EFEKTIVITAS PERMAINAN WAYANG HURUF HIJAIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA KELOMPOK A DI TK IKAL DOLOG BANDA ACEH
Abstract
The title of this research is "The Effectiveness of the Hijaiyah Letters Puppet Game in Improving the Ability to Recognize the Hijaiyah Letters in Group A at the TK Ikal Dolog Banda Aceh ". In reading hijaiyah letters, a skill and potential are needed that must be developed. If the child's potential is not developed continuously and consistently, then that potential is lost slowly. Therefore, it is needed a serious habituation in introducing hijaiyah letters. Game puppet letters hijaiyah is one of the quick ways in learning to recognize letters hijaiyah well. This study aims to determine the effectiveness of hijaiyah puppet play in introducing hijaiyah letters. This research is a quantitative research pre-experimental one group pretest-posttest design. Subjects in this study were all children of Group A at TK Ikal Dolog Banda Aceh. The instrument of this study was the pre-test and post-test oral test sheets. The technique used in data analysis is data processing of the initial oral test and the final oral test (pre-test post-test), normality test, homogeneity test, hypothesis testing and conclusion drawing. The results of this study indicate that there is an effective influence on the Hijaiyah Letters Puppet Game in Improving the Ability to Recognize the Hijaiyah Letters in Group A in Ikal Dolog Banda Aceh Kindergarten. It was shown that based on the results of testing the hypothesis t count> t table, which is 6.21> 2.16, so the hypothesis ha in this study was accepted. Thus from the results of the study stated that the hypothesis ha accepted (Ha), namely the puppet game hijaiyah letters effective in improving the ability to recognize letters hijaiyah in group A kindergarten children Ikal Dolog Banda Aceh.
Abstrak
Judul Penelitian ini adalah “Efektivitas Permainan Wayang Huruf Hijaiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Kelompok A Di TK Ikal Dolog Banda Aceh”. Dalam membaca huruf hijaiyah, di perlukan suatu keterampilan dan potensi yang harus di kembangkan. Jika potensi anak tidak di kembangkan secara kontinyu dan konsisten, maka potensi tersebut menjadi hilang secara perlahan-lahan. Oleh karena itu, di perlukan suatu pembiasaan yang sungguh-sungguh dalam mengenalkan huruf hijaiyah. Permainan wayang huruf hijaiyah merupakan salah satu cara cepat dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan wayang huruf hijaiyah dalam mengenalkan huruf hijaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-experimental one group pretes-posttes design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok A di Tk Ikal Dolog Banda Aceh. Adapun instrumen penelitian ini adalah lembar tes lisan pre-test dan post-test. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengolahan data tes lisan awal dan tes lisan akhir( pre-test post-test ), uji normalitas, uji homogenitas, pengujian hipotesis dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efektif Permainan Wayang Huruf Hijaiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Kelompok A Di TK Ikal Dolog Banda Aceh. Hal ini ditunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis t hitung> ttabel, yaitu 6,21 > 2,16, sehingga hipotesis ha dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian dari hasil penelitian dinyatakan bahwa hipotesis ha diterima (Ha) yaitu permainan wayang huruf hijaiyah efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak kelompok A TK Ikal Dolog Banda Aceh.
Kata kunci: Efektivitas, Permainan Wayang Huruf Hijaiyah, Huruf Hijaiyah
References
Amelia, L. dkk. (2017). “Efektivitas Permainan Wayang Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di TK kartika xiv-11 banda aceh”.(online). Volum 4. No. 2. (http://buahhati. stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/41, 24 Oktober 2018. Hal 83,87.)
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Ghani, A. G. (2017). The Study Of Laban Movement Analysis (LMA) In Shadow Puppets Theatre. Estudios Sobre El Mensaje Periodistico, (online). Vol 23. No.1. (http://www.ucm.es/BUCM/revistas/portal/modulon.php?name=Revistas2&id=ESMP, diakses 13 Desember 2018).
Hakim, A. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Di Taman Kanak-Kanak (Analisis Deksriptif Di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). Jurnal pendidikan islam, (online). Vol. V, No. 1 (http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib, diakses 14 Desember 2018)
Hasibah, S. (2017). Efektivitas Metode Iqro’ Modifikasi Dengan Teknik Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Anak Usia Di Kb Paud Melati Banda Aceh. Banda Aceh: Program Studi PG PAUD STKIP BBG
Khairani. (2015). Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Arab Melalui Media Huruf Hijaiyyah di Kelompok B TK Al- Qur’an I Samahani,Skripsi Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.
Srijatun. (2017). “Implementasi Pembelajaranbaca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal, jurnal pendidikan islam, (online) 11(1), (http://journal.walisongo.ac.id/index.php/nadwa, diakses 14 Desember 2018).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susilo, S. (2016). Pedoman Penyelenggaraan PAUD. Jakarta: Bee Media Pustaka.
pdf downloads: 900