PERANAN EKONOMI KELUARGA DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PAUD LAMTUBA ACEH BESAR
Abstract
This study aims to observe the role of the family economy in increasing student enthusiasm in PAUD Lamtuba Aceh Besar. The method used is a qualitative method. Data collection is a census where all students and parents are taken by questionnaire data. Data obtained through observation interviews or observations, documentation. The research shows that the family economy has a positive effect on the education of Lamtuba PAUD students. The recommendation that can be given for this research is that it is necessary for government intervention in providing subsidies in the form of freeing the cost of education of students and assistance in teaching facilities and learning facilities, buildings. also a playground for early childhood education.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati peranan ekonomi keluarga dalam meningkatkan semangat belajar siswa di PAUD Lamtuba Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengambilan data adalah secara sensus dimana semua siswa beserta orang tua diambil data kuisioner. Data diperoleh melalui wawancara observasi atau pengamatan, dokumentasi. Dari penelitian menunjukkan bahwa ekonomi keluarga berpengaruh positif terhadap pendidikan siswa PAUD Lamtuba. Rekomendasi yang dapat diberikan untuk penelitian ini bahwa perlu campur tangan pemerintah dalam memberi subsidi berupa pembebasan biaya pendidikan anak didik dan bantuan fasilitas serta sarana belajar mengajar, gedung. juga alat bermain kepada PAUD.
Kata Kunci: ekonomi keluarga, siswa PAUD, semangat belajar
References
Elmanora, et. all. (2017). Lingkungan Keluarga Sebagai Sumber Stimulasi Utama Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah, Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2)
Hastuti D, et. all. (2013). Hubungan Karakteristik Sosial Ekonomi Rumah Tangga Dengan Pemenuhan Hak Anak Di Wilayah Dampingan Plan International Indonesia Program Unit Sikka, Nusa Tenggara Timur, Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 3(2)
https://www.tribunnews.com/tribunners/2018/06/28/peran-keluarga-dan-masyarakat-pada-pendidikan-anak (akses: 5 September 2019)
https://tirto.id/mengapa-ada-kesenjangan-kosakata-balita-keluarga-miskin-kaya-cyVL (akses: 5 September 2019)
https://media.neliti.com/media/publications/56713-ID-teori-pendidikan-keluarga-dan-tangung-ja.pdf (akses: 5 September 2019)
Indra, M. (2016). Pembelajaran Terpadu pada Siswa Miskin Pendidikan Usia Dini di Pekanbaru, Jurnal Obsesi. 2(2) Rima Nurul A, Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Alat Peraga Edukatif Puzzle (Studi Kasus Di Sps Al-Bidayah Kec. Rongga) Rima Nurul Azmi Sps Al-Bidayah, Empowerment. 2018;1(2)
Rompas KF, et.all. (2016). Hubungan Antara Sosial Ekonomi Keluarga Dengan Status Gizi Pada Pelajar Di SMP Wilayah Kecamatan Malalayang Kota Manado, Jurnal Pharmacon, Vol.5, No.4. Tedjawati M(2016) Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Dalam Pos PAUD Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16(4)
Wahyuni, Y. S. (2017). Analysis of Government Policy on Education: Korelasi Tingkat Ekonomi Keluarga Dengan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 3(1).
PDF downloads: 157