ANALISIS KEMAMPUAN BAHASA ANAK PAUD DI KOTA BANDA ACEH DALAM KEGIATAN MAKAN
Abstract
Bahasa berarti sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh semua orang atau anggota masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun yang baik. Demikian halnya dalam dunia anak, bahasa berperan penting sebagai alat komunikasi dalam kehidupan anak. Tanpa kemampuan ini sulit bagi anak dalam berinteraksi. Kemampuan bahasa pada anak dapat dikembangkan melalui kegiatan makan. Stimulasi kegiatan berbahasa yang dilakukan pada kegiatan makan. kegiatan makan yang dibangun dengan kesenangan akan menghadirkan kenyamanan dan rasa senang pada anak sehingga anak antusias untuk belajar membangun pemahaman mereka sendiri tentang makan dan makanan mereka. Penelitian ini dilakukan di PAUD Cahaya Meunara kota Banda Aceh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola pengembangan kegiatan makan untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak usia dini di PAUD Kota Banda Aceh serta cara memonitor dan mengevaluasi kegiatan makan untuk menstimulasi kemampuan bahasa pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara serta angket yang diawali dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan yang hasilnya dapat dijadikan sebagai bahan ajar atau modul sebagai rujukan bagi guru-guru PAUD dalam pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam program kegiatan makan yang berkualitas dan bermakna bagi perkembangan anak.
References
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Berk, Laura E. 2006. Child Development, Seventh Edition. United State Of America: Piarson Education.
Bokony, Patti, Lauren Hunt, and Teri Patrick. 2009. Journal, Healty Eating Habits. University of Arkansas for Medical Sciences, diakses 2 februari 2014
Brown, H. Douglas. 2005. Prinsip Pembelajaran Dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat Dodge,Diane Trister and Laura
J. Colker. 2001. The Creative Curriculum For Early Childhood, Third Edition. Washington DC: Teaching Strategies, Inc. Elianson,Claudia dan Loa Jenkins. 2008. Practical Guide To Early Curriculum, Eighth Edition. Columbus, Ohio: Pearson Edition.
Handini, Myrnawati Crie. 2012. Jurnal PAUD, Peningkatan Berat Badan Anak Melalui Penyelenggaraan Makanan Gizi Seimbang Dengan Kegiatan Fun Cooking. Jakarta: Program Studi PAUD Program PascaSarjana Universitas Negeri Jakarta.
http://www.childcarecanada.org/resources/issue-files/what-do-mealtimes-and-food-mean-early-childhood-programs diakses 2 februari 2014
http://illinoisearlylearning.org/askanexpert/fiese/trans.htmdiakses 2 februari 2014
http://www.gov.nl.ca/cyfs/publications/childcare/standards_ecprograms_centrebased.pdf, diakses 2 februari 2014
http://www.extension.org/pages/25788/meals-and-snacks-in-child-care#.diakses2 februari 2014
http://link.springer.com/content:(1994:1) making mealtime a developmentally appropriate curriculum activity for preschoolers/pdf/10.1007/BF02361395.pdf
Lynn R. Marotz, Marie Z. 2005. Cross danJeanetia M. Rush,Health, Safety,and Nutrient For Young Children, Sixth Edition.United State of America: Thomson Delmar Learning.
Mills, Geoffrey E. 2000.Action Research: A Guide the Teacher Research, Columbus: Merill. Moleong, Lexi. J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Persada Rosda Karya.
Morrow, Lasely Mandel. 1993. Literacy Development in the Early Years, Needham Height: Allyn&Baccon
PDF downloads: 954