https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/issue/feed Jurnal Buah Hati 2023-11-03T05:13:11+07:00 Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini lppm@bbg.ac.id Open Journal Systems <p><span title="">Buah Hati Journal (e-ISSN 2502-6836 and p-ISSN 2355-102X)&nbsp;</span><span title="">is a periodical scientific publication dedicated to lecturers, students and educational observers to disseminate relevant studies, thinks and research results in early childhood education.</span><span title="">Any visitor to this site can browse abstracts, read journal contents and download PDF files. Buah Hati journal is published twice a year March and September.</span></p> https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/2202 INTEGRASI METODE DRILL DALAM MATA KULIAH FIQIH ANAK USIA DINI 2023-09-30T22:45:30+07:00 Ayi Teiri Nurtiani airin_thea@yahoo.com T. Zulfikar ayir@bbg.ac.id Silahuddin Silahuddin ayir@bbg.ac.id <p>Kemampuan guru PAUD dalam melafalkan dan melakukan praktek fiqih ibadah dengan tepat adalah sebuah keniscayaan karena mereka akan menerapkannya dalam mengajarkan anak usia dini kelak. Hal ini sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, karena tata peribadahan dikenalkan sejak dini agar kelak mereka tumbuh menjadi manusia yang taat, bertakwa, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Maka, integrasi metode <em>drill</em> pada mata kuliah fiqih AUD harus dipakai dalam setiap pembelajaran karena sangat bermanfaat besar dalam mengasah keterampilan mahasiswa PG-PAUD baik dalam pelafalan doa-doa dan praktek ibadah meliputi tata cara wudhu, tata cara shalat, tata cara zakat, tata cara puasa dan tata cara haji sebagai calon guru PAUD. Metode penelitian melalui pendekatan <em>mixed method</em>, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan observasi serta teknik analisis data menggunakan triangulasi, deskriptif dan statistic sederhana dalam bentuk persentase. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa berasal dari lulusan SMA dan mayoritas mendapatkan pengetahuan agama dari sekolah. Sedangkan pengetahuan dasar dari fiqih ibadah mereka dimana mayoritas dapat melafalkan makhraj dan praktek ibadah seperti wudhu dan shalat, kecuali praktek ibadah haji &amp; umrah. Sedangkan integrasi metode <em>drill</em> dalam mata kuliah fiqih Anak Usia Dini meliputi: 1) penjelasan pengantar materi fiqih Anak Usia Dini; 2) penjelasan dan demonstrasi materi fiqih ibadah; 3) setiap kelompok latihan dalam mempraktekkan fiqih ibadah sesuai dengan materinya masing-masing, sementara yang lain memperhatikan; 4) seluruh mahasiswa latihan bersama-sama dalam mempraktekkan fiqih ibadah dan latihan individu sebagai tugas yang akan dievaluasi hasilnya.<br><br><br><strong>Abstract<br></strong><em>The ability of PAUD teachers to pronounce and practice religious jurisprudence correctly is a necessity because they will apply it in teaching early childhood children in the future. This is very important for the growth and development of young children, because the rules of worship are introduced from an early age so that in the future they will grow up to be obedient, pious people, carrying out God's commands and avoiding his prohibitions. So, the integration of the drill method in AUD fiqh courses must be used in every lesson because it is very beneficial in honing PG-PAUD students' skills both in reciting prayers and worship practices including ablution procedures, prayer procedures, zakat procedures, fasting and Hajj procedures as a prospective PAUD teacher. The research method uses mixed method, with data collection techniques using questionnaires, test and observations as well as data analysis techniques using </em><em>triangulation,</em> <em>descriptive and simple statistics in the form of percentages. The research results from the questionnaire showed that the majority of students came from high school graduates and the majority gained religious knowledge from school. Meanwhile, their basic knowledge of religious jurisprudence means that the majority can recite makhraj and worship practices such as ablution and prayer, except for the practice of Hajj &amp; Umrah. Meanwhile, the integration of the drill method in the Early Childhood Education fiqh course includes: 1) an introductory explanation of the Early Childhood Education fiqh material; 2) explanation and demonstration of religious fiqh material; 3) each group exercises in practicing religious jurisprudence according to their respective material, while the others pay attention; 4) all students practice together in practicing religious jurisprudence and individual practice as a task whose results will be evaluated.</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> 2023-09-30T22:05:34+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Buah Hati https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/2276 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI 2023-10-02T08:08:39+07:00 Novita Ananda novitaananda20@gmail.com Parwoto Parwoto parwotounm@yahoo.com Sitti Nurhidayah Ilyas nurhidayah.ilyas@unm.ac.id <p>Pembelajaran yang baik yaitu ketika anak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan tidak hanya mengetahui konsep tetapi dapat mengembangkan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis <em>STEAM</em> dengan media <em>loose parts</em> terhadap kreativitas anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 orang anak berusia 5-6 tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 anak yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 8 anak dan kelompok kontrol yang berjumlah 8 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskripif dan statistik non parametrik. Setelah pemberian perlakuan, uji <em>Wilcoxon</em> untuk keterampilan kreativitas anak pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai sig.(2tailed) sebesar 0,012 &lt; 0,05 artinya terdapat perbedaan keterampilan kreativitas pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan&nbsp; bahwa pembelajaran berbasis <em>STEAM</em> dengan media <em>loose parts</em> efektif terhadap kreativitas anak usia dini.<br><br><br><strong>Abstract<br></strong><em>Good learning is when children are directly involved in the learning process and not only know concepts but can develop skills. This study aims to determine the effectiveness of STEAM-based learning with loose parts media on early childhood creativity. The approach used in this study is a quantitative approach with a quasi-experimental design. The population in this study amounted to 34 children aged 5-6 years. The sample in this study amounted to 16 children divided into 2 groups, namely the experimental group of 8 children and the control group of 8 children. The data analysis techniques used are descriptive statistics and non-parametric statistics. After administering the treatment, the Wilcoxon test for children's creativity skills in the experimental group showed sig values. (2tailed) of 0.012 &lt; 0.05 means that there are differences in creativity skills in the experimental group before and after treatment. Based on the results of the study, it can be concluded that STEAM-based learning with loose parts media is effective for early childhood creativity.</em><strong><br></strong></p> 2023-09-30T22:22:04+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Buah Hati https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/2288 PENGARUH KEGIATAN MELUKIS DENGAN BAHAN ALAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA AL-BADAR KABUPATEN TAKALAR 2023-09-30T22:45:33+07:00 Elvira Juni Utami elviraa.vira9601@gmail.com Syamsuardi Syamsuardi elviraa.vira9601@gmail.com Rusmayadi Rusmayadi elviraa.vira9601@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak kegiatan melukis dengan bahan alam terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK ABA Al-Badar Kabupaten Takalar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian <em>Quasi Ekperiment Design. </em>Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak usia 5-6 tahun di di TK ABA Al-Badar Kabupaten Takalar, dengan pengambilan sampel menggunakan <em>purposive sampling. </em>Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 32 anak, dimana 16 anak menjadi kelompok eksperimen dan 16 anak menjadi kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari uji prasyarat dan uji <em>independent sample t-test. </em>Berdasarkan hasil penelitian uji <em>independent sample t-test</em>, diperoleh nilai Equal variances assumed Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang kurang dari nilai alpa 0,05, berarti h<sub>0</sub> ditolak dan ha diterima yaitu ada perbedaan rata-rata perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK ABA Al-Badar Kabupaten Takalar. Dari hasil analisis <em>independent sample t-test</em> dapat dibuktikan hipotesis penelitian yang telah dirumuskan yaitu jika ada perbedaan rata-rata kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK ABA Al-Badar Kabupaten Takalar maka h<sub>0</sub> ditolak dan h<sub>1</sub> diterima. Kemudian mengalami peningkatan pada <em>pre-test</em> terdapat 10 anak dengan persentase 62,5% kategori Belum Berkembang (BB), terdapat 6 anak dengan persentase 37,5% masuk ke dalam kategori Mulai Berkembang (MB) dan <em>post-test </em>terdapat 2 anak dengan persentase 12,5% mulai berkembang (MB), 9 anak dengan persentase 56,25% yang berkembang sesuai harapan (BSH), tedapat 5 anak dengan persentase 31,25% berkembang sangat baik (BSB). Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan melukis dengan bahan alam terhadap kraetivitas anak usia 5-6 tahun di TK ABA Al-Badar Kabupaten Takalar.<br><br><br><strong>Abstract</strong><br><em>This research was conducted to determine the impact of painting activities using natural materials on the creativity of 5-6-year-old children at TK ABA Al-Badar in Takalar Regency. The research approach used was a quantitative approach with a Quasi-Experimental Design research design. The population in this study consisted of 5-6-year-old children at TK ABA Al-Badar in Takalar Regency, with sample selection using purposive sampling. The sample in this study consisted of 32 children, with 16 children in the experimental group and 16 children in the control group. Data collection techniques in this study included tests, observations, and documentation, while the data analysis technique used consisted of prerequisite tests and independent sample t-tests. Based on the results of the independent sample t-test, a Sig. (2-tailed) value of 0.000 was obtained, which is less than the alpha value of 0.05, meaning that H<sub>0</sub> is rejected and H<sub>1</sub> is accepted, indicating a difference in the average development of creativity in 5-6-year-old children at TK ABA Al-Badar in Takalar Regency. From the results of the independent sample t-test, it can be confirmed that the research hypothesis, which states that if there is a difference in the average creativity of 5-6- year-old children at TK ABA Al-Badar in Takalar Regency, then H<sub>o</sub> is rejected and H<sub>1</sub> is accepted. Then there was an increase in the pre-test, there were 10 children with a percentage of 62.5% in the Not Yet Developing (BB) category, there were 6 children with a percentage of 37.5% in the Starting to Develop (MB) category and in the post-test there were 2 children with the percentage 12.5% ​​were starting to develop (MB), 9 children with a percentage of 56.25% were developing according to expectations (BSH), there were 5 children with a percentage of 31.25% developing very well (BSB). It was concluded that there is an influence of painting activities using natural materials on the creativity of 5-6-year-old children at TK ABA Al-Badar in Takalar Regency.</em></p> 2023-09-30T22:44:54+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Buah Hati https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/2304 INTEGRASI MEDIA TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW 2023-10-11T14:38:49+07:00 Andi Irma Sarjani andiirma2210@gmail.com Syarfuni Syarfuni syarfuni@bbg.ac.id Aida Rahmi Nasution aidarahminasution@iaincurup.ac.id <p>Mengintegrasikan media teknologi informasi dalam pembelajaran bahasa dapat&nbsp; &nbsp;menghasilkan informasi terbaru untuk meningkatkan keterampilan dan penguasaan bahasa khususnya pada anak usia dini. Metode penelitian menggunakan Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi&nbsp; dan&nbsp; mereview&nbsp; semua&nbsp; artikel&nbsp; terkait&nbsp; pendidikan&nbsp; masa 2018 –2023. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 36 artikel jurnal nasional dan terakreditasi yang diperoleh dari Google Scholar, Research Gate, SINTA, DOAJ. Berdasarkan penelitian ini&nbsp;&nbsp;&nbsp; diperoleh&nbsp;&nbsp;&nbsp; data&nbsp;&nbsp;&nbsp; bahwa&nbsp;&nbsp;&nbsp; integrasi media berbasis teknologi dalam pembelajaran&nbsp; dapat menciptakan&nbsp; ketertarikan&nbsp; anak&nbsp; usia&nbsp; dini,&nbsp; menarik&nbsp; perhatian,&nbsp; membuat anak lebih senang dan termotivasi untuk belajar dan mempercepat penguasaan bahasa.<br><br><br><strong>Abstract<br></strong>Integrating information technology media in language learning can produce the latest information to improve language skills and mastery, especially in early childhood. The research method used Systematic Literature Review. Data collection was carried out by documenting and reviewing all articles related to education during 2018-2023. The articles used in this study were 36 national and accredited journal articles obtained from Google Scholar, Research Gate, SINTA, DOAJ. Based on this research, it is found that the integration of technology-based media in learning can create early childhood interest, attract attention, make children happier and more motivated to learn and accelerate language acquisition.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> 2023-10-11T14:15:46+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Buah Hati https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/2316 UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN NATURALIS DENGAN PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SATU ATAP SD LAMBIRAH ACEH BESAR 2023-11-03T05:13:11+07:00 Lili Kasmini lili@bbg.ac.id Khairun Nisak Khairunnisa@gmail.com Riza Oktariana rizaoktariana@bbg.ac.id <p>Kecerdasan naturalis adalah keahlian mengenali dan mengatagorikan spesies yaitu flora dan fauna di lingkungan sekitar, mengenali keberadaan spesies, memetakan hubungan antar spesies. Kecerdasan ini juga meliputi kepekaan pada fenomena alam lainnya(misalnya:formasi awan dan gunung-gunung), dan bagi mereka yang dibesarkan di lingkungan perkotaan, kemampuan membedakan benda tak hidup, seperti mobil, sepatu karet, dan sampul kaset.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah upaya menigkatkan kemampuan naturalis anak melalui media bahan alam di TK Satu Atap SD Lambirah Aceh Besar. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimanakah upaya menigkatkan kemampuan naturalis anak melalui media bahan alam di TK Satu Atap SD Lambirah Aceh Besar. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Lembar observasi adalah kegiatan mengamati aktivitas anak untuk memperoleh data tentang kegiatan mencocok gambar. Jumlah sampel adalah 10 anak dan data peneliti dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi aktivitas anak pada siklus I jumlah perolehan dengan kategori belum berkembang 40% (4 anak), kategori mulai berkembang 20% (2 anak) kategori berkembang sesuai harapan 20% (2 anak) dan kategori berkembang sangat baik 20% (2 anak). Sedangkan siklus II tidak ada kategori belum berkembang 10% (1 anak), mulai berkembang 10% (1 anak), kategori berkembang sesuai harapan adalah 10% (1 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 70% (7 anak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan naturalis anak kelompok B di TK Satu Atap SD Lambiran Aceh Besar.<br><br><br><strong>Abstract<br></strong>Naturalist intelligence is the skill of recognizing and categorizing species, namely flora and fauna in the surrounding environment, recognizing the existence of species, mapping the relationship between species. This intelligence also includes sensitivity to other natural phenomena (eg: cloud formations and mountains), and for those who grew up in an urban environment, the ability to distinguish non-living objects, such as cars, rubber shoes, and cassette covers. namely how to improve children's naturalist abilities through the media of natural materials in One Roof Kindergarten SD Lambirah Aceh Besar. The aim is to find out how to improve children's naturalist abilities through the media of natural materials in the One Roof Kindergarten of SD Lambirah Aceh Besar. The method used is Classroom Action Research (CAR). The instrument used is an observation sheet. Observation sheet is an activity to observe children's activities to obtain data about matching pictures. The number of samples was 10 children and the researcher's data were analyzed using the percentage formula. The results showed that in the description of the observation of children's activities in the first cycle the number of acquisitions was in the undeveloped category of 40% (4 children), the category began to develop 20% (2 children) the category developed as expected 20% (2 children) and the category developed very well 20 % (Two children). While the second cycle there is no category not yet developed 10% (1 child), starting to develop 10% (1 child), developing category as expected is 10% (1 child) very well developing category is 70% (7 children). Based on these data, it can be concluded that using natural materials media can improve the naturalist abilities of group B children in One Roof Kindergarten, Lambiran Elementary School, Aceh Besar.</p> 2023-10-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Buah Hati