan sudut pandang orang lain, dan tidak peduli pada sudut pandang orang lain. Anak juga cenderung fokus pada satu aspek kesulitan dalam memahami proses, tidak melihat sesuatu hal secara keseluruhan, melainkan hanya fokus pada satu aspek saja. Sedangkan Upaya yang dilakukan guru dalam membimbing kognitif anak usia dini memberikan kesempatan berinteraksi sosial, memahami bahwa anak-anak tidak berpikir secara logis, tidak melakukan pendisplinan yang menyakiti fisik dan mental. Upaya-upaya ini sudah sangat baik dilakukan oleh guru di TKIT Ar Rahmah dan dapat dijadikan pedoman bagi sekolah lain.

References

Im, T. C., King, E. M., & Othman, A. razak. (2012). Fostering 1Malaysia Concept in Malaysian Preschool. International Journal of Early Childhood Education and Care, 1, 31–47. doi:2289-3156

Krause, K.-L., Bochner, S., & Duchesne, S. (2009). Educational Psychology for Learning and Teaching (2nd ed.). Australia: Thomson.

Moreno, R. (2010). Educational Psychology. United States of America: John Wiley and Sons, Inc.

Santrock, J. W. (2011a). Educational Psychology (5th ed.). New York: Mc Graw Hill.

Santrock, J. W. (2011b). Life-Span Development (13th ed.). New York: Mc Graw Hill.

Zinsser, K. M., Christensen, C. G., & Carlson, A. G. (2015). Both Together: Social-Emotional Learning And Cognition Promote Academic Achievement In Early Childhood Classrooms. In K. Vann (Ed.), Early Childhood Education: Teachers’ Perspectives, Effective Programs And Impacts On Cognitive Development (p. 4). New York: Nova Science Publishers, Inc.

Article Metrics
Abstract views: 471
PDF downloads: 513
Published
2016-03-30
How to Cite
Salmiati, Nurbaity, & Desy Mulia Sari. (2016). UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI: (Suatu Penelitian di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ar-Rahmah Kota Banda Aceh). Jurnal Buah Hati , 3(1), 43-52. https://doi.org/10.46244/buahhati.v3i1.543
Section
Articles