ANALISIS PENERAPAN NILAI-NILAI MORAL AGAMA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI PAUD MELATI BANDA ACEH

  • Ayi Teiri Nurtiani STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Destisatifa STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Religious and Morality

Abstract

Religious moral values are an important factor in human life because they are needed for application from an early age. This study aims to determine the application of the religious moral values of the Play Group Children at PAUD Melati Banda Aceh as well as the supporting and inhibiting factors experienced by educators in applying early childhood religious moral values, especially in the sphere of practice of shalat. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The subjects in this study were principals, educators, and students. The instruments in this study are observation and interviews. The technique used in data analysis is displaying data, reducing data, and taking conclusions. The results showed that the application of religious moral values of early childhood within the scope of practice of shalat was good enough, educators who taught in the Play Group tried to give the best in applying moral and religious values to children. Students can imitate the movement of worship even though it is not regular. The supporting and inhibiting factors in the aplication of children's religious moral values within the scope of practice shalat in Playgroup is that students are easily out of focus and difficult to condition, when carrying out shalat practice. The grouping of students conducted by the teacher when the practice of shalat is still unclear. Educators have little difficulty in dealing with children who do not participate in learning.


Abstrak
Nilai-nilai moral agama merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia oleh sebab itu diperlukan penerapannya sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai moral agama anak Kelompok Bermain di PAUD Melati Banda Aceh serta faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh pendidik dalam menerapkan nilai-nilai moral agama anak usia dini, terutama dalam lingkup penanaman nilai ibadah shalat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek
dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai moral agama anak usia dini dalam lingkup penanaman nilai ibadah shalat sudah cukup baik, pendidik yang mengajar di Kelompok Bermain PAUD Melati berusaha memberikan yang terbaik dalam menerapkan nilai moral dan keagamaan pada anak. Peserta didik dapat meniru gerakan beribadah walaupun belum teratur. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai moral agama anak dalam lingkup penanaman nilai ibadah sholat di Kelompok Bermain PAUD Melati Banda Aceh adalah peserta didik mudah tidak fokus dan sulit dikondisikan pada saat melaksanakan praktek shalat. Pengelompokan peserta didik yang dilakukan oleh guru saat praktek ibadah shalat masih belum jelas. Pendidik sedikit mengalami kesulitan dalam menangani anak yang tidak ikut serta dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Moral Agama

References

Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia.

Ash-Shunayyi’, Hana Binti Abdul Aziz. 2015. Agar Anak Cinta Shalat, Jakarta: Pustaka Al-Inabah.

Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI.

Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum, 2001. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal Dan Informal Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain, Jakarta, 2013. Latif, Mukhtar dkk. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana

Perdana Media Group, 2013. Mardiya. Memahami Perkembangan Moral-Keagamaan Pada Anak, Kulonprogo: Ka sub Bid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan KB dan KR pada BPMPDPKB, 2011.

Ruhyat, Hayat. Resume Buku (Metode Penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2013.

Sahidin. Pembelajaran Moral dan Nilai Agama Islam, Eprints.walisongo.ac.id, 2012. Sapendi. “Internalisasi Nilai-nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini”. Jurnal At-Turats,Vol.9 Nomor 2, 2015.

Article Metrics
Abstract views: 351
PDF downloads: 1530
Published
2019-03-30
How to Cite
Ayi Teiri Nurtiani, & Destisatifa. (2019). ANALISIS PENERAPAN NILAI-NILAI MORAL AGAMA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI PAUD MELATI BANDA ACEH. Jurnal Buah Hati , 6(1), 17-23. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i1.577
Section
Articles