IMPLEMENTASI METODE ESTAFET WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI KONTEMPORER SISWA KELAS V SD NEGERI 47 BANDA ACEH

  • Hasniati. HZ Universitas Syiah Kuala
  • Mislinawati Mislinawati Universitas Syiah Kuala
  • Hasniyati Hasniyati Universitas Syiah Kuala
Keywords: Metode Estafet writing, Kemampuan Menulis, Puisi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas V SD Negeri 47 Banda Aceh dalam menulis puisi. Untuk mengatasi masalah ini, metode estafet writing diterapkan guna menciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi metode estafet writing dalam pembelajaran menulis puisi kontemporer pada siswa kelas V di SD Negeri 47 Banda Aceh, dan (2) mengetahui kemampuan menulis puisi kontemporer dengan metode estafet writing pada siswa kelas V di SD Negeri 47 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, subjeknya adalah siswa kelas V SD Negeri 47 Banda Aceh. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk kerja menulis puisi. Teknik analisis data menerapkan model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode estafet writing dalam pembelajaran menulis puisi kontemporer pada siswa kelas V di SD Negeri 47 Banda Aceh berjalan baik dan lancar. Metode ini berhasil menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan, sekaligus meningkatkan keaktifan, perhatian, minat, motivasi, serta kerja sama antar siswa. Selain itu, kemampuan menulis puisi kontemporer siswa kelas V SD Negeri 47 Banda Aceh dengan menggunakan metode estafet writing mendapatkan hasil yang sangat baik dan memuaskan. Dari enam kelompok yang terlibat, seluruhnya memperoleh nilai dengan kategori "Baik Sekali (A)".


Abstract
This research is motivated by the low ability of fifth-grade students at SD Negeri 47 Banda Aceh in writing poetry. To address this issue, the estafet writing method was implemented to create engaging, enjoyable, and student-centered learning. This study aims to (1) describe the implementation of the estafet writing method in learning contemporary poetry writing for fifth-grade students at SD Negeri 47 Banda Aceh, and (2) assess the ability to write contemporary poetry using the estafet writing method among fifth-grade students at SD Negeri 47 Banda Aceh. This research employs a qualitative approach with a descriptive research type, and the subjects are fifth-grade students at SD Negeri 47 Banda Aceh. Data collection techniques include observation and performance tests in poetry writing. Data analysis uses the Miles and Huberman model, which includes data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The research results indicate that the implementation of the estafet writing method in learning contemporary poetry writing for fifth-grade students at SD Negeri 47 Banda Aceh is going well and smoothly. This method successfully creates a more engaging and enjoyable learning experience while enhancing students' activeness, attention, interest, motivation, and collaboration. Furthermore, the fifth-grade students’ ability to write contemporary poetry using the estafet writing method achieves very good and satisfying results. All six participating groups scored within the "Excellent (A)" category.

References

Asri, W. K., Dalle, A., & Azizah, L. (2020). Penerapan Metode Estafet Writing dalam Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Gambar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Gowa. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM, 935–940. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3552410

Boty, M., & Handoyo, A. (2018). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Mi Ma’had Islamy Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41–55. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2265

Finanti, A., & Santosa, B. (2023). Penerapan Metode Estafet Writing dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Larangan Brebes. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jik.v7i1.26200

Islamiah, F. N., Azis, S. A., & Latief, S. A. W. (2023). Meningkatkan kemampuan menulis melalui metode estafet writing pada siswa kelas IV SD Inpres Teladan Merpati Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 274–297. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.388

Jannah, R., Gunayasa, I. B. K., & Tahir, M. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Teks Puisi Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Dasan Baru Tahun Ajaran 2020/2021. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 121–126. https://jurnal.educ3.org/index.php

Marini, Antosa, Z., & Kurniaman, O. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Writing Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas IV SDN 006 Raja Bejamu Sinaboi [Thesis, Universitas Riau]. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/12501/12146

Nurgiyantoro, B. (2016). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Gadjah Madah University Press.

Nurhidayah, T., & Nugroho, R. A. (2024). Ancangan Pemanfaatan Media Film dalam Pembelajaran Menulis puisi di Sekolah Pesantren (Boarding School). Prosiding Seminar Daring Internasional Riksa Bahasa XVII, 202–207. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/3382

Pudjiati, I., Adi, T. T., & Hidayat, O. S. (2024). Teachers’ cHallenge to develop students’ creative thinking skills in acrostic writing poetry at elementary school. Jurnal Cakrawala Pendas, 10(1), 122–134. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v10i1.7864

Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi dan Teori Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. IJEETI: Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31

Rohilah, Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis puisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Estafet Writing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 148–155. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/618

Sari, M. P., & Hasanudin, C. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Metode Estafet Writing pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring): Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 893–898. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1346

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistiani, R. (2014). Penerapan metode estafet writing untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis puisi Bebas pada Siswa Kelas V SDN Cihanjuang I Kecamatan Parongpong [Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/15455

Sulistiyo, U. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Salim Media Indonesia.

Sya, M. S. (2020). (Bisa) Mudah Menulis Cerpen: Kumpulan artikel pembelajaran. Jejak Publisher.

Utami, S. E., Tiwana, E., Alfauzi, E., & Maharani, I. (2023). Analisis Kemampuan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMK Alwashliyah Pasar Senen Medan. PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.537

Article Metrics
Abstract views: 82
PDF downloads: 69
Published
2025-01-31
How to Cite
HZ, H., Mislinawati, M., & Hasniyati, H. (2025). IMPLEMENTASI METODE ESTAFET WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI KONTEMPORER SISWA KELAS V SD NEGERI 47 BANDA ACEH . Jurnal Metamorfosa , 13(1), 16-30. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v13i1.3109
Section
Articles