ANALISIS PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM PENGENALAN TEMA DIRI SENDIRI UNTUK STIMULASI MULTIPLE INTELEGENCE DI KELOMPOK B3 TK CUT MUTIA BANDA ACEH

  • Lina Amelia STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Mardiana TK Cut Mutia
Keywords: Mind mapping method, yourself theme, multiple intelegence

Abstract

Mind Mapping Method in kindergarten is one method of utilizing the whole brain by using visual images and other graphic infrastructure to form impressions in the child's self and mind. The introduction of self-themes with mind mapping methods aims to stimulate multiple children's intelligence so that they have a holistic concept of knowledge about themselves starting from my identity, my body, my favorite foods and drinks and my family. Mind mapping that is used in the introduction of the theme itself is a mind mapping that is very simple and made as concrete as possible to support the ability to think of children in the pre-operational concrete phase. The research method used in this research is descriptive qualitative research. The research instrument used was an observation sheet using mind mapping methods that were associated with abilities that could be stimulated by children and the ease of children in understanding introduced concepts. In the process of conducting this research the image of each media is a child's own photo and will be used 4 times at the beginning of the discussion of each sub theme about me. Each sub-theme is assisted by a child worksheet that discusses the material in mind mapping. The results of the analysis of the use of mind mapping methods for the stimulation of multiple intelligence of children in their own themes can be concluded that the dominant ones appear are linguistic intelligence, mathematical logic, intra-personal, interpersonal, visual spatial and existential intelligence. For a little kinesthetic intelligence that can be raised when discussing the topic of my body. While musical intelligence is only limited to singing about my body and its naturalists have not been touched at all when the research was conducted.

 

Abstrak

Metode Mind Mapping pada anak usia TK adalah salah satu metode pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnnya untuk membentuk kesan dalam diri dan pikiran anak. Pengenalan tema diri sendiri dengan metode mind mapping ini bertujuan untuk stimulas multiple intelegence anak sehingga memiliki konsep pengetahuan secara holistic terhadap diri sendiri mulai dari identitasku, tubuhku , makanan dan minuman kesukaanku dan keluargaku. Mind mapping yang digunakan dalam pengenalan tema diri sendiri ini adalah mind mapping yang sangat sederhana dan dibuat sekonkrit mungkin untuk mendukung kemampuan berbipkir anak di fase pra operasional konkrit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Intrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi pengunaan metode mind mapping yang dikaitkan dengan kemampuan yang bisa distimulasi anak serta kemudahan anak dalam memahami konsep yang dikenalkan. Dalam proses pelaksanaan penelitian ini gambar masing-masing media adalah foto anak sendiri dan akan digunakan dalam 4 kali setiap awal pembahasan masing-masing sub tema tentang diriku. Setiap sub tema dibantu dengan satu lembar kerja anak yang membahas materi yang ada dalam mind mapping. Hasil analisis penggunaan metode mind mapping untuk stimulasi multiple intelegence anak dalam tema diri sendiri dapat disimpulkan bahwa yang dominan muncul adalah kecerdasan linguistik, logika mtematika, intra personal, interpersonal, visual spasial dan kecerdasan existensial. Untuk kecerdasan kinestetik sedikit yang mampu dimunculkan saat membahas topik tubuhku. Sementara kecerdasan musical hanya sebatas nyanyi tentang tubuhku dan naturalisnya belum tersentuh sama sekali saat penelitian dilaksanakan.

Kata Kunci: metode mind mapping, tema diri sendiri, multiple intelegence

References

Aan, K., & Djam'an, S. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Asmani, J. M. (2009). Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia. Dini (PAUD). Yogyakarta: Diva press.

Yuiani. (2012). Memposisikan Pendidikan Anak Dini Usia dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Jakarta: Dir. PAUD, Dirjend. PLSP, Depdiknas

Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk. (Terjemahan Drs. Alexander. Sindoro).

Amelia, L., &, N Nasrida. 2018. Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Melalui Program Paint Di Kelompok B TK-YKA Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 5(1), (hal 21-37) . diakses online https://scholar.google.com/citations?user=q5hlx8YAAAAJ&hl=en

Wayan, A.N.N., & Dkk. (2014). Penerapan Metode Mind Map Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B2. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sukmadinata

Sukmadinata., & Syaodih, N. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remana Rosdakarya

Article Metrics
Abstract views: 1026
PDF downloads: 2299
Published
2019-09-30
How to Cite
Lina Amelia, & Mardiana. (2019). ANALISIS PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM PENGENALAN TEMA DIRI SENDIRI UNTUK STIMULASI MULTIPLE INTELEGENCE DI KELOMPOK B3 TK CUT MUTIA BANDA ACEH. Jurnal Buah Hati , 6(2), 86-97. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.581
Section
Articles