PENERAPAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A PAUD DI KABUPATEN ACEH BESAR

  • Salmiati STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Samsuri STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Preliminary reading, learning media, flash card

Abstract

Reading is important activity for children that must be stimulated from an early age. However, not all children have adequate memory and concentration skills which a result reading will be felt as a heavy burden for children. This is in line with the findings of pre-observation conducted at PAUD in Aceh Besar which had inadequate preliminary reading skills. These conditions will certainly be very troubling both for the development of children and for parents. Additionally, the current demands of entering an elementary school (SD) must have the ability to read. The existence of these standards is certainly a challenge for parents, teachers or educators in PAUD institutions. This research uses descriptive qualitative method, the activity plan will be carried out in four stages, namely (1) planning, (2) implementation (3) observation and evaluation (4) reflection The results of the study showed that flash card media can improve early reading ability in children in group A. This can be seen from the previous data that only 2 children who had preliminary reading ability increased to 8 children from a total of 10 children.

 

Abstrak

Membaca merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus distimulasi sejak usia dini karena membaca merupakan suatu aktivitas yang penting bagi anak. Namun demikian, tidak semua anak memiliki kemampuan daya ingat dan kemampuan konsentrasi yang memadai sehingga membaca akan terasa sebagai beban yang berat bagi anak. Hal ini sesuai dengan temuan pada pra observasi di PAUD dalam kabupaten Aceh Besar yang memiliki kemampuan membaca permulaan yang belum memadai. Kondisi tersebut tentunya akan sangat meresahkan baik bagi perkembangan anak maupun bagi orang tua. Ditambah lagi dengan tuntutan sekarang dimana untuk seleksi awal masuk Sekolah Dasar (SD) sederajat harus memiliki kemampuan membaca. Adanya standar tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua, guru atau pendidik di lembaga PAUD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, rencana kegiatan akan dilakukan dalam empat tahapan yaitu (1) perencanaan dimulai dengan melakukan observasi dan studi lapangan, menyusun rencana dan tema pembelajaran, mengembangkan media sesuai tema  yang dipilih, (2) pelaksanaan yaitu menerapkan media flash card dalam pembelajaran yang dilakukan dalam beberapa siklus sesuai dengan tingkat perkembangan anak (3) observasi dan evaluasi terhadap hasil yang dicapai serta kendala yang didapatkan selama kegiatan (4) refleksi  hasil dan kendala yang didapatkan selama kegiatan untuk dilakukan tindakan selanjutnya guna mencapai tujuan yang ditelah direncanakan. Hasil penelitian menunjukkkan media flash card dapat meningkatkan  kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A. Hal ini dapat dilihat dari data yang sebelumnya hanya 2 anak yang memiliki kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 8 anak dari total 10 anak.

Kata Kunci: membaca permulaan, media pembelajaran, flash card

References

Anisah. (2016). Pengaruh Permainan Flash Card terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Banda Aceh:STKIP BBG.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar, R. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2009). Panduan untuk Guru Membaca dan Menulis Permulaan untuk Sekolah Dasar Kelas 1,2,3. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.

Dina, I. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Hayati, F. (2016). PROFIL KELUARGA BERCERAI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK. Jurnal Buah Hati, 3(2).

Hayati, F., & Julia, J. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN BALON BERPASANGAN DI KELOMPOK BERMAIN PAUD BINA INSANI KEMALA BHAYANGKARI 1 BANDA ACEH. Jurnal Buah Hati, 5(1).

Hayati, F., & Hanum, C. F. (2017). PERSEPSI GURU PAUD TERHADAP KEGIATAN BERMAIN PERAN SEBAGAI STIMULASI KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI. Jurnal Buah Hati, 4(2).

Hayati, F., & Fitriah, F. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD KASIH IBU KOTA BANDA ACEH. Jurnal Buah Hati, 2(2).

Guswarni, E. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Permainan Kartu Gambar di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembinaan Agama. Jurnal Pesona PAUD. Padang: Universitas Negeri Padang.

Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setyowati, E. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulan Melalui Permainan Kotak Misteri pada Anak. Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang. Semarang: IKIP Veteran.

Article Metrics
Abstract views: 1397
PDF downloads: 2847
Published
2018-09-30
How to Cite
Salmiati, & Samsuri. (2018). PENERAPAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A PAUD DI KABUPATEN ACEH BESAR. Jurnal Buah Hati , 5(2), 118-126. https://doi.org/10.46244/buahhati.v5i2.573
Section
Articles