PENERAPAN METODE MENGHAFAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA SISWA KELAS RENDAH (III) SD NEGERI 7 LINGE
Abstract
Salah satu tolok ukur keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar adalah prestasi belajar.Hasil prestasi siswa sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya siswa, metode, strategi pembelajaran, media pembelajaran, bahan/materi, dan lingkungan belajar.Tanpamereka sadari bahwa ilmu Agama merupakan kunci utama sebagai bekalkehidupan, terutama yang bersumber dari al-Qur‟an. Karena kurang kesadaranakan pentingnya ilmu Agama, maka dalam pembelajaran Pendidikan AgamaIslam (PAI) di kelas III SD 7 Linge mengalami banyak kendala, terutama yang berhubungandengan membaca dan menghafal surat-surat pendek. Oleh sebab itu pembelajaranmenghafal surat-surat pendek ini sangat mengalami kesulitan.Salah satu solusi untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menerapkan suatu metode pembelajaran yang sesuaidengan materi menghafal ayat-ayat pendek yaitu metode menghafal.Fokus penelitian ini adalah penerapan metode menghafal untuk meningkatkan hasil belajar materi hafalan surat-surat pendek pada siswa kelas III SD Negeri 7 Linge.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Menghafal dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hafalan Surat-Surat Pendek Pada Siswa Kelas III SD Negeri 7 Linge.Pendekatan Kualitatif dan kuantitafif dengan metode Penelitian tindakan kelas ini dipilih model spiral dari Kemmisdan Taggart.Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat pada nilai ketuntasan setiap siklus. Jumlah siswa yang tuntas pada setiap siklus yaitupra siklus ada 2 siswa atau 13,3%, siklus I 8 siswa atau 63,3% dan siklus II 12 siswa atau 80% dan keaktifan siswa yang terlihat dari nilai ketuntasan keaktifan siswa yaitu siklus I 10 siswa atau 46,7% dan siklus II 13 siswa atau 86,7%, hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II siswa dominan aktif dalam proses belajar mengajar.Dapat disimpulkan bahwa metode menghafal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menghafal surat-surat pendek.Sebaiknya guru Al-Qur‟an Hadits menambah wawasan dengan mengikuti beberapa pelatihan dan seminar tentang strategi pembelajaran yang dapat dikembangkan di kelasnya sehingga mampu mencapai hasil optimal dan untuk siswa sebaiknya meningkatkan lagi kemampuan belajar dengan belajar dengan teman lain sekolah yang lebih maju teknik pembelajarannya.
References
Ahmadi, A. dan Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto S. 2004. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
----------. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 2002.. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik. O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ludjito, A. 1996. Pendekatan Integralistik Pendidikan Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Masnur, M. 2009, Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution. 2006. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No.2. 2008. Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi
Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Jakarta: Tanpa Penerbit.
Riyanto, Y. 1996. Metodologi Penelitian suatu Tindakan Dasar. Surabaya: Sie Surabaya.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suprijono, A. 2010. Cooperative learning, teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugianto, I. A. 2004. Kiat Praktis Menghafal Al-Qur'an. Bandung: Mujahid.
Zakiah, D. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiono. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
PDF downloads: 637