KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Eka Setiawati STKIP Setia Budhi Rangkasbitung
  • Munda Sari STKIP Setia Budhi Rangkasbitung
Keywords: Independence

Abstract

This study aims to compare the independence of the child awaited at school and is not expected at school. This study uses a qualitative descriptive research method. The research subjects were 4 children who were children aged 5-6 years at Al-Mukhlishin Rangkasbitung Kindergarten, Lebak Regency. Data collection using observation, interviews, and documentation. From this research, it is known that the independence of children who are not waited for in school is more developed than the children who are invited when they are in school.

 

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemandirian pada anak yang ditunggu di sekolah dan tidak ditunggu di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya sebanyak 4 anak yang merupakan anak usia 5-6 tahun di TK Al-Mukhlishin Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini diketahui bahwa kemandirian pada anak yang tidak dituunggu di sekolah lebih berkembang dibandingkan anak yang ditunngu ketika di sekolah.

Kata Kunci: Kemandirian anak

References

Chairani, N., & Nurachmi, W. (2003). Biarkan Anak Bicara. Jakarta: Republika.

Fadlillah, M., & Lilif, M.K. (2016).Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

file:///C:/Users/OWNER/Downloads/2714-4730-1-PB.pdf . [Akses: 21 Februari 2018]

http://etheses.uin-malang.ac.id/2116/6/08410055_Bab_2.pdf [Akses: 2 Maret 2018]

https://erindarmayanti.wordpress.com/2012/02/21/kemandirian-pada-anak-prasekolah/ [Akses: 19 februari 2018]

Moleong., & Lexy, J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Muhadi, Y. (2016). Sudah Benarkan Cara Kita Mendidik Anak?. Yogyakarta: DIVA Press.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Nurani S., & Yuliani. (2013). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: PT Indeks.

Rakhma, E. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Anak.Yogyakarta: Stileto Book.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak, Edisi ketujuh, jilid dua. Jakarta: Erlangga.

Syafaruddin., & Asrul, D. (2012). Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing.

Tim Pustaka Familia. (2006). Membuat Prioritas, Melatih Anak Mandiri. Yogyakarta: Kanisius.

Winarni, S. (2013). Upaya Meningkatkakn kemampuan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Di Kelompok A. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Article Metrics
Abstract views: 2415
pdf downloads: 1806
Published
2019-03-31
How to Cite
Eka Setiawati, & Munda Sari. (2019). KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Buah Hati , 6(1), 46-52. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i1.931
Section
Articles