PENGARUH FUN BOOK LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK
Abstract
PAUD learning is essentially learning while playing, playing while learning. This is consistent with the characteristics of early childhood who are active and have a high curiosity, so play activities are part of the learning process. For this reason, learning in early childhood education must be in a pleasant atmosphere so that children feel unburdened in achieving their development. Effective and fun innovative learning is learning that children need today. Fun Book Learning media is expected to be able to influence children's development, both from the moral aspects of religion, language, cognitive, physical motor, and social emotional. Therefore this study aims to determine the effect of Fun Book Learning on Group A Child Development. Where all activities in the Fun Book Learning media have been adjusted to the achievements of the 2013 curriculum. The research design used in this study is Pre- Experimental Designs with the type of One-Group Pretest-Posttest Design. by comparing the conditions before being given pretest treatment and after being given posttest treatment. Data collection methods used are the method of observation, interviews, and documentation. The sampling technique used is saturated sampling technique. The sample of this study was 15 children from all groups A. The analysis technique used was a nonparametric statistical analysis technique with the Wilcoxon Match Pairs Test. The table is 0 <20 (α = 0.01), so H0 is rejected and Ha is accepted and it can be stated that there is a significant influence of the Fun Book Learning learning media on the development of group A kindergarten children Dharmawanita Gedangan Kutorejo District Mojokerto Regency.
Abstrak
Pembelajaran PAUD pada hakikatnya adalah belajar seraya bermain, bermain seraya belajar. Hal ini sesuai dengan karakteristik anak usia dini yang aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, maka aktifitas bermain merupakan bagian dari proses pembelajaran. Untuk itu, pembelajaran pada pendidikan anak usia dini harus dalam suasana yang menyenangkan agar anak merasa tidak terbebani dalam mencapai perkembangannya. Pembelajaran yang inovatif efektif dan menyenangkan merupakan pembelajaran yang dibutuhkan anak saat ini.Media pembelajaran Fun Book Learningdiharapkan mampu mempengaruhi perkembangan anak, baik dari aspek moral agama, bahasa, kognitif, fisik motorik, maupun social emosional.Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Fun Book Learning Terhadap Perkembangan Anak Kelompok A. Dimana seluruh kegiatan yang ada di dalam media pembelajaran Fun Book Learning ini sudah disesuaiakan dengan capaian perkembangan pada kurikulum 2013.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs dengan jenis One-Grup Pretest-Posttest Design.dengan membandingkan keadaan sebelum diberi perlakuan Pretest dan sesudah diberi perlakuan Posttest.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Sampel dari penelitian ini adalah 15 anak dari seluruh kelompok A. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik nonparametrik dengan Wilcoxon Match Pairs Test (Uji jenjang Bertanda Wilcoxon)Berdasarkan Hasil uji jenjang bertanda wilcoxon menunjukkan Thitung adalah 0 dan Ttabel adalah 20. Dimana Thitung < Ttabel yaitu 0<20( α=0,01), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh signifikan media pembelajaran Fun Book Learning terhadap perkembangan anak kelompok A TK Dharma wanita Gedangan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto.
Kata Kunci: fun book learning, perkembangan anak
References
Ahmad, S. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana
Media, G., & Azhar, A. (2011). Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Jalaludin. (2002). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: PerdanaPublishing
Masitoh., Setiasih., & Djoehaeni. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, DirektoratPembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Mulyasa.(2017). Strategi Pembelajaran PAUD.Bandung: PT Remaja Rosdakarya Slamet Suyanto. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
________ (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.. Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta
PDF downloads: 462