KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PRISMA DAN LIMAS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPS ST. YOSEF MAUBESI DITINJAU BERDASARKAN GENDER
Abstract
Rendahnya kompetensi komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPS St. Yosef Maubesi mempengaruhi tingkat partisipasi mereka dalam kegiatan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi komunikasi matematis peserta didik laki-laki dan perempuan kelas VIII pada penyelesaikan soal cerita topik bangun ruang prisma dan limas. Metode yang pakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif, melibatkan enam peserta didik yang yaitu tiga peserta didik laki-laki dan tiga peserta didik perempuan. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil dari penelitian ini berupa peserta didik perempuan memiliki kemampuan komunikasi matematis yang lebih unggul dibandingkan peserta didik laki-laki. Hal ini terlihat dari siswa perempuan pada kategori tinggi yang mampu mencapai tiga indikator, kategori sedang mencapai dua indikator, dan kategori rendah mencapai satu indikator. Sebaliknya, peserta didik laki-laki dengan kategori tinggi hanya mampu mencapai dua indikator, kategori sedang mencapai satu indikator, dan kategori rendah tidak mencapai satu pun dari ketiga indikator yang dievaluasi.
Abstract
The low level of mathematical communication competence among Grade VIII students at SMPS St. Yosef Maubesi affects their participation in mathematics learning activities. This study aims to analyze the mathematical communication competence of male and female Grade VIII students in solving word problems related to three-dimensional geometry, specifically prisms and pyramids. The research employs a descriptive method with a qualitative approach, involving six students—three male and three female. Data were collected through written tests and interviews. The results of the study show that female students demonstrated stronger mathematical communication skills compared to their male counterparts. This is evident from the female students in the high category being able to fulfill all three indicators, those in the medium category fulfilling two indicators, and those in the low category fulfilling one indicator. In contrast, male students in the high category were only able to fulfill two indicators, those in the medium category fulfilled one indicator, and those in the low category did not meet any of the three evaluated indicators.
References
Afiani, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1). https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1844
Apriliya, N. (2020). Studi Tentang Kemampuan Matematis siswa berprestasi Di tinjau dari Perbedaan Gender di MA Nurul Jannah NW Ampenan. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 4, Issue 1).
Bahrul, M. A. (2012). Konsep, Teori Dan Analisis Gender Oleh: Academia, 4(19380011016).
Chintia, M., Amelia, R., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 579-586. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.p%25p
Diliana, A., Saputra, H. H., & Setiawan, H. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57-65. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/9
Dzarian, W. O., Salam, M., & Anggo, M. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 6(1), 173-184. https://doi.org/10.33772/jpbm.v6i1.18618
Fitriani, W. (2017). Analisis Self Efficacy Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di MAN 2 Batusangkar Berdasarkan Gender. AGENDA: Jurnal Analisis Gender Dan Agama, 1(1), 141-158. http://dx.doi.org/10.31958/agenda.v1i1.945
Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Soal SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29-35. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1428
Jumiati, Y., Permaganti, B., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 11-18. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p%25p
Khotimah, K., Istinganah, S., Umardiyah, F., & Nasrulloh, M. F. (2022). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis HOTS pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas SMP Kelas VIII. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 5(5), 48–57. https://doi.org/10.32764/joems.v5i5.799
Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880
Rasyid, M. A. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL EDUKASI: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 77-86. https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116
Rohmah, N. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPA MAN 1 CILACAP. Skripsi.
Suryawati, S., Hasbi, M., Suri, M., & Kurniawati, S. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE, 9(1), 7-16. https://doi.org/10.33143/jes.v9i1.2849

