EFEKTIVITAS METODE FUN LEARNING TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK KELOMPOK B DI TK METHODIST BANDA ACEH

  • Ayi Teiri Nurtiani STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Sheilisa STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Metode Fun Learning, Kecerdasan Logika Matematika

Abstract

Metode pembelajaran yang menyenangkan menjadi sebuah keniscayaan dalam pendidikan anak usia dini yang sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangan mereka, salah satunya dengan menggunakan metode fun learning dimana suasana belajar diciptakan sedemikian rupa agar anak tidak merasa terbebani dengan beragam materi, perasaan senang dapat hadir seiring dengan tujuan pendidikan yang dapat diserap dengan baik dan mudah. Di sini, metode ini diaplikasikan untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika anak berupa kecerdasan yang melibatkan kemampuan menganalisis masalah secara logis, menemukan atau menciptakan rumus-rumus atau pola matematika, dan menyelidiki sesuatu secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode fun learning terhadap kecerdasan logika matematika dan mendeskripsikan perbandingan antara metode pembelajaran konvensional dengan metode fun learning terhadap kecerdasan logika matematika anak kelompok B pada TK Methodist Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan instrument tes dan dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil t hitung lebih besar daripada t tabel (4,10 > 3,031) bahwa Ho diterima sedangkan Ha ditolak.

References

Chatib, Munif. 2009. Sekolahnya Manusia. KAIFA: Bandung. Daniel, Wong. 2012. Happy Student. BPK Gunung Mulia: Jakarta.

Hoerr, Thomas R. 2007. Buku Kerja Multiple Intelligence. Bandung: Kaifa. Kluth,U.S.A 2008. Joyful Learning, SAGE Company: California USA.

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Bengajar. Grafindo: Jakarta. Wahyuddin. 2008. Kurikulum, Pembelajaran dan Evaluasi. IPA ABONG: Jakarta. Permendiknas No. 17 tahun 2010.

Article Metrics
Abstract views: 181
PDF downloads: 165
Published
2017-09-30
How to Cite
Ayi Teiri Nurtiani, & Sheilisa. (2017). EFEKTIVITAS METODE FUN LEARNING TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK KELOMPOK B DI TK METHODIST BANDA ACEH. Jurnal Buah Hati , 4(2), 75-82. https://doi.org/10.46244/buahhati.v4i2.556
Section
Articles