PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN BALON BERPASANGAN DI KELOMPOK BERMAIN PAUD BINA INSANI KEMALA BHAYANGKARI 1 BANDA ACEH

  • Fitriah Hayati STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Julia STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Balloons, interpersonal skills

Abstract

Interpersonal intelligence is the ability to understand and cooperate with others. Formulation of the problem in this study i.e., how would the child's interpersonal skills through the game of Group Play in twos balloons OLD Bina Insani Keumala While 1 Banda Aceh. The goal is to find out the child's interpersonal skills enhancement through the game balloon paired in OLD Bina Insani Keumala While 1 Banda Aceh. This type of research is Research Action class (PTK). The instruments used are observation sheet, the number of samples is 10 children and the data were analyzed by using a percentage formula. The results showed that in the description of the child activity in the cycle I the amount of percentage by categories of undeveloped 40% (4 children) categories began to grow 30% (3) requirement of growing expectations of 20% (2 children) and what category is growing very well 10% (1 child). While in cycle II, there is no requirement of undeveloped, began to flourish, developing expectations what category is 40% (4 children) categories growing very well is 60% (6 children) based on the data it can be concluded that the balloon game pairing can enhance interpersonal skills. 

 

Abstrak

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami dan bekerjasama dengan orang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu  bagaimanakah menigkatkan kemampuan interpersonal  anak melalui permainan balon berpasangan di Kelompok Bermain PAUD Bina Insani Kemala Bhayangkari 1 Banda Aceh. Tujuannya adalah  untuk mengetahui peningkatan kemampuan interpersonal anak melalui permainan balon berpasangan di PAUD Bina Insani Kemala Bhayangkari 1 Banda Aceh. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 10 anak  dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran aktivitas anak pada siklus I jumlah presentase dengan katagori belum berkembang 40% (4 anak) katagori mulai berkembang 30% (3 anak) katagori berkembang sesuai harapan 20%  (2 anak) dan katagori berkembang sangat baik 10%  (1 anak). Sedangkan pada siklus II tidak ada katagori belum berkembang, mulai berkembang, katagori berkembang sesuai harapan adalah 40% (4 anak) katagori berkembang sangat baik adalah 60% (6 anak) Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan balon berpasangan dapat meningkatkan kemampuan interpersonal  anak.

Kata Kunci: balon berpasangan , kemampuan interpersonal

References

Amstrong, Thomas. (2002). Sekolah Para Juara. (Terjemahan Yudhi Murtanto). Bandung: KAIFA.

Anita. Lie . (2003). Social Intellegence. (Terjemahan Hariono S.Imam). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Gramedia Jakarta.

Augusta. (2002). Pendidikan Anak Usia Dini. Arruz Media.

Dwi, Yulianti. 2005. Perkembangan Anak Usia Dini . Jakarta: Erlangga.

Lwin. (2008). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak. Jakarta: PT Grasindo.

Martha Cristiani. 2008. Kecerdasan Interpersonal. Jogjakarta: Flash Book.

Safaria. (2005). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.

Siti, Aisyah. 2010. Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Solehuddin. 2000. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising.

Yaumi, (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat

Article Metrics
Abstract views: 494
PDF downloads: 829
Published
2018-03-30
How to Cite
Fitriah Hayati, & Julia. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN BALON BERPASANGAN DI KELOMPOK BERMAIN PAUD BINA INSANI KEMALA BHAYANGKARI 1 BANDA ACEH. Jurnal Buah Hati , 5(1), 63-71. https://doi.org/10.46244/buahhati.v5i1.567
Section
Articles