PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN ULAR NAGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B2 DI PAUD SAVE THE KIDS BANDA ACEH
Abstract
Bermain merupakan pendekatan dalam melaksanakan pembelajaran pada anak usia dini. muatan pembelajaran untuk anak usia dini adalah pengembangan kemampuan matematika anak salah satunya mengenal konsep bilangan. Biasanya matematika dianggap pembelajaran yang sulit dan menakutkan. Untuk menghilangkan momok matematika itu sulit maka perlu dilaksanakan pembelajaran matematika yang menyenangkan bagi anak sedini mungkin. Cara yang dilakukan untuk membuat matematika itu menyenangkan adalah melalui permainan. penelitian ini memanfaatkan ular naga yang sudah di modifikasi untuk pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini. Hasil penelitian yang dilakukan pada November – Desember 2016 di PAUD Save The Kids Banda Aceh di peroleh dari hasil uji tdiperoleh data kemampuan anak pada waktu tes awal kegiatan lebih baik dari pada waktu hasil tes akhir. Berdasarkan taraf signifikan α = 0,05 dan (db) = 13 dengan kriteria terima jika – t ⁄ α ( n – 1) < - ⁄ α ( n – 1) = t ( 1- α) (n – 1) = t (1-0,025) (12) = 0,975) (12) = 11,7) dan tolak jika mempunyai t mempunyai harga yang lain. Dari tabel distribusi t diperoleh ( )( ) = 11,4 karena mempunyai kriteria - - ⁄ α < < - ⁄ α ( ) maka ditolak dan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan Modifikasi Permaiana Ular Naga efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak.
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman teoritis Bagi Mahasiswa dan Praktis Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta.
Irfatul „Ulum. 2014.”Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Memancing Angka Pada Anak Kelompok A di RA Masyithoh Kalisoka Triwidadi Pajangan”.Skripsi. Yogyakarta: Univesitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2016
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Menajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sugiono. 2008. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabet.
Sugiono. 2012.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.
Sujono Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: PT Indeks
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.
Anwar. 2010. Kecerdasan logika Matematika Anak Usia Dini. http://anwarholil.blogspot.com. Diakses 5 oktober 2010.
PDF downloads: 901