ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI KONSEP GEOMETRI PADA TARI PATTU’DU KUMBA

  • Andi Kusumayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar https://orcid.org/0000-0002-6399-2233
  • Epy Dwiyanti Putry Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muh. Nur Hidayat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • A. Sriyanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Etnomatematika, Geometri, Tari Pattu'du Kumba, Budaya Mandar, Pendidikan Kontekstual

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan konsep etnomatematika dalam Tari Pattu’du Kumba, tarian tradisional suku Mandar, Sulawesi Barat. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi konsep geometri yang terkandung dalam ragam gerak Tari Pattu’du Kumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam gerak pada Tari Pattu’du Kumba mengandung berbagai konsep geometri. Gerakan-gerakan dalam tari ini membentuk berbagai jenis sudut, seperti sudut lancip, sudut siku-siku, sudut lurus, dan sudut penuh. Penelitian ini menunjukkan bahwa Tari Pattu’du Kumba tidak hanya memiliki nilai budaya, tetapi juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran geometri yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengintegrasikan budaya lokal ke dalam pembelajaran matematika, sekaligus melestarikan warisan budaya tradisional.


Abstract
This research discusses the application of ethnomathematics concepts in Pattu'du Kumba Dance, a traditional dance of the Mandar tribe, West Sulawesi. The aim is to explore the concept of geometry contained in the Pattu'du Kumba dance. This research used a qualitative approach with ethnographic methods. Data were collected through observation, documentation, and interviews, then analyzed using descriptive techniques. The results showed that the variety of movements in Pattu'du Kumba Dance contains various geometry concepts. The movements in this dance form various types of angles, such as acute angles, right angles, straight angles, and full angles. This research shows that Pattu'du Kumba Dance not only has cultural value, but can also be used as a medium for learning geometry that is contextual and relevant to students' daily lives. Thus, this research contributes to integrating local culture into mathematics learning, while preserving traditional cultural heritage.

Author Biography

Epy Dwiyanti Putry, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  •  

References

Aritonang, T. K., & Lubis, M. S. (2024). Eksplorasi etnomatematika dalam kesenian sikambang pada masyarakat kota Sibolga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(3), 445–458. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i3.22677

Bidiyah, A., & Trisniawati, T. (2024). Development of ethnomathematics-based educational modules for elementary geometry. 4(September 2020), 1160–1172. https://doi.org/10.25082/AMLER.2024.02.010

Chandra, A. W., & Hantono, D. (2021). Kajian Arsitektur Etnik Pada Bangunan Pasar Tradisional (Studi Kasus: Pasar Badung Di Bali). Modul, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.14710/mdl.21.1.2021.1-9

Condro Endang Werdiningsih, Sudiyah Anawati, & Roida Eva Flora Siagian. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerakan Tari Serimpi Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Materi Geometri. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 78–88. https://doi.org/10.58540/pijar.v3i1.688

Darmayanthi, R. S., Hartoyo, A., & Sayu, S. (2020). Etnomatematika Dalam Tari Jepin Tali Bui Masyarakat Melayu Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(10), 1–8.

Fauziyah, S., Wahyuni, F. T., Matematika, S. P., & Tarbiyah, F. (2024). Etnomatematika : Konsep Matematika Pada Proses Pembuatan Keripik Tempe Khas Desa Kalirejo. 11(2), 184–198.

Fitriani, L. D. (2022). Eksplorasi Etnomatematika dalam Tarian Bimbang Gedang pada Masyarakat di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(2), 147–158. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.4696

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324

Kamarusdiana, K. (2019). Studi Etnografi Dalam Kerangka Masyarakat Dan Budaya. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 6(2), 113–128. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i2.10975

Kusumayanti, A., Saputri, S. N. A., Zuhrianugrah, S., Alfian, A., & Abrar, A. E. Y. (2024). Ethnomathematical Exploration Of Somba Opu Fort In Gowa , South Sulawesi Eksplorasi Etnomatematika Pada Benteng Somba Opu Di Gowa Sulawesi Selatan. Alauddin Journal of Mathematics Education, 6(1), 101–118.

Maryati, M., & Indra Prahmana, R. C. (2018). Ethnomathematics: Exploring the Activities of Designing Kebaya Kartini. MaPan, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a2

Maryati, M., & Pratiwi, W. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi Dalam Tarian Tradisional Pada Pembukaan Asian Games 2018. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 23. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.23-28

Meeran, S., Kodisang, S. M., Moila, M. M., Davids, M. N., & Makokotlela, M. V. (2024). Ethnomathematics in Intermediate Phase: Reflections on the Morabaraba Game as Indigenous Mathematical knowledge. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 28(2), 171–184. https://doi.org/10.1080/18117295.2024.2340095

Mytha, F., Dhina, D., & Andy, M. (2024). Etnomatematika : Tari Dolalak Asal Purworejo dan Implementasinya dengan Pembelajaran Matematika. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 29–43.

Nardo, E., Ningsih, & Mei, M. F. (2023). JUPIKA : Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 6(2), 36–42.

Nurhayati, S., Busnawir, B., & Misu, L. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Tarian Lumense Suku Moronene Tokotu’a di Kabaena. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 6(2), 193–201. https://doi.org/10.33772/jpbm.v6i2.21461

Nurina, A. D., & Indrawati, D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Tari Topeng Malangan Sebagai Sumber Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 09(08), 3114–3123.

Padalia, A., & Syakhruni. (2020). Spirit Mbkm Dalam Penerapan E-Modul Dasar Seni Tari Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa. 73–78.

Pracillia, M., Ahmad, U., Syahrir, N., Padalia, A., Info, A., Curriculum, E., Cultural, L., & Dance, P. K. (2024). Representation Of Form And Educational Values In Pattuqduq Kumba Dance : Local Cultural Values In. 4(1), 107–118.

Putri, L. I. (2017). Etnomatematika, Kesenian Tradisional Rebana, Pembelajaran Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 21–31.

Radawanti, R., M, R., & Padalia, A. (2020). Revitalisasi Tari Patu’Du’ Kumba Oleh Sanggar Seni Uwake’ Di Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pakarena, 5(1), 14. https://doi.org/10.26858/p.v5i1.12502

Rahmadani, G. D., & Wahyuni, I. (2023). Etnomatematika Pada Pola Lantai Tari Gandrung Banyuwangi. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.60076/ijstech.v1i1.16

Sa’adah, N., Haqiqi, A. K., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika Gerakan Tari Kretek Kudus Pada Pembelajaran Matematika. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 58–71. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i1.20544

Saputra, A. D., & Hasanudin, C. (n.d.). Memahami Konsep Dasar Trigonometri dengan Menjelajahi Sudut , Sinus , Cosinus , dan Tangen untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. 2022, 1186–1198.

Sari, M. P., Wijaya, A. K., Hidayatullah, B., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Penggunaan Metode Etnografi dalam Penelitian Sosial. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 84–90. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1956

Sarmila, & Yuhana, Y. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Kesenian Tari Rampak Bedug Banten. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1695–1707.

Sukmawati, A., Ni’ma, S. L., & Marsanti, A. P. N. (2023). Peranan Budaya Literasi Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 7(4), 2051–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5839

Sunzuma, G., & Maharaj, A. (2022). Teachers’ views on learner-related variables impeding the integration of ethnomathematics approaches into the teaching and learning of geometry. International Journal of Inclusive Education, 26(11), 1085–1102. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1808717

Supriadi, - -, Arisetyawan, A., & Tiurlina, - -. (2016). Mengintegrasikan Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Banten Pada Pendirian Sd Laboratorium Upi Kampus Serang. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2510

Tupen, et. al. (2023). JUPIKA : Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 6(2), 36–42.

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Ulum, B. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(2), 686. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p686-696

Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Article Metrics
Abstract views: 123
PDF downloads: 92
Published
2025-04-28
How to Cite
Kusumayanti, A., Putry, E. D., Hidayat, M. N., & Sriyanti, A. (2025). ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI KONSEP GEOMETRI PADA TARI PATTU’DU KUMBA. Numeracy, 12(1), 1-18. https://doi.org/10.46244/numeracy.v12i1.3082
Section
Articles