PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS TERHADAP CLINICAL INSTRUCTUR (CI) DENGAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PRAKTIK KLINIK DI RSUD dr. ZAINOEL ABIDIN
Abstract
Mahasiswa profesi keperawatan melaksanakan dua tahap pendidikan keperawatan yaitu pendidikan akademik dan pendidikan profesi. Pendidikan profesi dapat dilalui dengan proses pembelajaran klinik untuk mengaplikasikan teori ke dalam situasi klinik secara nyata. Pembelajaran klinik dapat dikatakan berhasil jika mahasiswa dapat mencapai kompetensi kliniknya. dalam pencapaian kompetensi praktik klinik mahasiswa dapat dipengaruhi beberapa faktor. Berdasarkan hasil survey awal pada tanggal 15 maret 2022 yang dilakukan di RSUD dr.Zainoel Abidin provinsi Aceh diperoleh data Sebanyak 739 Mahasiswa pendidikan profesi ners yang menjalani praktik klinik dari tahun 2021-2022, terdapat rata-rata data mahasiswa Ners yang praktek perbulan di RSUD dr.Zainoel Abidin Provinsi Aceh sebanyak 130 Mahasiswa. Tujuan Untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan profesi ners terhadap kompetensi, profesional, komunikasi Clinical Instructur dengan pencapaian kompetensi praktik klinik. Metode penelitian Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, Menggunakan pendekatan korelasional dengan jumlah sampel 98 Orang. Adapun cara pengumpulan data yag digunakan dengan cara meyebarkan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah Ada hubungan Kompetensi clinical instruktur (CI) Dengan Pencapaian Kompetensi praktik klinik dengan nilai P value 0, 000 = Ha diterima. Ada hubungan Profesional clinical instruktur (CI) Dengan Pencapaian Kompetensi praktik klinik dengan nilai P value 0,000 = Ha diterima. Ada hubungan komunikasi clinical instruktur (CI) Dengan Pencapaian Kompetensi praktik klinik dengan nilai P value 0.000 = Ha diterima. Kesimpulan Dan Saran dapat dijadikan Sebagai masukan atau penambahan wawasan, iformasi dan referensi yang nantinya dapat dipraktikan sendiri oleh mahasiswa mengenai persepsi mahasiswa pendidikan profesi ners terhadap Clinical Instructur dengan pencapaian kompetensi praktik klinik.
References
AIPNI (2012). Pembinaan Internal Anggota AIPNI dalam Implementasi KBK Pendidikan Ners. S.
AIPNI (2018) Sinersi Hadirkan Sukses Uji Kompetensi Ners Indonesia. Jakarta:
Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia.
AIPNI. 2015. Draft Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia.
Alifah & Rochana (2017). Hubungan Persepsi Mengenai Pembimbing Klinik Terhadap Pencapaian Kompetensi Klinik Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Jurusan Keperawatan. Online Di : Http//Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/
Apriyanti (2017). Persepsi Mahasiswa Keperawatan Mengenai Pemimbingan Klinik Di Akper Dharma Wacana Metro. Wacana Kesehatan Vol.2, No.2.
Ariga, R. A. (2020a) Buku Ajar Implementasi Manajemen. Edited by C.T. Siregar.
Ariga, R. A. (2020b) Soft Skills Keperawatan di Era Milenial 4.0. Yogyakarta:
Asmadi. (2008). Teknik Prosedural Keperawatan: Konsep dan Aplikasi.
BAN PT (2014). Naskah Akademik Akreditasi Program Studi Ners, Jakarta: BAN PT.
Bobaya J. Killing, M.A. Laoh, J.M. Losu, N. 2015. Pembimbing Klinik dengan Pencapaian Targe Badan Layanan Umum Juperido 4(1):20–31.
Depdiknas. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Jayanti & Arista (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Kompetensi, Vol 12, No 2, Oktober 2018
Masturoh & Anggita. (2018). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Nurdin & Hartati. (2019). Buku Metodelogi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia. Surabaya.
Nursalam. (2012). Manajemen Keperawatan, Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 3. Salemba Medika : Jakarta
Oktorullah, Pratiwi, Setyorini & Permana (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Efektivitas Pembimbing Klinik. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan. Volume 6, Issue 2.
Permendikbud (2013). Peraturan menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66
tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan
Sarwono.(2010).Ilmu Kebidanan.Jakarta : PT. Bina Pustaka.
Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja (Edisi Ke 3). Jakarta : Rajawali Pers.
Widyantoro, Hidayat & Widyastuti (2021). Clinical Instructure Training Program Untuk Perawat Pelaksana Rumah Sakit Mitra Siaga. Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, Vol.2, No. 1.
Yoedo Shambodo (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Khalayak Mahasiswa Pendatang Ugm Terhadap Siaran Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol.1, No. 2.
Yusuf. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

