UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GENIALLY DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MALANG

  • Nurlaily Khoirun Ni’mah Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Warsiman Warsiman Universitas Brawijaya
  • Titik Hermiati SMA Negeri 5 Malang, Indonesia
Keywords: interest in learning, online learning, Genially media, CAR

Abstract

The online learning process during the COVID-19 pandemic resulted in students boredom. The online learning process which tends to be monotonous and too serious can make students less interested in participating in learning. The solution that can be done to overcome these problems is to carry out the learning by using Genially. This research was conducted for a month. The research method used is Classroom Action Research (CAR). The data were analyzed quantitatively and qualitatively. Quantitative data was collected from the results of pre-test and post-test activities, while qualitative data is in the form of a questionnaire given in the form of google forms that described qualitatively. The results obtained based on pre-test and post-test activities, showed that the interest in learning of grade X MIPA 4 students at Senior High School 5 Malang in Indonesian online learning had increased. It can be seen from the average that increased in the percentage of student interest in learning by 17.94%. Based on these results, it can be concluded that students' interest in Indonesian online learning in grade X students of Senior High School 5 Malang can be increased through learning by using Genially.

Abstrak

Proses pembelajaran yang dilakukan secara daring selama pandemi covid-19 mengakibatkan siswa merasa bosan. Proses pembelajaran daring yang cenderung monoton dan terlalu serius dapat membuat siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melaksanakan pembelajaran menggunakan media Genially. Penelitian ini dilakukan selama sebulan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan dari hasil kegiatan pratindakan dan pascatindakan, sedangkan data kualitatif berupa angket yang diberikan dalam bentuk google forms dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan kegiatan pratindakan dan pascatindaan, menunjukkan minat belajar siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 5 Malang dalam pembelajaran daring Bahasa Indonesia mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari rata-rata peningatan persentase minat belajar siswa sebesar 17,94%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan, bahwa minat belajar siswa dalam pembelajaran daring Bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang dapat ditingkatkan melalui pembelajaran menggunakan media Genially.

Kata Kunci: minat belajar, media Genially, pembelajaran daring, PTK

References

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Akbar, Sa’dun. 2008. Penelitian Tindakan Kelas: Filosofi, Metodologi, Implementasi. Yogyakarta: Cipta Media.
Aqib, Z. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman: Penerbit Depublish.
DePorter, B., dkk. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Penerjemah Ary Nilandari). Bandung:Penerbit Kaifa.
Depdikbud. (1994). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PPPGSM. Dirjen. Dikti. Depdikbud.
Jefri, J., & Junaidi, J. (2019). “Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi 2019”. Jurnal Perspektif, 2(3), 125-132. https://dx.doi.org/10.24036/ perspektif.v2i3.75
Firman, F. dan Sari Rahayu. (2020). “Pembelajaran Online di Tengah Covid-19”. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659
Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Sleman: Penerbit Deepublsh.
Kaufeldt, M. 2008. Wahai Para Guru, Ubahlah Cara Mengajarmu: Perintah Pengajaran yang Berbeda-beda dan Sesuai dengan Otak. (Alih Bahasa: Hendarto Raharjo). Jakarta: PT Indeks.
Nurlizawati, N. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Di SMA Negeri 1 Pasaman”. Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 33-41. https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127
Rachmawati, T. dan Daryanto. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Rosalina, L,& Junaidi, J. (2020). “Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XII IPS di SMA Negeri 5 Padang”. Jurnal Sikola: Junal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24
Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfebeta.
Slameto, S. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sujanto, A. (2001). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Sylvia, I., Anwar, S., & Khairani, K. (2019). “Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Pendekatan Authentic Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 103–120. https://doi.org/10.24036/ scs.v6i2.162
Trianto, T. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract views: 167
pdf downloads: 130
Published
2022-01-30
How to Cite
Khoirun Ni’mah, N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GENIALLY DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MALANG. Jurnal Metamorfosa , 10(1), 1-10. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1731
Section
Articles