EFEKTIFITAS PERMAINAN WAYANG HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI TK KARTIKA XIV-11 BANDA ACEH

  • Lina Amelia STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Sri Wahyuni STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Rina STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Permainan Wayang Huruf, Membaca, Anak Usia Dini

Abstract

Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang pesat bahkan dikatakan sebagai lompatan perkembangan karena itu usia dini dikatakan sebagai golden age (usia emas) yaitu usia yang berharga dibanding usia selanjutnya. Membaca pada anak taman kanak-kanak merupakan keterampilan bahasa tulis yang bersifat reseptif. Kemampuan membaca termasuk kegiatan kompleks dan melibatkan berbagai keterampilan, kegiatan membaca juga merupakan satu kesatuan kegiatan terpadu yang mencakup beberapa kegiatan seperti mengenal huruf dan kata-kata, mengubungkan dengan bunyi, serta menarik kesimpulan mengenai maksud bacaan. Penggunaan wayang huruf dalam pembelajaran bahasa anak dianggap lebih efektif karena anak belajar seraya bermain wayang yang berupa huruf-huruf abjad. penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan wayang huruf terhadap kemampuan membaca di TK Kartika XIV-11 Banda Aceh. Rancangan Penelitian ini bersifat kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental desig. Desain penelitian adalah one group pre-test post-tes design. Sampel adalah kelas B1 dengan jumlah anak sebanyak 25 orang. Data dianalisis. dengan menggunakan rumus t-hitung dan persentase. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Nilai t-hitung h besar dari nilau t-tabel. Nilai t-hitung sebesar 0,648 , dan nilai t-tabel sebesar 1,710. Hal ini menunjukkan bahwa wayang huruf efektif terhadap kemampuan membaca.

References

Anita Yus. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dhieni. 2014. Materi Pokok Pengemabangan Bahasa PAUD. Jakarta: UT Tanggerang Selatan.

Gunarti, Winda. 2015. Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Johni dimyati. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidkan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Marsudi, Saring. 2006. Permasalahan Dan Bimbingan Di Taman Kanak-Kanak. Surakarta: Rineka Cipta.

Munandar Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nurgiyantoro. 2012. Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Permainan Sandiwara Boneka. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Peraturan Pemerintan (Permen 137 dan 148). 2013. Kurikulum K-13. Jakarta

STKIP Bina Bangsa Getsempena. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: STKIP Bina Bangsa Getsempena.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y.N. 2007. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada.

Waseso, Iksan. 2014. Materi Pokok Evaluasi Pembelajran di TK. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yunita, dkk. 2015. Pengaruh Aktivitas Alat Peraga Gambar Wayang Terhadap Keterampilan Berbicara Anak. Bojonegoro: Rineka Cipta

Article Metrics
Abstract views: 465
PDF downloads: 498
Published
2017-09-30
How to Cite
Lina Amelia, Sri Wahyuni, & Rina. (2017). EFEKTIFITAS PERMAINAN WAYANG HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI TK KARTIKA XIV-11 BANDA ACEH. Jurnal Buah Hati , 4(2), 83-95. https://doi.org/10.46244/buahhati.v4i2.557
Section
Articles