HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PARITAS TERHADAP KEPATUHAN IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM MELAKSANAKAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PMB ERNIATI

  • Reva Afdila STIKes Bustanul Ulum Langsa
  • Mahruri Saputra Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Pengetahuan, ibu hamil trimester III, kunjungan antenatal care

Abstract

Antenatal care (ANC) merupakan suatu komponen dalam pelayanan kesehatan ibu hamil terpenting untuk meminimalkan serta menurunkan tingkat AKI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan paritas terhadap kepatuhan ibu hamil trimester III dalam melaksanakan kunjungan antenatal care di PMB Erniati, Amd.Keb Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara. Jenis penelitian ini bersifat analitik dengan desain studi “cross sectional”, dengan sampel sebanyak 35 orang dari total sampling yaitu seluruh ibu hamil trimester III yang ada di PMB Erniati, Amd.Keb Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 9 sampai dengan 22 Agustus 2022 dengan metode pengukuran penyebaran kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan analisa univariat dan bivariat yang digunakan yaitu uji chi square. Hasil analisis univariat diperoleh bahwa tingkat pengetahuan ibu sebagian besar berada pada kategori kurang sebanyak 51%, paritas ibu sebagian besar berada pada kategori multipara sebanyak 57% dan kepatuhan ibu hamil trimester III dalam melaksanakan kunjungan antenatal care (ANC) sebagian besar berada pada kategori tidak patuh sebanyak 71% sedangkan hasil analisis bivariat diperoleh bahwa terdapat hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan ibu hamil trimester III dalam melaksanakan kunjungan antenatal care (ANC) dengan nilai p value sebesar 0.001 dan terdapat hubungan bermakna antara paritas dengan kepatuhan ibu hamil trimester III dalam melaksanakan kunjungan antenatal care (ANC) dengan nilai p value sebesar 0.000. Diharapkan kepada ibu hamil agar dapat menambah informasi dan pengetahuan mengenai hubungan pendampingan suami dengan tingkat kecemasan ibu dalam persalinan.

References

DAFTAR PUSTAKA
Anggraeny, E. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Status Paritas dengan Keteraturan Kunjungan Antenatal Care (ANC) pada Ibu Hamil di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Yogyakarta : Universitas ‘Aisyiyah.

Aprindah, R. (2017). Hubungan Umur dan Paritas dengan Kejadian Abortus Inkomplit di Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Bunda Kota Kendari. Kendari : Politeknik Kesehatan Kendari.
Asihani, D. (2015). Hubungan Antara Persepsi dan Sikap Ibu Hamil tentang Antenatal Care dengan Kunjungan Pemeriksaan Kehamilan di Rumah Bersalin Permata Bunda Sragen. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Asrinah, dkk. (2015). Asuhan Kebidanan Masa Kehamilan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Carpenito, L.J. (2014). Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Jakarta : EGC.

Debora, V. (2018). Perbedaan Tingkat Pengetahuan, Persepsi dan Pengalaman Terhadap Penggunaan Obat Generik pada Mahasiswa Kedokteran dan Non Kedokteran di Universitas Lampung. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Depkes, RI. (2014). Pedoman Pelayanan Antenatal di Tingkat Pelayanan Dasar Puskesmas. Jakarta : Pusdiknakes.

Dinas Kesehatan Aceh. (2017). Profi Kesehatan Aceh Tahun 2017. Aceh : Dinkes Aceh.

Hani, U. dkk. (2014). Asuhan Kebidanan pada Kehamilan Fisiologis. Jakarta : Salemba Medika.

Hardiani, R.S. & Purwanti, A. (2014). Motivasi dan Kepatuhan Kunjungan Antenatal Care (ANC) pada Ibu Hamil Trimester III. Yogyakarta : Jurnal Keperawatan.

Indriani, F. (2014). Pengaruh Pendamping Persalinan dan Paritas Terhadap Pengurangan Rasa Nyeri Kala I Fase Aktif pada Ibu Bersalin Normal. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Kemenkes, RI. (2015). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta : Kemenkes, RI.

Komariyah, S. (2016). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Hamil tentang Pemeriksaan Kehamilan dengan Kunjungan Pemeriksaan Kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Sukorame Mojoroto Kediri. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Kusumo, B.A. (2016). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Multigravida dengan Kepatuhan Kunjungan Antenatal Care di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura. Surakarta : Universitas Muhammadiyah.

Makausi, E. dkk. (2019). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Antenatal Care Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Beresiko Tinggi di Puskesmas Amurang.Tomohon : Universitas Sariputra Indonesia.

Marbun, R.M. (2015). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil tentang Kunjungan Kehamilan di Puskesmas Padang Bulan Selayan II Kecamatan Medan Selayang. Medan : STIKes Sumatera Utara.

Nofia, W. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan Ibu Tentang Pijat Bayi di Polindes Desa Klieng Cot Aron Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Banda Aceh : STIKes U’Budiyah.

Padila. (2014). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Yogyakarta : Nuha Medka.

Pratiwi, D.A (2014) Angka Kematian Ibu Di Indonesia Masih Jauh Dari Target MDGs 2015. Diakses pada tanggl 5 Mei 2019.

Rachmawati, A.I. dkk. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Antenatal Care (ANC) Ibu Hamil. Lampung : Fakultas Kedokteran.

Rahadian, A. (2019). Kematian Ibu dan Upaya-Upaya Penanggulangannya.Diakses pada tanggal 15 Juni 2019.

Ramadian, N. (2014). Hubungan Antara Frekuensi Antenatal Care dengan Kematian Perinatal di RSUD DR. Moewardi Surakarta. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Sukarni, K.I. & Wahyu, P. (2015). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Yogyakarta : Nuha Medika

Sulistyawati, A. (2015). Asuhan Kebidanan pada Masa Kehamilan. Jakarta : Salemba Medika.

Sunarti. (2016). Asuhan Kehamilan. Jakarta : Mitra Wacana Medika .

Utami, A.D. (2015). Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil TM III dalam Melakukan Kunjungan Ulang ANC (K4) di Puskesmas Girimulyo 1 Kulon Progo Yogyakarta. Yogyakarta : STIKes Jenderal Achmad Yani.

Yulizawati, dkk. (2017). Buku Ajar Asuhan Kebidanan pada Kehamilan. Padang : CV. Rumahkayu Pustaka Utama.
Article Metrics
Abstract views: 482
PDF downloads: 560
Published
2023-02-17
Section
Articles