PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang
Keywords: Animated film media, preliminary knowledge, narrative writing

Abstract

This research is motivated by students having difficulty in writing narration and the low value obtained by students in writing narration. For this reason, a new breakthrough in learning to write narrative is needed, namely by using animated film learning media. The purpose of this study isto obtain information about the influence of the use of animated film media and initial knowledge of narrative writing skills in fifth grade students of the 11th Elementary School in Kampung Jawa, Solok City. This type of research is quasy experiment. The population is all grade V students consisting of 2 classes with a total of 40 people. Sampling was done by purposive sampling technique. Research data were collected using initial knowledge tests and narrative writing skills tests. The results showed that there was an influence of animated film media and initial knowledge on narrative writing skills in fifth grade students of the 11th Elementary School in Kampung Jawa, Solok City. The recommendation of this study is that animated film media can be submitted as a rationale that animated film media and initial knowledge are factors that can improve narrative writing skills.

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa mengalami kesulitan dalam menulis narasi dan rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam menulis narasi. Untuk itu, perlu terobosan baru dalam pembelajaran menulis narasi yaitu dengan menggunakan media pembelajaran film animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh penggunaan media film animasi dan pengetahuan awal terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VSekolah Dasar Negeri 11 Kampung Jawa Kota Solok.Jenis penelitian adalah quasy eksperiment.Populasinya adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 40 orang.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes pengetahuan awal dan tes keterampilan menulis narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh media film animasidan pengetahuan awal terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Kampung Jawa Kota Solok. Rekomendasi penelitian ini adalah media film animasidapat diajukan sebagai dasar pemikiran bahwa media film animasidan pengetahuan awal merupakan faktor yang dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi.

Kata Kunci: Media film animasi, pengetahuan awal, menulis narasi

References

Astuti, Y.W, & Ali, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Film Animasi terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasi, 2(2).

Budiyono. (2009). Statistika Dasar untuk Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

De La Paz, S. (1999). Teaching Writing Strategies and Self Regulation Procedures to Middle School Students With Learning With Disabilities. Proquest Journal, 31(5), 1-5.

Dickey, M, D. (2006). Game Design Narrative for Learning Appropriating Adventure Game Design Narrative Devices and Technique for the Design of Interactive Learning Environments.Proquest journal page 245.

Hujair A, H.S. (2008). Media Pembelajaran. Jogjakarta: Safiria Insania Press

Keraf, G. (2007). Narasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Leahey, T, H., & Hariss, R. J. (1985). Human Englewood Cliff. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Lowe, R.K. (2004). Animation and Learning Value for Money. Diakses tanggal 29 Juli 2017 dari www.ascilite.org.au/conferences/perth04/procs/pdf/lowe-r.pdf

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sardiman, A dkk. (2006). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subandi, Ahmad Utman, Hari Satrijono, Suhartiningsih. (2012). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Sugestif dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas V SDN Arjasa 02 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi Unej,ISSN 2354-614X I (I): 1-4.

Sukmaniar, F., & Ngadino, K. (2012). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan media Pembelajaran Film Animasi. Jurnal PGSD Univesitas Sebelas Maret.

Tarigan, H.G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Article Metrics
Abstract views: 745
PDF downloads: 667
Published
2019-09-30
How to Cite
Mega Prasrihamni. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Buah Hati , 6(2), 122-134. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.585
Section
Articles