PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (DIFFERENTIATED INSTRUCTION) MELALUI PENDEKATAN GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL READING SMA DI ACEH

  • Rizka Marlisa Aini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mulyadi Syahputra Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Maulizan Maulizan Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Membaca Kritis, Berdiferensiasi, Gamifikasi

Abstract

Skor literasi Indonesia pada PISA 2022 turun 12 poin menjadi 359, menempatkan negara ini di peringkat 62 dari 72 peserta. Penurunan ini menyoroti pentingnya peningkatan keterampilan Membaca Kritis, terutama di Provinsi Aceh, di mana siswa sekolah menengah menghadapi tantangan dalam berpikir kritis akibat kesenjangan kemampuan, tingkat membaca, dan minat membaca yang rendah. Keberhasilan pengajaran diferensiasi juga bergantung pada keterlibatan siswa, sehingga diperlukan strategi inovatif untuk meningkatkan partisipasi mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca kritis siswa melalui differentiated Instruction yang dikombinasikan dengan gamifikasi dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pendekatan kuantitatif dengan eksperimen sebenarnya digunakan dalam penelitian ini. Sampel terdiri dari siswa kelas 11 dari tiga sekolah di Aceh, yang dipilih secara acak menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Instrumen yang digunakan meliputi tes membaca kritis berbasis SAT dan kuesioner persepsi siswa. Hasil analisis uji-t dengan SPSS menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan keterampilan membaca yang signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu, kuesioner menunjukkan hasil positif, seperti peningkatan keterlibatan siswa, pemahaman materi yang lebih baik, dan instruksi yang lebih jelas dari guru dengan pendekatan gamifikasi. Penelitian ini diharapkan berkontribusi pada strategi pengajaran yang lebih efektif, khususnya dalam meningkatkan keterampilan membaca kritis melalui pengajaran diferensiasi yang terintegrasi dengan gamifikasi di sekolah menengah.


Abstract
Indonesia’s PISA 2022 literacy score dropped by 12 points to 359, ranking 62 out of 72 countries, highlighting the need for continued focus on Critical Reading. High schools in Aceh face challenges in enhancing students’ critical thinking due to disparities in ability, reading levels, and interest. The success of differentiated instruction (DI) also depends on student engagement, making it crucial to integrate gamification to boost participation.This study aims to improve students’ critical reading skills through gamified DI in English learning. A quantitative true-experimental design was used, involving 11th-grade students from three randomly selected schools in Aceh: SMAN 1 Blangpegayon, SMAN 1 Pidie Jaya, and SMAN Kota Bahagia. Students were divided into control and experimental groups. Instruments included an SAT-based critical reading test and a questionnaire measuring student perceptions. Data analysis using t-tests and SPSS percentage analysis showed that the experimental group significantly outperformed the control group, with higher post-test scores. The questionnaire also revealed positive feedback, such as increased engagement, better comprehension, and clearer teacher instructions. This study contributes to effective high school teaching strategies by integrating gamification with DI to enhance critical reading skills, ultimately addressing literacy challenges in Aceh.

References

Aini HQRM. Beberapa Faktor Yang Harus Disalahkan Atau Apa? Kesulitan Pelajar Efl Dalam Membuat Kalimat Bahasa Inggris. Jurnal Inovasi Penelitian. 2021;1(10). https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.380

Azhari, A., Helmiyadi, H., & Rahayu, R. (2021). Analisis Strategi Bertanya Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 1 Seunudon Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Metamorfosa , 9(2), 252-269. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1411

Cao C. Memanfaatkan Model Bahasa Besar dan Gamifikasi Berbasis Cerita dalam Sistem Bimbingan Belajar Cerdas untuk Menjalin Kursus Pemrograman Pengantar: Studi Penelitian Berbasis Desain. Jil. 1, Konferensi Internasional tentang Antarmuka Pengguna Cerdas, Prosiding IUI. 2023

Ciuchita R, Heller J, Kocher S, Kocher S, Leclercq T, Sidaoui K, dkk. Ini Sebenarnya Bukan Game: Tinjauan Integratif Gamifikasi untuk Riset Layanan. J Pelayanan Res. 2023;26(1).

Fitzgerald Charles Sr. L. Persepsi Guru Sekolah Menengah Terhadap Pembelajaran yang Dibedakan Terhadap Prestasi Siswa Kelas III Bawah. Pendidikan Guru dan Kajian Kurikulum. 2018;3(3).

Gamifikasi yang disesuaikan dalam pendidikan: Tinjauan literatur dan agenda masa depan. Pendidikan Inf Technol (Dordr). 2023;28(1).

Gheyssens E. Instruksi yang berbeda: keragaman filosofi dan praksis guru untuk menyesuaikan pengajaran dengan minat, kesiapan, dan profil pembelajaran siswa. Jurnal Internasional Pendidikan Inklusif. 2022;26(14):1383–400.

Gibbs K. Suara dalam latihan: tantangan dalam menerapkan pengajaran yang berbeda oleh guru dan pimpinan sekolah di sekolah menengah umum Australia. Aust Educ Res. 2023;50(4):1217–32.

Hasil PISA 2022 (Volume I) [Internet]. OECD; 2023 [dikutip 3 Januari 2024]. (PISA). Tersedia dari: https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-hasil-volume-i_53f23881-en

Hatmanto ED, Rahmawati F. Melepaskan Potensi: Mengeksplorasi Sikap dan Mengatasi Tantangan dalam Menerapkan Pembelajaran yang Berbeda di Kelas Bahasa Inggris Filipina. Di: Web Konferensi E3S. 2023.

Kementerian Pendidikan KR dan T. Rapor Pendidikan SMA Methodist Banda Aceh. Jakarta; 2023 Jul.

Khaldi A, Bouzidi R, Nader F. Gamifikasi e-learning di pendidikan tinggi: tinjauan literatur sistematis. Jil. 10, Lingkungan Belajar Cerdas. 2023

Khoirun Ni’mah, N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Genially Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1731

Magableh ISI. Dampak Pengajaran yang Dibedakan terhadap Pencapaian Pemahaman Membaca Siswa di Kelas Kemampuan Campuran. Pertukaran. 2021;52(2):255–72.

Marlisa Aini R, Muslem A, Usman B. (2020). Strategi Dosen Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Pemahaman Membaca Bahasa Inggris: Kasus Di Kuliah Swasta Di Aceh. Ulasan Humaniora & Ilmu Sosial, 8(3).

Milinga JR, Amani J, Lyakurwa SE. Persepsi Guru terhadap Pembelajaran yang Berbeda untuk Siswa Sekolah Menengah yang Berprestasi Tinggi Secara Akademik di Tanzania. J Adv Acad. 2023;34(1).

Murillo-Zamorano LR, López Sánchez JÁ, Godoy-Caballero AL, Bueno Muñoz C. Gamifikasi dan pembelajaran aktif di pendidikan tinggi: apakah mungkin untuk menyelaraskan masyarakat digital, akademisi, dan minat siswa? Jurnal Internasional Teknologi Pendidikan di Perguruan Tinggi.2021;18(1).

Nuss S V., Kogan V V. Pengajaran Dinamis Bahasa Rusia: Permainan dan Gamifikasi Pembelajaran. Pengajaran Dinamis Bahasa Rusia: Permainan dan Gamifikasi Pembelajaran. 2023.

Oliveira W, Hamari J, Shi L, Toda AM, Rodrigues L, Palomino PT, dkk.

Rincon-Flores EG, Santos-Guevara BN. (2021). Gamifikasi selama Covid-19: Mempromosikan pembelajaran aktif dan motivasi di pendidikan tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan Australasia. 37(5).

Sahril S, N AS, Nur MuhS. (2021) Dampak Pengajaran yang Dibedakan terhadap Kinerja Siswa dalam Membaca Kritis. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. 5(1).

Shihab IA. Membaca sebagai berpikir kritis. Ilmu Pengetahuan Sosial Asia. 2011;7(8).

Sun X. (2023) Instruksi yang dibedakan dalam pengajaran L2: dua program membaca ekstensif yang dilakukan selama pandemi COVID-19. Inovasi dalam Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. 17(2):177–90.

Teuku Mahmud. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Materi Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Broken Heart Dan Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa , 8(1), 123-129. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i1.350

Tomlinson CA, Mctighe J. Mengintegrasikan pengajaran dan pemahaman yang berbeda dengan Desain. Perkembangan. 2006.

Valiandes S. Mengevaluasi dampak pengajaran yang berbeda terhadap literasi dan membaca di kelas dengan kemampuan campuran: Dimensi kualitas dan kesetaraan dari efektivitas pendidikan. Studi dalam Evaluasi Pendidikan [Internet]. 2015;45:17–26. Tersedia dari: https://api.elsevier.com/content/article/eid/1-s2.0- S0191491X15000188

Van LH, Li CS, Wan R. Bacaan kritis dalam pendidikan tinggi: Tinjauan sistematis. Pikirkan Keterampilan Menciptakan. 2022 1 Juni;44.

Zichermann G, Cunningham C. Gamifikasi Berdasarkan Desain. Vasa. 2011

Article Metrics
Abstract views: 95
PDF downloads: 58
Published
2025-03-26
How to Cite
Aini, R. M., Syahputra, M., & Maulizan, M. (2025). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (DIFFERENTIATED INSTRUCTION) MELALUI PENDEKATAN GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL READING SMA DI ACEH. Jurnal Metamorfosa , 13(1), 60-71. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v13i1.3137
Section
Articles