SUPERVISI AKADEMIK DALAM UPAYA PEMBINAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

  • Eka Rista Harimurti STKIP Kusuma Negara
Keywords: Professional teacher, professional competence, academic supervision

Abstract

This article aims to provide an overview of how academic supervision is carried out as an effort to foster the professional competence of early childhood education teachers (PAUD). The success of a quality learning process relies heavily on the role of the teacher as an element of the teaching staff without the exception of PAUD teachers. PAUD teachers are required to have the ability or competence in carrying out their profession as professional teachers. The competencies in question include pedagogic competence, personality competence, professional competence and social competence. Academic supervision activities are used as the most appropriate approach in conducting coaching efforts to assist PAUD teachers in developing their professional competencies. The function of academic supervision activities is a tool to effectively manage PAUD learning. In academic supervision activities, the Principal acts as a supervisor who continuously provides guidance in the form of observations, assessments, directives, guidance and assistance to PAUD teachers.

 

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana supervisi akademik dilakukan sebagai upaya pembinaan kompetensi profesional guru pendidikan anak usia dini(PAUD).Keberhasilan proses pembelajaran yang berkualitas sangat bergantung pada peran guru sebagai unsur tenaga pendidik tanpa terkecuali bagi guru PAUD.Guru PAUD dituntut untuk memiliki kemampuan atau kompetensi dalam menjalankan profesinya sebagai guru yang profesional.Kompetensi yang dimaksud meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi social.Kegiatan supervisi akademik digunakan sebagai suatu pendekatan yang paling tepat dalam melakukan upaya pembinaan untuk membantu guru PAUD dalam mengembangkan kompetensi profesionalnya.Fungsi dari kegiatan supervisi akademik ini sebagai alat untuk mengelola pembelajaran di PAUD secara efektif.Pada kegiatan supervisi akademik, Kepala sekolah bertindak sebagai supervisor yang secara berkelanjutan memberikan pembinaan berupa pengamatan, penilaian, arahan, bimbingan dan bantuan kepada guru PAUD.

Kata Kunci: Profesi guru, kompetensi profesional, supervisi akademik

References

Glickman. (1995). CD, Supervision of Instruction, Allyn and Bacon Inc, Boston.

Hamzah, B. (2007). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Muwahid, S. (2012) Teori dan Terapan Dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru. Surabaya: Acima Publishing.

Panduan Supervisi Akademik, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suhardan, D. (2015) Standar Kinerja Guru dan Pengaruhnya Terhadap Pelayanan Belajar Dalam Mimbar Pendidikan. Bandung: UPI.

Syafaruddin., & Asrul. (2014). Manajemen Kepengawasan Pendidikan. Bandung: Cipta Pustaka Media

Tilaar H.A.R. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rinekacipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen.

Zahroh, A. (2015) Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.

Article Metrics
Abstract views: 1603
PDF downloads: 1642
Published
2019-09-30
How to Cite
Eka Rista Harimurti. (2019). SUPERVISI AKADEMIK DALAM UPAYA PEMBINAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). Jurnal Buah Hati , 6(2), 78-85. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.580
Section
Articles